||BEBERAPA HAL YANG DAPAT MEMBUAT PAHALA PUASA GUGUR

16 3 0
                                    

🌻✨
Puasanya full tpi pahalanya terbuang sia sia.
Kok bisa?

Beberapa hal yang membuat pahala puasa gugur yaitu:

「1. Pacaran/cpan」

Kenapa pacaran bisa membuat pahala gugur? Karena dia termasuk kedalam zina. Ketika dua insan yang tidak ada ikatan mahram menjalin hubungan itu hukumnya haram.

「2. Toxic/ berkata kasar」

لَا يُحِبُّ اللّٰهُ الۡجَــهۡرَ بِالسُّوۡٓءِ مِنَ الۡقَوۡلِ اِلَّا مَنۡ ظُلِمَ‌ؕ وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيۡعًا عَلِيۡمًا‏
Laa yuhibbullaahul jahra bis suuu'i minal qawli illaa man zulim; wa kaanallaahu Samii'an 'Aliiman

Artinya:
Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizhalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

「3. Memandang lawan jenis dengan syahwat」

Dalam ajaran Islam, perintah menjaga pandangan yang dimaksud adalah menundukkan pandangan (ghadhdhul bashar), yang diiringi dengan perintah memelihara kemaluan (hifzhul farj), sebagaimana yang termaktub dalam Q.S. al-Nur, ayat 30-31.

「4. Meninggalkan sholat 5 waktu」

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah dalam Fatawa Shiyam, hal. 87, ditanya tentang hukum puasa orang yang meninggalkan shalat?

Beliau menjawab, "Orang yang meninggalkan shalat, puasanya tidak sah dan tidak diterima. Karena orang yang meniggalkan shalat itu kafir dan keluar dari Islam (murtad). Berdasarkan firman Allah Ta’ala, "Jika mereka bertaubat, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama." (QS. At-Taubah: 11)

Dan sabda Nabi sallallahu’alaihi wa sallam,

"Antara seseorang dengan syirik dan kekufuran adalah meninggalkan shalat." (HR. Tirmiizi, 2621, dishahihkan oleh nAl-Albany dalam shahih Tirmizi)

「5. Halu yang berlebihan」

Contohnya kyk zina pikiran sama zina hati gitu.

Remaja Hijrah [✔]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang