10. Teori

175 35 16
                                    

Kalau dikira ada kata "langsung akrab" diantar Naya sama Lana waktu pertama kali kenal, jawabannya adalah nggak. Mereka kenal karena mereka satu SMP. Lana temen Wira sedangkan Wira temen Naya. Jujur, waktu itu hubungannya kaya cuma formalitas doang. Gimana ya .. lebih seperti I'm- friends-with-u-because-you're-a-friend-of-my-best-friend relationship kali. Kenapa Naya bisa ngira gitu? Jujurly banget, kesan pertama kali Lana ketemu Naya itu nggak bagus. Lebih ke dingin, nggak welcome, nggak ramah, nggak asik, jutek. Pokoknya yang membuat Naya benar-benat ngerasa "Wah, nggak bisa nih gua sama ini orang!"

Iya sih. Wira bilang, katanya Lana orangnya sebetulnya nggak gitu kok. Moodyan emang, kadang terlalu bersemangat, kadang dingin banget kaya nggak mau diganggu sama sekali. "Mungkin lo lagi nggak beruntung aja. Dapetnya pas dia lagi posisi nggak mood, nggak mau diganggu siapa-siapa." Enggak beruntung- nggak beruntung muke lu rata! Akting kek akting dikit gitu, nggak usah nongolin asem amat muka. Naya bisa ngerti kalo itu cuma sekali dua kali, karena setiap manusia pasti bakal ngerasain bad mood. Tapi ini tiga hari berturut-turut muka laki itu masih butek aja ngalah-ngalahin cewek PMS pas lagi deres-deresnya. Gila ya! Maksudnya, capek nggak sih temenan sama orang yang moodyan, anjir? Orang-orang nih ya, kumpul itu buat menghilangkan stres bukan mau ngelihat muka sepet kaya salak layu yang dijual disepanjang jalur tol Pantura.

Sadar nggak sih, muka sepetnya itu bisa mempengaruhi suasana? Kaya jadi kebawa suasana moodnya, jadi ikut-ikutan nggak mood. Sampai semua muka yang tadinya baek-baek aja berubah jadi salak bosok juga.

Itu sih kesan pertama yang Naya dapet sebelum akhirnya bisa sekance kentel ini. Sebelum akhirnya bisa berbagi cerita sampai seperti ini, pokoknya sebelum ini. Naya sebetulnya sih lupa-lupa inget gimana kejadian persis dulu dia bisa akrab sama Lana. Pokoknya yang jelas gara-gara ngebahas martabak telor!

Naya punya prinsip, "Mau seaneh apapun kelakuan lo, mau sejelek apapun sifat lo. Kalo lo pecinta martabak telur juga. Lo kawan gua!" Simsalabim ajaib, bisa langsung akrab! Sampai lupa dulu pernah seempet itu sama Lana. Teori yang enggak masuk akal dan Naya sadar itu. Enggak tahu ya kenapa kalau Naya nemuin orang yang secinta itu juga sama martabak telur, Naya berasa kaya satu frekuensi saja gitu, kaya berasa Nemu kawan satu spesies, kaya berasa nemu saudara yang hilang. Lebay anj! Tapi emang gitu wkwk.

Tapi kalau dilihat gimana gedeg nya dulu, sekarang malah bisa sekance kentel ini. Naya masih nggak nyangka juga sih.

"Tapi asli lo cantik banget, rambut lo dipanjangin kaya gini lebih feminim!"

Naya mengerjap sehabis menegak minumnya. Jadi, maksudnya, dulu Naya enggak cantik gitu??! Wah body shaming!

"Emang dulu nggak cantik, Na?" Yuta menyela. Sial, mulutnya lemes banget. Laki-laki itu sedang men-dribbling bola tapi masih sempat-sempatnya nyamber kaya api.

"Dulu Naya itu tomboy banget. Kak!" Lana menjawab dengan antusias, sangking semangatnya, dia lebih mirip nge-rap dari pada ngomong. Kadang Naya pengen menyarankan Lana buat coba-coba ikut audisi rapper saja, mengingat bagaimana cepatnya dia ngomong pas lagi excited.  "Naya itu, Kak. dulu nggak betah banget sama rambut panjang, dikit-dikit potong dikit-dikit potong." Lana berpaling ke Yuta. "Lo tahu nggak kartun cewek rambut bob, kemana-mana bawa peta itu? Siapa sih namanya? Lupa gua. Pokoknya dulu Naya mirip banget sama dia!

"Ohh---  Ayu ting-ting."

Naya keselek.

"Apasih tolol! Hahaha.." Kak Johnny tahu-tahu nyaut dari pojokan tribun.

"Kok Ayu ting-ting sih, Parjo?"

"Lah? Kesana kemari membawa alamat jeng jeng~~ namun yang ku temui malah dirinya, kayang~~"

I F Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang