"Ayo! Mampir kesini! Kalian boleh bikin buket bunga buat si doi!!"
"Ngopi boss! Sambil liat si Ucok sama Joki main catur!"
"Photoboth cantik! Bayar sukarela!"
"Request lagu juseyo! Bakal dapet photocard bias!"
"Gak once gak lakik!"
"Jas merah! Tugas lo semua belajar bukan fanwar!"
Hura hura lain yang makin nyeleneh. Raya cuma mau jalan jalan di hari terakhir classmeeting ini. Sebelum esok ketemu sama rumus yang buat otak mendidih.
Dari semua kegiatan selama hari nonefektif, hanya satu yang buat Raya terkesan. Ya, moment itu sungguh berkesan.
Dua hari lalu. Pas marathon. Kalo gak wajib, Raya 100% gak bakal ikutan. Akhirnya dia nyari nyari kesempatan melipir. Eh, ketemu sama kupu kupu. Untung gak diajak ke rumahnya buat ketemu temen temen kupu kupu yang lain.
Raya gak terlalu yakin orang itu bener bener baik buat ngelarang Raya jauhin si kupu kupu. Takutnya Raya kebawa baper sampe sampe kaya sekarang."What the-," katanya terputus lirih, "kenapa dimana mana ada dia si?!" Suara Raya masih lirih cuma buat dia sendiri.
Langkahnya berbalik mengurungkan niat liat liat stand dari masing masing kelas di event culture shop ini.
Raya gak kabur dari kelas biar gak usah repot repot teriak teriak biar stand mereka dapet pengunjung terbanyak, karena Raya tuh gak bakal di cariin juga.
"Oh iya ya, bener juga. Ngapain gue susah susah ngehindar dari Sekala? Padahal dia tahu gue juga enggak," bukan baru sadar, Raya udah tahu kok. Tapi dianya aja yang baperan, "eh, tapi dia kan sebut nama gue," tuh kan begonya muncul lagi.
"Tali sepatu lo lepas tuh."
"Hah?" Raya dari tadi cuma balik badan doang, masih diem aja gak jalan jalan, "apa?" Dia balik badan lagi dan, "WAAAAA!!"
HAP
Demi apa?! Jangan bilang..
"Se-sekala?" Bukan badan Raya yang jatuh karna kaget, tapi jantungnya yang jatuh karna kaget.
Gak ada teriakan teriakan undangan mengemis. Raya yang jadi tontonan sekarang.
"Sekala!!"
BRUK
"AW!" Akhir yang buruk. Penggambaran yang pas buat lirik 'ku ajak kau melayang tinggi dan kuhempaskan ke bumi'.
"Eh! Sorry sorry.." cowo bernama Sekala itu berusaha menebus kesalahan meraih tangan Raya.
"Gue bisa sendiri!" Entah keberanian dari mana, itulah Raya. Sedetik kemudian Raya pun terheran heran.
"Kal, kita dipanggil sama waka kesiswaan, sekarang," yang manggil Sekala tadi ngasih tahu kalo panggilannya bukan bermaksud buat bikin Raya jatuh.
Apapun itu Raya gak peduli. Dia malu banget sekarang.
"Tali sepatu lo."
Kalimat pertama itu jadi yang terakhir juga. Seenggaknya buat hari ini.
***
Raya tahu ini cerita kecil yang cuma dibaca sama dirinya sendiri. Dia pun gak ngarep yang macem macem karna selama ini Raya udah nyaman sama hidup yang lempeng.
Lega juga rasanya. Padahal tadi takut banget Raya mendadak terkenal ditanya ini itu karna ditolong si most wanted sekolah.
Tapi benang merah menamparnya ngasih tahu kalo dia cuma figuran.
Pas balik kelas dan semua temen temennya selesai acara culture shop, gak ada yang sengaja sekedar ngelirik Raya.
Jujur, Raya mengharapkan sesuatu. Ada bayang bayang adegan kalo bangkunya dikerubungi cewek cewek penasaran.
Tapi, realita itu baik dengan cara yang benar.
"Sekala sama Agatha cocok banget gak si?"
"Couple goals."
"Iya bener, nih tadi gue foto pas acara penutupan classmeeting. Berdiri sampingan aja damage nya bukan main."
"Mereka pacaran gak si?"
"Bukannya Agatha itu sama Kak Andrea ya?"
"Lah, mereka beneran pacaran?"
"Sekala sama Agatha tuh cuma sahabatan."
"Tapi masih gantengan si Sekala kemana mana lah daripada Kak Andrea."
"Setuju. Kalo gue jadi Agatha, bakal milih Sekala si."
Raya dalam hati bilang sambil bawa tas keluar kelas mau pulang
'Kalo gue pemeran utama, gue bukan figuran.'
KAMU SEDANG MEMBACA
DialoG
Teen FictionDialog rahasia pemeran utama dan figurannya. Gue kasih saran, kalo lo figuran, gak usah sok cari masalah sama pemeran utama. Bakal runyam urusannya. Siapa tahu ternyata gue pemeran utama dan lo cuma figurannya. Cuma siapa tahu aja.