60. Antara Jakarta-Bandung

1.1K 67 2
                                    

Nana lagi nyiapin baju ganti ke dalam ransel pas Ceysa masuk ke kamarnya dan meluk boneka beruang pink agak gede di sudut kamar, adiknya itu nggak ngomong apa-apa, cuma merhatiin Nana yang sibuk ngeliatin skin carenya dalam botol travel size yang kemarin ia beli di miniso.

Si tengah akhirnya ngalah dan ngalihin atensi sepenuhnya pada sang adik yang udah nenggelemin sebagian mukanya ke lipatan boneka yang lembut.

"Kenapa, Cey?"

"Kak Nana mau kuliah di mana?"

Mata Nana mengerjap pelan, tumben sekali anak ini ngomongin masalah kuliah ke dia.

"Jogja sih kayaknya, masih belum tau, antara Jogja atau Semarang."

"Emang kenapa di sana?"

Nana mengulas senyum, mengingat obrolan masa depan yang pernah ia dan Jeno bicarakan.

"Karena selalu ada yang harus dikorbankan untuk hal baik, dek."

"Aku nggak ngerti. Tapi, beneran nggak pengen di sini aja gitu kak?"

"Bukan nggak pengen Cey." Nana berbalik, natap adeknya dengan sorot paling lembut yang bisa ia beri, "Ada skala prioritas dan life planning yang udah kakak pegang dan susun jauh-jauh hari, kakak yakin kamu juga punya itu, jadi semua emang udah ada time stamps-nya, ada masanya masing-masing."

Cey masih dengerin Nana yang seperti namanya, selalu jadi yang paling bijak di antara mereka bertiga.

"Sekarang masanya Kak Hican keluar rumah, setahun lagi kakak, setahunnya lagi kamu. Alurnya emang begitu."

Nana tersenyum, ngulurin tangannya buat nepuk lembut kepala sang adik, "Kita pergi bukan berarti kita nggak sayang kamu, mami atau papi, tapi kita pergi karena emang ada tanggung jawab diri sendiri yang harus kita lakuin, satu hari nanti kita pasti bakalan kembali karena emang yang pulang harusnya kembali. Kan?"

Cey ngangguk kecil, meringkuk ke pelukan Nana yang nepuk punggungnya lembut, dia tau kalo adiknya pasti bisa, Ceysa cuma perlu dikasih tau karena selama ini sang adik cuma bisa ngintilin mereka dari belakang.

Saat Heera atau Nana ingin melangkah sendiri, dia nggak tau kemana harus nyari pegangan, makanya sebelum adiknya terlalu jauh mikir dan nanyain orang yang nggak tepat, Nana sebisa mungkin ngasih pengertian.

Kalo emang di hidup ini, kita hanya memiliki diri sendiri, hanya berpegangan pada diri sendiri, jika kita rapuh, maka semua akan hancur.

"Yuk, siap-siap, sejam lagi Kak Mark jemput."

***

Heera nginitp dari tirai jendela saat mesin mobil yang akhir-akhir ini jadi familiar berhenti di belakang mobil papi yang parkir di garasi. Dia ngehela napas panjang, hubungan yang membaik tak lantas mampu ngehapus semua pedih yang pernah ada selama bertahun-tahun.

Semua butuh proses, Heera udah pernah bilang itu dan Mark setuju untuk menjalani prosesnya.

"KAK! ADA KAK MARK TUH!" teriakan Ceysa bikin dia ngambil ransel agak gede yang udah di packing semalam, nggak lupa ngambil selempang berisi dompet dan benda penting lainnya.

Tangannya lagi nutup pintu pas Nana juga keluar dari kamar, adiknya tersenyum lebar, nunjukin ponselnya yang sedang tersambung dengan panggilan telepon.

"Jeno udah siap!"

"Oke!"

Mereka emang sepakat buat ngajak Mark sama Jeno, buat jaga-jaga aja siapa tau nanti Marknya capek nyetir, lagian kata Nana mereka butuh hiburan abis ulangan, jadi yaudah nggak apa-apa sekalian aja.

aleatory: first adventureTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang