Nggak kerasa udah tiga malam kami kejebak di kosan. Banjir belom surut meski seharian nggak turun ujan. Listrik pun masih padam.
"Nggak mengungsi, ji?" tanya bang bima di malam keempat kami tidur bareng sekamar. "Besok pagi kami berencana mau ikutan perahu evakuasi keluar dari rumah kosan ini."
"Pengin sih, bang. Tapi rumah kerabat oji nggak ada yang berdomisili di sekitar jakarta," sahut gue muram sambil kedik bahu lesu.
Rada sedih karena bakalan pisah sama bang bima. Padahal gue masih belom puas grepe kontol dia kalo tidur tiap malam.
Bisa sih gue cari kosan lain yang bebas dari banjir. Toh uang tabungan hasil kerja temporer di resto masih cukup untuk mengakomodasi segala kebutuhan gue selama tiga bulan ke depan.
Karena biaya administrasi maupun tugas kuliah gue udah kecover sama kiriman uang bulanan dari bokap. Jadi gaji gue tiap bulan utuh. Palingan gue ambil kalo lagi pengin beli sesuatu.
"Tinggal aja sementara di posko pengungsian bareng abang sampe banjir udah beneran surut," saran bang bima bikin gue sontak menoleh, meski cuman keliatan siluet bentuk muka ganteng dia.
"Trus mbak astri sama rafa bakal abang ajak juga?" tanya gue sambil baring miring hadap ke bang bima yang tiduran telentang di sebelah gue dengan sebelah tangan menekuk ke belakang kepala.
"Nggak, ji. Cuman abang sendiri aja," balas bang bima sambil buang napas berat. "Lagian mana tega abang suruh mereka tidur di sana. Udah kotor, banyak nyamuk pula."
"Yah, bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin dalam kandungan mbak astri," timpal gue sambil mengangguk setuju.
Bukan karena alasan cemas, tapi biar bisa berduaan aja bareng bang bima di posko pengungsian korban banjir.
"Trus mereka bakal pindah ke mana, bang?"
"Ke rumah suami adek bungsu abang. kemarin udah telepon dan mereka setuju aja, meski uang makan dan biaya kebutuhan lain masih abang yang tanggung," sahut bang bima dengan nada lega.
"Paling enggak, mereka udah tinggal di tempat aman dan nyaman," balas gue sambil geser kepala makin dekat ke ceruk ketiak bang bima.
Oh, sial. Gue pasti bakalan kangen sama aroma ketek bang bima.
"Jadi gimana, ji? Ikut bareng abang atau mau tetap di sini aja?" tanya bang bima sambil taroh lengan ke dada bikin gue nggak bisa endus ketek dia, trus menoleh ke gue.
"Oji bakal ikut ke mana pun abang pergi," jawab gue spontan tanpa pikir panjang bikin sebelah alis bang bima terangkat sekilas.
"Uhm ... m-maksud oji, oji takut sendirian di sini bang," jelas gue gelagapan macem maling yang kepergok sedang beraksi di siang bolong. "Lagian, semua penghuni kamar lain udah pada mengungsi duluan. Siapa yang bakal tolong oji kalo semisal ketiban sial?"
Bang bima spontan tergelak. Entah karena alasan konyol atau lantaran liat reaksi gugup gue.
"Ketiban sial semacam?" selidik bang bima dengan sengum jenaka.
"Yah semacem ketemu uler kesasar, barang kali?" bales gue coba kasih alesan logis sambil bergidik ngeri. "Kan sekarang lagi marak berita soal temuan uler di dalam rumah warga sehabis kerendam banjir."
"Bakalan aman kalo kamu berada deketan abang," hibur bang bima sambil gusak rambut gue. "Mending kita tidur sekarang biar besok nggak ketinggalan perahu evakuasi."
Mungkin malem ini bakal jadi malem terakhir gue tidur sekamar bareng bang bima. Pasti bakal susah grepe kontol dia kalo kami udah tinggal di posko pengungsian.
Yah gue malah bangun kesiangan. padahal gue udah berencana pengin sepongin kontol bang bima, tapi begitu buka mata bang bima udah nggak ada di sebelah gue.
