Nooo BUKAAAN bukan perkapalan dengan arti pelayaran, apa lagi penyakit jamur dikaki. Tapi perkapalan alias ship shipan laknat.
Menjadi sebuah sub genre yang lumrah diperfandoman, meski gue yakin kalian pada sudah familiar dengan kata ship gue akan jelaskan lagi sedikit mengenai subculture yang satu ini dan apa korelasinya dengan kitab mengenai perfujoan ini.
Well, first thing first. Apabila kalian baca ini sekarang kalian mestilah ada disuatu fandom atau pernah masuk atau tergolong dalam sebuah fandom, entah itu fandom kpop atau anime atau bahkan film, dan novel. Apapun yang mencakup perkumpulan orang dengan similar interests biasanya ship ini sangat mudah dijumpai.
Apa ship itu sendiri tidak ada hubungannya dengan kegiatan pelayaran dan lautan lepas, tapi lebih kearah mencocokan dua karakter atau orang didalam sebuah hubungan, ada yang bilang bahwa 'shipped' alias ngeship ini seperti halnya memasukan kedua orang tadi keatas kapal dan melayarkannya ke lautan cinta. Tapi gue orangnya emang sedikit rumit dari itu.
Ship bagi gue bisa berarti romantic, atau platonic. Jadi setiap ship belum tentu sama.
Sekarang mari kita berbincang mengenai ship ini dikehidupan gue, shall we?.
Oke, so as you guys know gue sebagai fujo veteran sudah memasuki tahap-tahap perfujoan mendalam yang termasuk ngeship apa pun, siapa pun, kapan pun, dimana pun, dan bagaimana pun. Jadi bagi gue, ngeship adalah hal yang lumrah.
"Karakter A menatap karakter b 5 detik?! SHIP."
"Karakter C dan karakter D bertarung hand in hand combat?! SHIP."
"Karakter E benci karakter F?! SHIP!!!."
I knowww I knowww, tidak ada rule dalam perlayaran pasangan kalian, tapi jangan lupa moral ambiguitas didalam perlayaran sendiri. Bagi gue, ada banyak rules yang harus dipenuhi dalam sebuah ship seperti:
-No pedophilia
-No Stockholm syndrome
-No bestiality
-No IncestAlthough! Sometimes this thing could fall short in term of flexibility, seperti halnya disaat context didalam ship itu sendiri berhubungan erat dengan peraturan tadi, contohnya adalah ngeship dua orang yang dimana satu nya bisa berubah jadi binatang, tbh I'm also not quite sure -_- tapiiii banyak anime dan manhwa dengan gimmik serupa yang membuat gue sendiri mikir why am I shipping them?!.
Atau ada lagi perdebatan is step sibling or adopted sibling incest? Well 0_0 sekarang kita kembali lagi ke moral ambiguitas yang kita sering hadapi, dan sekali lagi kita dihadapkan oleh gimmik. Karena faktanya apabila ada seseorang yang dengan bangga bilang ke gue kalau mereka menjalin relationship dengan anggota keluarga mereka step sibling atau bukan gue bakal ngejudge sorry not sorry.
But again, ada lagi argumen mengenai bahwa fiction and reality, meski gue bisa setuju dengan argumen ini gue terkadang juga merasa bahwa garis antara fiksi dan realita lebih tipis dari sehelai benang dan lebih pudar dari embun ( '△`), pada akhirnya ini bakal jatuh ke persepsi masing masing, tapi gue personally bakal ngedrop incest ship baik adoptive or not.
Dan yeah, intinya moral ambiguity ini sendiri bakal banyak kalian temui dalam pelayaran kalian ini.
Now, selagi kita masih berbincang mengenai ship. Setiap fandom punya ship populer mereka masing-masing, contohnya yang hangat dan panas dari fandom haikyuu!!! Kagehina, salah satu ship dengan banyak penumpang dengan menghadirkan dua pemeran utama hinata dan kageyama.
