||DOSA LISAN

7 1 0
                                    

📝DOSA LISAN Bag02

بسْـــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

قال المؤلف رحمه الله تعالى :
والنميمة وهي نقل القول للافساد والتحريش من غير نقل القول ولو بين البهائم

"Dan di antara dosa lisan adalah namimah, yaitu memindah omongan untuk tujuan merusak (hubungan), dan tahrisy (adu domba) tanpa memindah omongan meskipun di antara binatang"

Penjelasan:
➡️Di antara dosa lisan adalah namimah

✔️Namimah artinya mengutip omongan seseorang kepada orang lain untuk merusak hubungan mereka.

☝️Misalnya, ia pergi ke Zaid dan berkata kepadanya: "Amr berkata tentang kamu begini", kemudian pergi kepada Amr dan berkata: "Zaid bicara tentang kamu begini", dengan tujuan untuk merusak hubungan antara Zaid dan Amr.

✔️Allah ta'ala berfirman :
(هَمَّازࣲ مَّشَّاۤءِۭ بِنَمِیمࣲ)

[Surat Al-Qalam 11]

✔️Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَتَّاتٌ

"Tidak masuk surga (bersama orang-orang yang masuk surga pertama kali) orang yang pembuat namimah"

☝️Makna hadits di atas bukan bahwa orang yang melakukan namimah tidak akan masuk surga sama sekali, karena setiap orang yang mati dalam keadaan muslim akan masuk surga. Namun apabila seorang muslim itu pelaku namimah dia akan diadzab terlebih dahulu, baru dimasukkan ke dalam Surga.

✔️Namimah adalah salah satu penyebab utama  seseorang disiksa di dalam kuburnya, selain tidak bersuci dari kencing dan ghibah.

✔️Dosa namimah lebih berat dari dosa ghibah

➡️Di antara dosa lisan adalah tahrisy (mengadu) tanpa memindah omongan.

✔️Tahrisy (mengadu) tanpa memindah omongan meskipun antar binatang hukumnya haram.

☝️Yaitu dengan mendorong seseorang agar melakukan perkara yang diharamkan untuk menimbulkan fitnah antar dua orang.

☝️Mengadu dengan tanpa memindah omongan misalnya dengan isyarat tangan, pandangan mata atau semacamnya.

✔️Mengadu ini hukumnya haram, meskipun mengadu antar binatang

☝️Seperti mengadu ayam jago, mengadu dua domba jantan, mengadu dua anjing

☝️Sedangkan mengadu dua babi tidak diharamkan.

والله أعلم بالصواب
رابطة المبلغين النهضية كديري

✒️Ust. Dr. Asy'ari Masduqi, S.HI., MA

Remaja Hijrah [✔]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang