“Oya, mas. Ini oji, tetangga baik hati sebelah atas kamar kita,” sela mbak astri sukses bikin ambyar lamunan mesum gue saat tidur sekamar bareng bang bima nanti malam. “Trus oji, ini mas bima. Suami mbak dan bocah lelaki ini anak sulung kami, rafa.”“Oh, jadi nama kamu oji?” tanya bang bima sambil kembali menoleh ke gue bikin gue spontan merunduk dengan pipi merona begitu sadar kalo dia masih ingat muka gue mesti kami cuman baru sekali ketemu.
“Fauzi. Tapi biar lebih gampang, semua orang udah biasa panggil saya oji,” jelas gue dengan kepala masih merunduk sambil garuk sesela jari kaki kiri dengan jempol kaki kanan.
“Kalo begitu salam kenal oji,” timpal bang bima sambil ulurin sebelah tangan bikin gue sontak dongak tatap dia sekilas, sebelom sambut uluran tangan itu dengan rada canggung.
Ada getaran elektrik saat gue jabat tangan besar dan hangat bang bima bikin kedua lutut gue sontak gemetaran.
“Astaga, rafa bisa masuk angin kalo nggak segera ganti baju,” pekik gue sambil lepas genggaman tangan bang bima begitu sadar kalo pakaian bocah itu pun basah kuyup, trus segera sambar anduk di cantelan sisi dalam pintu kamar gue.
“Simpan aja anduk kamu. Kami udah bawa sendiri,” cegah bang bima ketika gue hendak kasih anduk ke rafa, trus segera bongkar tas jinjing di tangan kiri dia dan ambil dua lembar anduk kering dan baju ganti ke mereka.
Gue pun mengangguk, trus taroh balik anduk itu ke tempat semula.
“Mama sekalian mandi bareng rafa gih,” titah bang bima sambil serahin kedua anduk itu ke mereka.
Mbak astri dan rafa pun segera menuju kamar mandi di kedua ujung lorong kamar lantai atas, trus hilang di balik salah satu pintu toilet sebelah kanan dari arah tangga yang berada di tengah lorong.
Suasana berubah canggung saat gue cuman berdua aja sama bang bima di lorong depan pintu kamar gue tepat berada sebelah kanan tengah di perempatan lorong kamar lantai dua itu.
Di mana seberang bawah kamar gue ada tangga, sementara di sebelah kanan-kiri ada kamar mandi trus ada pula lorong pendek menuju balkon di sisi atas kamar gue.
Refleks gue buang muka ke arah lain begitu bang bima tanpa peringatan main copot seragam basah itu bikin puting kembar di dada berotot itu tampak melenting di balik kaos kutang. Mungkin karena hawa dingin.
Duh kalo dedek sange bisa bahaya, bang.
“Sori bikin lantai becek,” sesal bang bima sambil jalan menuju balkon, trus peras air dari serat kain seragam satpam itu begitu sampai di tepi pagar balkon.
Meski udah gue larang, masih aja mata gue main lirik ke sosok bang bima bikin gue sontak teguk ludah kala tangkap sekilas siluet bulu ketek saat dia sedang jemur seragam basah itu ke tali jemuran.
“B-biar oji yang pel lantai, bang. Mending abang mandi aja dulu. Mumpung ada toilet kosong tuh,” tunjuk gue ke toilet sebelah kiri lorong.
“Oke, ji. Makasih,” sahut bang bima manut sama usulan gue, trus serahin gagang pelan ke gue.
“Pake aja anduk oji, bang. Nih,” tawar gue sambil sodorin anduk ke bang bima saat sedang sibuk geledah bagian dalam tas jinjing.
“Pinjam bentar, ya,” timpal bang bima sambil segera ambil anduk itu. “Bakal abang cuci besok sebelom balikin ke kamu.”
