Hai, Sebenarnya, aku enggak tau mau mulai podcast ini dari mana. Karena, aku memang tipe orang yang sulit banget buat cerita ke orang lain. Sebenarnya pengin banget bisa cerita. Pengin gitu punya tempat berbagi. Kayaknya seru aja kalau punya teman curhat. Cuma rasanya sulit banget buat mulai cerita ke orang. Rasanya kayak kamu terkurung dalam ruangan yang sangat gelap. Kayak kamu terjebak di dalam perasaanmu sendiri. Sesak didalam perasaan berkali-kali coba kau tenangkan, tapi memang enggak selalu bisa. Sampe kadang enggak sadar, air mata tiba-tiba netes gitu aja. Kamu berusaha keluar dari ruangan itu, tapi kamu enggak tau caranya gimana.
Padahal, sesuatu yang dipendam dan numpuk di perasaan, harus segera di keluarin. Supaya enggak jadi racun yang ngeracunin diri sendiri. Enggak baik nyimpen sesuatu yang nyatanya memang harus dikeluarin. Kalau enggak berani cerita ke orang lain, setidaknya kamu buat sesuatu yang bikin perasaan enggak enak itu ilang. Semisal kamu dengan membuat tulisan, atau lukisan, atau apapun yang bisa ngebuat lega perasaanmu.
Gak apa-apa kok. Keluarin aja. pelan-pelan. Aku juga dulu gitu. Susah banget buat ngeluarin unek-unek di kepalaku ini. Tapi setelah di coba, perlahan aku mulai berani buat cerita ke orang. Enggak perlu yang berat-berat kok. Coba mulai dari cerita yang paling dekat aja. Biar bagaimanapun kita tetap membutuhkan manusia lain kan. Sebab pada dasarnya kita itu makhluk sosial.
Oh iya, dulu aku suka banget bermain dengan isi kepalaku sendiri. Bermain dengan imajinasiku sendiri. Sampai tiba saat dimana aku enggak bisa bermain dengan bebas lagi. Sebab duniaku yang tadinya ku kira akan selalu baik-baik aja, seiring bertambahnya usia, ternyata hidup memang sulit bagi orang dewasa. Semakin banyak yang kita tau, semakin banyak hal-hal yang akan kita hadapi nantinya. Tentang tanggung jawab, kamu dan segala problematika di hidupmu, kadang ngebuat kamu ngerasain capek yang hebat banget. Semoga, apa-apa yang terpendam sejak lama. Apa-apa yang kamu coba sembunyikan berani kamu keluarkan. Dan semoga lekas lega yaa. Semoga, mulai sekarang kamu bisa lebih berani buat bagiin ceritamu.