Argh ... apes betul. Kenapa gue nggak pasang alarm getar aja sebelom tidur semalam coba? Duh jadi wes hewes hewes bablas ilere.
"Udah bangun ji?" sapa mbak astri yang sedang lipat baju sambil duduk di tepi ranjang gue. "Butuh bantuan kemasin barang bawaan? Mbak udah hampir beres, nih. Tinggal tiga setel aja."
"N-nggak usah, mbak. Nanti oji kemas sendiri aja," tolak gue ramah sambil seka sudut bibir takut ada bekas iler kering di sana, trus segera bangkit duduk. "Oya ... bang bima ke mana, mbak?"
"Ada tuh di balkon bareng rafa lagi tunggu giliran naik perahu evakuasi," sahut mbak astri sambil kedik dagu ke jendela kamar gue yang hadap ke balkon.
"Emang masih banyak warga komplek sini yang belom mengungsi, mbak?"
Mbak astri spontan kedik bahu. "Iya, kali. Mbak jarang liat tiap ada proses evakuasi, sih. Coba kamu tanya ke mas bima aja gih."
"Nanti aja deh, mbak. Oji mau basuh muka dulu biar nggak bau bantal," sahut gue sambil beranjak keluar kamar, trus menuju toilet.
Sehabis basuh muka dan gosok gigi sekalian biar nggak bau jigong kalo ngomong sama bang bima nanti, gue pun balik ke kamar.
Setiba di kamar, gue mulai lipat trus tata rapi tumpukan baju dan celana pilihan gue ke tas jinjing ukuran sedang sebagai baju ganti selama tinggal di posko pengungsian nanti.
"Simpan dokumen penting aja ke tas, trus tinggalin semua buku pelajaran kuliah lama kamu di sini," saran bang bima begitu masuk ke kamar dan liat gue sedang bingung memilah deretan buku di rak meja belajar. "Santai aja, ji. Nggak bakalan kegondol maling, kok."
"Hmn ... oke, bang. Makasih udah kasih saran," gumam gue sambil taroh beberapa buku bacaan yang masih relevan sama mata kuliah semester ganjil tahun ini.
"Udah kebagian perahu kita, mas?" tanya mbak astri bikin perhatian bang bima beralih ke dia.
"Yah mereka masih otw jemput kita sekarang," sahut bang bima sambil angkat tas jinjing milik gue serta punya mereka yang rada gedean di kedua tangan, trus jalan duluan ke balkon.
Segera susul bang bima ke balkon barengan sama perahu karet yang tetiba berenti sekitar setengah meter di bawah balkon rumah kosan gue.
"Oper sini ransel kamu ji," titah bang bima sambil pasang posisi siap tangkap tas gendong gue.
"Jangan meleset ya, bang. Karena ada lepi oji di dalam. Awas aja kalo sampe kecebur, abang wajib ganti," ancam gue sambil bidik lemparan tepat ke tangan bang bima.
Duh bisa ilang semua koleksi video bokep gue di hardisk lepi kalo sampe kecebur ke air. Mana belom sempet gue back up pulak.
Bukan karena gue fakir kuota, tapi malas aja kalo mesti ubek-ubek ribuan video di situs bokep cuman buat unduh ulang semua video koleksian gue.
Refleks embusin napas lega begitu liat ransel gue mendarat dengan selamat dalam depakan lengan bang bima. Duh ... kok gue jadi iri sama tuh ransel, sih.
"Oke, sekarang giliran kamu lompat ke perahu. Aman kok, nggak bakal kebalik."
Gue pun mengangguk patuh, trus segera naik ke pagar balkon dan ...
Byuur.
Iya, gue kecebur karena kepeleset titian pagar balkon yang licin.
Meski sempat mendarat di tepian perahu karet, tapi karena nggak bisa jaga keseimbangan, gue malah jatuh kejengkang dengan posisi kepala kelelep duluan ke air.
Duh, sakit sih enggak. Cuman malunya itu lho, nggak ketulungan. Ada yang jualan muka nggak, sih? Plis, dedek order satu yak.
to be continue >>>