***

2.1K 76 7
                                    

Ini bukan kisah seru, indah, ataupun mengharukan yang akan kalian baca. Ini hanya sebuah kisah dimana anak-anak manusia menjalani kehidupannya yang tak jauh-jauh dari asmara, pertemanan, dan perkonflikan.

Sebuah cerita yang memang harus ditulis karna efek kegabutan.

Dimulai yaaa?

Yuk mulai.

***

Disebuah warung ada beberapa bocah yang lagi nongkrong sambil makan gorengan, ada juga yang asik nyuci piring karna bantuin emaknya yang tak lain dan tak bukan adalah yang punya dagangan, terus ya lanjut cerita ngalor ngidul wetan ngulon kek yang kagak bakal keudahan.

"Lo pada bosen kagak sih gini-gini terus kagak ada perkembangan?"

Adalah pertanyaan Ara yang kayanya udah bosen sama hidupnya. Gimana nggak bosen, dia udah lulus sekolah tapi kerjaan main mulu, pergi abis duhur pulang abis magrib, itu juga kalo kagak lupa waktu.

"Perkembangan gimana maksud lo?"

"Ya contoh aja gue, lulusan tahun kemaren bukannya cari kerja malah masih hura-hura, elu Ril, malah lebih tua setahun dari gue 'kan? Tapi masih aja kerja di konter pulsa, si Vivi.. ah dia mah takut sama kehidupan kota, Gita apalagi, kagak mikirin idup juga udah kaya dia mah."

Mereka ber-empat emang tinggal dikampung, ga kampung banget sih, rada ngota dikit tapi emang masih banyak sawah. Deket laut yang kalo udah menjelang sore jadi tempat jajahan mereka buat main.

Ngomong-ngomong soal mereka, yang paling kaya disini emang Gita doang, selain emaknya yang ngajar sekolah madrasah, bapaknya juga camat, katanya mau nyalon jadi anggota DPR tahun depan. Paslon nomer 2 sama temennya yang punya pabrik jaitan.

Selebihnya sih ya hidup pas-pasan, yang kalo mau makan harus kerja dulu baru bisa kenyang, mangkannya pada kesyukuran punya temen kaya Gita yang sultan suka bayarin jajanan.

"Gue juga pengen sih ada kemajuan gitu, tapi lo tau sendiri, rantau di kota orang 'kan susah, lu harus siap nanti kalo disana malah lebih sengsara daripada disini."

Siapa sih yang kagak mau nginjekin kakinya di Ibu Kota? Ariel juga pengen lah, bisa kerja enak, gaji pasti, kagak bingung mikirin kebutuhan yang kalo kagak ada duitnya harus minjem ke tetangga.

Tapi itu baru enaknya doang, di kagak enaknya? Coba bayangin kalo mereka kesana terus udah sebulan kagak dapet kerjaan malah ngabisin duit pegangan? Bunuh diri secara perlahan namanya.

Vivi sih setuju sama kata Ariel, itu tuh yang dia takutin pas diajak merantau, udahlah enak di kampung, lu kalo kagak ada duit buat makan seenggaknya ada kangkung di halaman yang bisa lu makan.

Atau kalo pengen buah-buahan bisa ambil di lahan orang. Kalo selamet ya kagak ketauan, kalo ketauan ya tinggal terima omelan.

Nggak usah jauh-jauh ke kota kalo disini masih bisa jajan.

"Kalo pikiran lu pada kaya gitu, gimana kita bisa ngeliat dunia luas? Emang mau lu sampe tua cuma taunya, sawah, laut, sawah, laut lagi?" Ara menggeleng, "Kagak 'kan? Cuy.. mumpung kita masih muda ayok lah pergi, gue yakin orang tua kalian bolehin kok. Ya 'kan Bu?" Ara nanya ke Ibu Vivi yang lagi naro gorengan ke nampan.

Ibu yang dari tadi dengerin ngangguk, "Iya, bener kata Ara. Ibu mah kalo selagi itu bener bakal dukung, kalian 'kan masih muda juga, udah sepatutnya sih cari pengalaman."

"Lah Bu, nanti kalo Vivi pergi Ibu sendirian gitu disini?"

Vivi yang sayang banget sama Ibunya jelas kagak mau ngeliat Ibunya sendirian, adanya dia 'kan biar Ibu kagak kesepian, kalo dia pergi nanti Ibu gimana coba?

"Jaman udah canggih, 'kan ada hp, bisa pidio kol, Ibu juga nggak papa kok."

"Ah~ Ibu~~"

Vivi malah meluk emaknya dari belakang yang masih bawa serok gorengan sambil merengek, ngebuat Ara bergidik geli.

"Tuh Vi, Ibu aja bolehin kok, masa lo masih takut sih buat rantau?"

Apa yang ditakutin sih? Ini 'kan mereka juga kalo jadi pasti berangkat semuanya, kagak sendiri-sendiri. Kalo susah satu susah semua, enak satu ya enak semua.

Vivi nggak jawab, dia malah benamin mukanya ke punggung Ibu yang sekarang malah kesusahan pas mau nyetak bakwan ke wajan.

Ara ngibasin tangan ke Vivi terus noleh ke Ariel sama Gita, "Lu bedua gimana?"

Gita si anak sultan cuma iya-iya doang, dia juga bosen sebenernya, kalo pun jadi rantau dia mah pure pengen jalan-jalan, kalo dapet kerjaan ya bonus, duitnya buat bayar kosan sama jajan temen-temennya. Dia mah nggak perlu duit gajian, bapaknya pasti ngirim duit jajan tiap bulan.

Ariel masih mikir-mikir. Kerja di konter pulsa gajinya cuma 800ribu, belom lagi itu dikasih ke emaknya, ada adeknya juga yang harus dia biayain sekolahnya, apalagi masih SMP, makin butuh duit gede pasti.

"Emm.. ayok sih gue, nanti bilang ke emak gue dulu ya."

Ara senyum kemenangan, akhirnya setelah sekian purnama temen-temennya ini mau diajak berkelana, kalo Ara sih emak bapaknya juga kagak peduli dia mau apa, jadi bisa langsung berangkat.

"Udah atuh Vi nangisnya, Ibu beneran nggak papa disini sendirian. Vivi 'kan udah gede, Ibu juga ngerti pasti ada saatnya Vivi pergi kaya gini."

"Ta-tapi Bu, nant-"

"-udah ih, malu itu diliatin temen-temennya."

Dengan ingus meler, mata merah plus sembab dia noleh ke bebaturannya yang lagi ketawa, "Apa lo?!" srott, tarikan ingusnya kenceng banget, "Ga usah ketawa, gue nanti ikut."

"Nah gitu 'kan enak, lagian roda kehidupan tuh harus berputar Vi, sekarang kita lagi dibawah nih, kalo usaha pasti besok atau beberapa bulan lagi kita bisa diatas ya 'kan? Who knows?"

"Wuknos wuknos, iya roda kehidupan emang berputar, itu juga kalo nggak kempes."

"Gblk."

****

He he

BebasTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang