Meski ujan deras udah lama berganti gerimis, tapi jalanan di bawah sana masih tergenang air setinggi pinggang orang dewasa. Padahal sejam lalu, ketinggian air cuman sebatas lutut.Nggak heran sih, mengingat intensitas curah ujan cukup tinggi seminggu belakangan ini. Bahkan bisa seharian kota jakarta keguyur ujan deras.
Padahal kurang dari lima belas menit lagi, gue mesti bertukar shift sebagai petugas kasir di sebuah restoran jepang sama anak pagi.
Kebetulan gue bekerja sambil kuliah, jadi selalu kebagian masuk shift siang. Jadi nggak bikin repot mesti rebutan toilet dulu sama penghuni kamar lain tiap hendak mandi pagi.
Maklum, penghuni kamar kosan gue dominan anak resto ketimbang pegawai kantoran. Jadi bayangin aja kalo semisal anak resto di kosan gue kebetulan masuk shift pagi semua? Padahal toilet cuman ada dua dengan totalan kamar ada delapan pintu.
Masih mending kalo cowok bisa mandi bebek kalo kepepet. Lha ini cewek semua, bro. Kalo cowok palingan cuman ada tiga biji doang termasuk gue.
Tau sendirilah gimana kalo cewek mandi. Kita tunggu sambil sesap kopi sampe tinggal ampas di dasar cangkir pun, mereka belom pada andukan. Malahan masih sibuk keramas sambil nyanyi gaje di dalam toilet.
Untung kuliah pagi gue masuk dari setengah delapan dan baru pulang abis duhur. Sementara mereka bakalan mulai heboh rebutan kamar mandi kalo udah sekitar jam sembilanan karena mesti beberes perabotan resto dulu sebelom buka tepat pada pukul sepuluh pagi.
Gue bakal mandi pagi dan berangkat ke kampus sebelom mereka semua pada bangun. Jadi bisa lebih santai tanpa ada selingan gedoran pintu dari mereka.
Sempat kepikiran sih, kenapa mereka nggak pilih tinggal di mess aja ketimbang indekos sendirian atau berdua bareng teman seresto? Padahal lebih hemat biaya dan jatah makan harian pun kejamin aman meski udah tanggal tua.
Tapi menurut gue sih, karena bisa lebih bebas kalo tinggal di indekos. Nggak ada larangan meski begadang sampe tiap malam kalo sedang masuk shift siang dan baru tidur saat jelang subuh.
Setelah lirik arloji sekilas, gue pun segera ambil ponsel di saku celana trus cari nomor telepon manajer restoran tempat gue bekerja dalam daftar kontak dan mendial nomor itu begitu ketemu.
Panggilan langsung kesambung pada deringan pertama.
“Saya fauzi petugas kasir shift siang bulan ini, mohon ijin nggak masuk hari ini. Boleh?” pinta gue setelah buka obrolan dengan ucapan salam.
“Kejebak banjir?” tebak pak hendi telak setelah balas salam gue.
“Uhm ... yah, genangan air sekarang udah sedalam dada orang dewasa,” lapor gue sambil bidik kamera ponsel ke arah seorang pria di bawah sana, tampak kewalahan coba menerabas arus deras banjir, trus segera kirim foto itu sebagai bukti validasi. “Biasa, pak. Banjir kiriman dari luapan kali ciliwung.”
“Kenapa nggak coba berenang aja?” seloroh pak hendi begitu gue liat centang foto kiriman gue berubah jadi dua centang biru. “Kali aja beruntung bisa ketemu emas batangan (tokay) anyut.”
“Saran brilian, pak,” sahut gue setelah ketawa tanpa humor dengan guyonan garing pak hendi. “Tapi sori, saya nggak minat bikin kulit gatal abis berenang bareng serakan limbah domestik.”
“Salah sendiri nggak mau pindah dari dulu. Padahal udah sering gue bilangin kalo komplek rumah kosan lo tuh rawan banjir,” omel pak hendi bikin refleks gue putar bola mata. “Betah betul tinggal di situ.”
Maklum, topografi lokasi rumah kosan gue emang lebih rendah dari bantaran sungai. Jadi udah biasa kalo musim ujan tiba, kawasan sekitar situ jadi langganan banjir seperti sekarang.
“Besok pasti bakalan surut, kok. Jadi bapak bakal kasih ijin, nggak?” pinta gue dengan penuh harap. “Plis, cuman hari ini aja.”
Ada jeda gumaman panjang di seberang sana.
“Hmn, tentu. Tapi dengan satu syarat,” balas pak hendi bikin gue yang hendak bersorak tetiba kembali manyun. “Laporan tugas kuliah gue mesti udah rampung sebelom akhir pekan ini.”
Btw, gue dan pak hendi satu kampus meski beda kelas aja. Gue ambil kelas reguler pagi, sementara dia ambil ekstensi atau kelas karyawan yang masuk kuliah cuman seminggu sekali, yaitu; tiap hari sabtu pagi.
Kebetulan pula, kami satu prodi. Jadi kalo pak hendi nggak sempet bikin powerpoint untuk presentasi tugas kuliah karena restoran sedang rame, dia bakal oper ke gue.
Toh, pak hendi pula yang ajak gue gabung ke restoran itu dengan posisi sebagai petugas kasir dan langsung keterima tanpa melalui serangkaian tes masuk, saat gue bilang sedang butuh dana tambahan ke dia.
Bukan karena uang bulanan dari bokap nggak cukup, cuman gue pengin belajar mandiri aja. Sekalian cari pengalaman biar nanti kalo bikin cv selepas lulus kuliah, bagian pengalaman kerja nggak kosong melompong.
Jadi anggap aja gue bantu pak hendi bikin powerpoint serta makalah tugas kuliah, nggak lain sebagai tanda balas jasa atas kebaikan dia selama ini.
“Beres. Bapak tinggal terima jadi paling lambat hari kamis besok, oke?” sahut gue setuju dengan negosiasi itu meski rada males karena tugas kuliah gue pun masih menumpuk.
“Sip, gue jamin gajian lo bulan ini bakalan tetap full,” janji pak hendi bikin gue tetiba merasa bersalah karena udah main curang di belakang layar. Meski kejadian ini bukan yang pertama kali.
Ada aturan bagi semua staf di restoran tempat gue bekerja, bakal kena potongan gaji kalo ijin libur. Entah karena bolos dengan berdalih sakit maupun ada urusan urgen yang butuh penanganan segera.
Maklum, masih usaha rintisan. Jadi butuh staf berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab dalam bekerja.
“Kalo begitu gue bakal suruh irma lembur hari ini,” sambung pak hendi cepat tanggap ambil keputusan soal masalah absensi gue.
“Tolong sampaikan salam maaf saya ke dia karena nggak bisa masuk siang ini,” pinta gue dengan nada penuh sesal dan nggak enak hati.
“Tentu. Ada lagi?”
“Cukup itu aja. makasih pak,” sahut gue trus segera putusin sambungan telepon setelah tutup obrolan kami dengan ucapan salam.
Langit masih tampak mendung meski udah seharian ujan menguyur.
Tanpa sadar, gue merunduk dan menatap genangan air keruh bercampur sampah plastik serta reranting pohon. Kini tampak hampir sampe ke balkon lantai dua rumah kosan gue.
Gue jadi ragu. Apa mungkin, besok pagi banjir bakalan udah surut?
To be continue >>>
a/n:
Wajib komen bagi yg udah baca sampe bawah. Makasih udah mampir^^
Btw, lanjut ga nih?