“N-nggak usah pake dicuci segala. Lagian cuaca begini mana bisa kering, bang,” sahut gue sambil kedik dagu sekilas ke arah gumpalan awan gelap di langit jelang sore.
Bang bima pun mengangguk, trus pamit ke kamar mandi setelah ambil sepotong baju ganti dari dalam tas jinjing.
Gue sama mbak astri mulai kenalan sejak pertama kali gue kasih masakan dari resto nggak abis malam itu. Karena gue nggak begitu suka masakan jepang, jadi gue bungkus aja trus bawa pulang ke kosan ketimbang mubazir kalo kebuang.
Kebetulan posisi pintu kamar mbak astri tepat di sebelah kanan tangga dan paling dekat dengan pintu gerbang rumah kosan gue. Jadi gue asal main ketuk aja karena males kalo mesti jalan ke depan pintu kamar lain di lantai satu.
Btw, lantai satu rumah kosan gue cuman ada empat kamar. Dengan ukuran kamar dua kali lebih lebar dari kamar di lantai dua dan sepaket sama toilet di bagian dalam.
Karena itu, kebanyakan penghuni kamar lantai satu udah pada menikah serta tinggal bareng bini dan anak mereka.
“Lho, kamu siapa?” tanya seorang wanita dengan perut besar begitu pintu kamar itu kebuka pada ketukan kelima. “Perasaan, saya nggak ada pesan masakan dari restoran jepang.”
“S-saya oji penghuni kamar lantai atas,” ralat gue dengan telunjuk teracung ke atas. “Kebetulan restoran tempat saya bekerja, masih banyak masakan jepang yang tersisa. Anda mau?”
Wanita hamil itu menatap bungkus kertas di tangan gue dengan sorot curiga.
“Tenang aja. Belom basi kok,” sambung gue rada tersinggung karena wanita itu nggak kunjung mengambil bungkus kertas dari uluran tangan gue. “Saya bisa kasih ke penghuni kamar lain kalo anda nggak mau.”
“T-tunggu,” tahan wanita dengan mata belo itu saat gue hendak beranjak dari depan pintu kamar dia. “Ini ... beneran? Bukan prank, kan?”
“Ambil aja semua. Gratis kok,” sahut gue sambil geleng geli liat tingkah wanita itu yang celingukan ke sekitar seakan takut ada kamera yang sedang merekam kami.
“Udah lama saya pengin cicipin sashimi dan takoyaki,” ungkap wanita berambut rada keriting di bagian ujung itu dengan binar mata bahagia saat buka kertas bungkusan dari gue, trus mengintip ke dalam sana. “Makasih, ji.”
Dari posisi gue berdiri di ambang pintu kamar wanita itu, gue cuman bisa liat motor honda depan meja kompor dan rak peralatan makan di samping pintu toilet, serta keranjang cucian berisi tumpukan pakaian kotor di pojokan.
Sementara di ruang sebelah toilet, gue liat ada sepasang kaki dalam balutan kain sarung sedang baringan di kasur sambil menonton tivi. Tapi gue nggak bisa liat muka si pemilik kaki karena kehalang badan wanita itu yang masih berdiri di depan gue.
“Nggak mampir?” tawar wanita hamil itu begitu gue pamitan hendak balik ke kamar.
“Udah larut. Lain kali aja,” balas gue sambil lirik arloji. Hampir jam sebelas.
“Kalo sedang libur, mampir aja kemari biar nggak suntuk di kamar sendirian,” undang wanita itu penuh harap. “Oya, nama saya astri.”
Yah begitulah pertemuan pertama gue sama mbak astri. Saat itu, gue beneran nggak sadar kalo pria yang sebulan belakangan jadi bahan coli gue, selama ini berada tepat di bawah kamar gue.
Mungkin benar, kalo udah jodoh nggak bakal ke mana. Yah, meski sekarang sedang tersesat di hati mbak astri. Tetangga baru kamar bawah di rumah kosan gue.
To be continue >>>