Gue sendiri salah seoramg penikmat ship ini semenjak melirik kemistri keduanya, dan sungguh sungguh dinamika yang saya senangi pada masanya "ENEMY TO LOVERS" ୧( ⁼̴̶̤̀ω⁼̴̶̤́ )૭ huehehehehehe.
Namun setelah saya tenggelam lebih dalam ternyata percomblangan didalam fandom itu sangat beragam dengan dinamika yang berbeda, saya sangat menikmati perlayaran dari fandom yang menyajikan banyak pilihan rasa.
Nah! Ada popular ship, ada juga unpopular ship.
Ship ini terkadang antara ship side character yang tidak terlalu punya banyak screentime atau crack!ship.
Wait! Wait! Crackship?
Iyup! Crack!ship alias ship antara dua karakter yang entah itu melawan dari normal popular ship, atau! Ship antara dua karakter yang sangat diluar nalar, atau ship dimana kedua karakter yang diship tidak pernah berinteraksi sama sekali bahkan ship yang terjadi akibat dari cross over.
Meski terkadang gue sendiri suka liat orang bikin crack!ship versi mereka sendiri-sendiri bagi gue crack!ship adalah salah satu contoh bagaimana liarnya dunia pelayaran sendiri.
Asalkan wajar dan tidak merusak moral gue, gue mah anteng anteng saja. No hard feelings.
Contoh dari ship shipan underated ini adalah
ZoroxUsop
OsamuMiyaxAkaashiKeiji
AkaashiKeijixKozumeKenma
OikawaTooruxHinataShoyo
LidaxShinsouJust to name few, there's definitely moreeee of these ^0^)/~
Why do people start shipping?
Sebenarnya gue juga kurang yakin dengan alasan yang sebenar-benarnya. Tapi gue yakin, bahwa shipping sendiri dapat dipilah dan dianalisa menjadi sebuah basic dasar dari sebuah hukum sebuah hubungan fiksional, dinamika.
Nah! Dinamika ini punya banyak arti tapi dengan konteks pershipping-an, dinamika ini akan jatuh ke entah itu personality atau bahkan ke bentuk rupa si kedua karakter.
Dinamika kedua karakter yang diship kan ini bisa dikategorikan dalam banyak rupa, padu padan personalitas dan tampang seseorang sungguh menjadi faktor mengapa dinamika ini sangat bejibun jenisnya.
Contoh eksentrik dari dinamika ini adalah -Culun X Populer
Klasik dan cliche, sangat mudah dijumpai. Dinamika seperti ini juga bisa dikatakan opposite attract dynamic, alias dua orang dengan kepribadian bertolak belakang.-Tegas & dingin X Badung & kocak
Ini salah satu favorite author (UwU)/*, biasanya dinamika ini terjadi di latar belakang sekolah dimana siTegas dan dingin berperan sebagai ketua osis dsb. Dan si bocah Bengal berperan sebagai trouble maker sekolah. Author demen sekali memang dinamika ini! Terutama lagi apabila siTegas good boy melanggar peraturan demi si bad boy *uhhuk* WanXian*uhhuk* ah! BAPERRRR!!!<(TAT)>Itu beberapa contoh dinamika ship yang lumayan populer.
Tapi once again, nobody stopping you to find your own matching pair.
Seni makcomblang karakter ini adalah seni tanpa batas kreativitas tentunya, dinamika bukan lah sesuatu yang mengikuti peraturan yang kaku. So be flexible.
Nah, gue kira segitu dulu kelas onlen kita malam ini gays *eh* guys...uhhh anyway!
HAPPY SAILINGS KIDS!!! 。٩(ˊᗜˋ*)و✧
KAMU SEDANG MEMBACA
I'm fujoshi
Humormalu? bangga? apa itu? ketagihan?... orang-orang bilang ini bodoh, gila, tidak masuk akal. tapi apa pendapat sudut pandang yang berbeda?... kehidupan kocak *le author sebagai Fujoshi senior #1 curcol