Raya bukan kutu buku. Dia gak sepinter itu sampe masuk peringkan 10 besar.
Apalagi cupu.
Justru kalo itu, mungkin dia bakal gak setransparan ini. Tapi syukur deh Raya gak di bully.
Perpustakaan yang sepi. Itu yang jadi alesan kenapa Raya sering ke sini. Apalagi kalo lagi jam jam kaya gini. Hampir semua siswa, pasti lebih milih ke indoor sekarang.
Bukan bukan. Kan classmeeting nya udah abis. Hari sabtu ini, ada sparing basket tim SMA 1 sama SMA 2. Denger denger sih, kompetisi basket se kota gitu bakal sebentar lagi.
Tapi Raya gak peduli. Walau gak gemar banget baca buku, dia seneng liat liat cover novel trus baca sinopsisnya dibelakang. Kadang biar gak sepi, Raya maki maki cerita cerita yang konfliknya itu itu aja.
"Anak baru, terlambat, ketemu gangster sekolah. Harusnya ditipu aja tuh cewek kalo ini sekolah khusus cowo."
"Cewek langganan masuk BK, dijodohin sama ketua OSIS. Kenapa gak kabur dari rumah aja trus gabung badan intelegen memalsukan kematian."
"Sahabatan dari kecil, sayang, tapi gak bisa ngungkapin, kenapa gak dibuat cowoknya itu bisu aja buat lebih jelas arti dari gak bisa ngungkapin itu-"
"Atau ceweknya dibuat amnesia aja biar kata sahabatan diganti pacaran."
Hah? Tunggu.
Yang barusan ngomong sama Raya itu bukan hantu kan?!Sumpah ini perpustakaan kosong.
"Lo.." ragu ragu Raya mau tanya tanpa menoleh ke arah yang nyambung kalimatnya tadi.
"Gue Sekala Bumi," sebentar terjeda. Raya balik badan, "Lo Bunga Raya kan."
DEG
"Yang lo omongin tadi beneran terjadi?"
Biar gue jelasin. Seorang Raya itu kalo gugup bisa jadi setenang mungkin. Dia juga bingung. Pas SMP pernah dia ditabrak kakak kelas yang dia suka, tahu apa kalimat yang keluar pertama kali dari mulut Raya?
"Gue tau lo senior dan bukan bayi."
"Maksudnya?"
"Jalan yang bener!"Jangan salah paham. Raya gak suka Sekala. Cuma, Sekala itu orang yang siapapun bakal iri sama circle nya. Sekala ketua OSIS tapi gak se ramah itu. Bahkan gak pernah tiba tiba simpati ngasih tau cewek kalo tali sepatunya lepas. Makanya Raya bertanya tanya.
"Ngapain lo peduli sama sahabat gue?"
Tuh kan, selama ini Raya salah paham. Mikirnya ketinggian, padahal Sekala tuh jauh lebih tinggi daripada itu.
"Denger denger.. sahabat lo lebih milih kakel," satu lagi, Raya itu kalo gugup blak blakan, aneh kan "friendzone?"
"Ngungkapin aja belum-"
"Belum berarti akan." Di lain pikiran, Raya sadar kalo Sekala beneran suka sama Agatha.
"Belum yang gak akan jadi akan."
"Sok puitis lo. Suka tuh bilang, kalo diem aja, gak bersyukur namanya. Banyak loh orang yang pengin ngomong tapi gak bisa."
"Sok bijak lo. Sendirinya sendirian kemana mana," Sekala sedikit bercanda, "Gak punya temen lo?"
"Punya kok, cuma gak dianggap."
"Cuma temen kelas, temen satu ekskul, temen satu sekolah-"
"Cuma mau ngejek gue?"
"Cuma mau ngajak temenan."
Raya diam. Gak tau mau bales apaan.
"Cuma mau ngajak temenan?"
Akhirnya cuma ngulang ucapan. Seperti biasa, lirih, selirih mungkin, cuma buat didenger dirinya sendiri.
KAMU SEDANG MEMBACA
DialoG
Ficção AdolescenteDialog rahasia pemeran utama dan figurannya. Gue kasih saran, kalo lo figuran, gak usah sok cari masalah sama pemeran utama. Bakal runyam urusannya. Siapa tahu ternyata gue pemeran utama dan lo cuma figurannya. Cuma siapa tahu aja.