Kirain kalo ada kejadian kehilangan motor gini tuh bisa langsung lapor ke polisi gitu. Gue kan sebagai cewek yang nggak pernah berurusan sama hal-hal begini mikirnya simpel aja. Ternyata ide gue nggak disetujui semua orang. Kata mas Ganesh kita diajak usaha cari sendiri dulu karena nggak ada gunanya juga katanya lapor polisi kalo nggak ada duitnya.
Udah rahasia umum sih ya betapa bobroknya sistem pelayanan masyarakat negara ini kalo urusan sama duit, jadi gue percaya aja pas mas Ganesh bilang begitu.
Masalahnya, nyarinya kemana anjir. Gue cuma muter-muter doang dari tadi nggak ada tujuan.
Arjuna sama sekali nggak bisa ditanyain. Dia udah stres duluan padahal tadi malem gue udah telpon mama papanya dan beliau berdua bilang nggak apa-apa, daripada Arjuna dibegal terus celaka. Jadi masih bersyukur banget yang ilang cuma motor, toh juga Juna masih ada mobil yang bisa dia pake. Tapi tetep aja sih wajar dia stres namanya juga kehilangan barang berharga.
Sedangkan Aldo yang awalnya kita anggap sebagai orang terakhir yang naik motor sama Juna ternyata dia kemarin nggak sama Juna pulangnya. Mereka pisah di tengah jalan karena Aldo dijemput ceweknya.
Mata gue ngelirik Juna yang masih diem aja dari tadi di samping gue.
" Yang lo jangan diem gitu dong, serem gue." Keluh gue.
"..."
" Makan yuk. Abis itu balik kos, nanti sore kita cari lagi."
Dia cuma ngangguk aja. Jadi gue bawa dia buat ke rumah makan nasi padang yang gue lihat di seberang jalan. Dari semalem dia belum makan gara-gara udah nggak mood pas tau motor ilang.
***
Juna masih tidur di pangkuan gue. Wajahnya kelihatan tenang dan nyaman menikmati elusan tangan gue di rambutnya yang dari tadi masih berusaha bikin tidurnya tetap nyenyak.
" Eungh." Dia ngulet.
Terus seketika dia langsung duduk kayak orang kaget.
" Kamu kenapa?" Gue ikutan kaget woi.
" Motor aku belum ketemu yang?"
Astaga, dia mimpiin motornya kayaknya.
" Belum lah. Kita masih nyari dari tadi. Mas Ganesh sama Sam aja belum ada kabar."
Bahunya merosot lemes. " Kira-kira kalo digondol maling motor gue diapain yah?"
" Nggak tau. Paling dijual."
" Laku berapa? Pasti jauh banget dari harga pasarannya."
" Kenapa gitu?"
" Kan surat-suratnya ada di gue."
" Lagipula ngapain kamu mikir harga motornya. Biar dipikir sama malingnya lah."
Ajaib banget nalarnya Juna. Yang ilang kan motornya, kenapa otaknya ikutan nggak ada.
" Kita cari lagi sekarang apa nanti?" Tawar gue.
" Kira-kira separuh harga nyampe nggak yah?"
Gue muter bola mata males. " Ribet ah kamu. Mana aku tau aku kan bukan malingnya."
" Ini aku tanya pendapat kamu."
" Nggak tau. Paling kalo dipake beli rambut nenek bisa beli sama abang-abangnya."
Wajahnya tiba-tiba berubah jadi kayak lagi mikir. Kenapa lagi ini bocah stres. Ikutan gila gue lama-lama.
" Ikut aku."
Arjuna narik tangan gue sambil lari keluar kontrakan kayak orang kesetanan. Gue yang nggak siap sampe berkali-kali hampir nyungsep kalo aja Juna nggak ikut mengimbangi langkah gue.
Gue menggeram marah. " Ini mau kemana?"
" Ikut aja dulu."
" Kamu kasar banget ini tangan aku sampe merah."
" Eh sorry." Dia ngelepas tangan kanan gue dan ganti pegang tangan kiri gue. Sama aja soalnya gue di belakang dia.
Kita jalan cepet keluar gang ke arah jalan raya. Masih belum tau Juna mau bawa gue kemana.
" Lo kalo masih jawab nggak jelas gue gampar ya, Ar. Ini kita mau kemana?"
Bukannya jawab dia malah berhenti di depan minimarket sejuta umat berinisial Indomaret.
" Astaga, yang hahahaha."
***
Hasrat gue buat ngelempar Arjuna ke laut merah udah di ubun-ubun.
Gue, mas Ganesh, Aldo, Samudra, Samantha, Vincent, dan Bagas. Ada tujuh orang yang siap buat mutilasi Arjuna. Si oknum bukannya takut malah cengengesan nggak tau adab kayak nggak punya salah sama sekali.
Oke, biar gue kasih tau apa kegoblokan Juna yang bikin kita semua murka.
Ternyata motor dia nggak pernah ilang!
Setelah dia pisah sama Aldo dia mampir ke Indomaret beli minum. Dia lihat ada abang-abang yang jual jajanan nggak tau apaan di seberang jalan. Karena dia udah nyeberang, pulangnya dia jalan kaki sampe di depan gang menuju kontrakan baru dia nyeberang lagi. Dan berakhir dia lupa kalo motornya ketinggalan di Indomaret sampe nginep hampir dua hari.
Otaknya yang bolong itu baru inget kejadian dia ninggalin motornya pas gue ngasal ngomongin harga motornya bisa buat beli rambut nenek sekalian abang-abangnya.
" Iyee iyee maap. Gue kan nggak sengaja, namanya juga lupa. Pasti nggak inget lah. Jangan gitu banget kek lo semua lihat gue." Kata Arjuna masih cengengesan.
" Gue bolos kelas tau nggak gara-gara lo." Sentak Bagas emosi.
" Sama, gue juga." Sahut Samudra.
" Kok bisa sih ada manusia segoblok lo." Samantha nggak mau kalah. " Gue santet juga lo lama-lama."
Sebelum yang lain ikut nimbrung ngomel juga, Arjuna udah menyela duluan.
" Ya udah iya. Nanti besok lo semua gue teraktir seharian. Anggap aja ini syukuran hehe."
Yang segera direspon dengan teriakan antusias orang-orang di sini. Anak-anak kos kayak kita mana mungkin sih nolak traktiran. Sogokan gitu aja udah cukup bikin kita semua mingkem nggak jadi marah sama Juna.
***
Sepi amat kayak kuburan lama. Komen boleh kali 😂
KAMU SEDANG MEMBACA
Candu [Kaistal]
Romance" Kok gue kepincut banget ya sama lo. Lo pake pelet apaan sih An?" " Nggak pake pelet nyet. Lu aja yang murahan". " Bodo amat njing". " Gemes banget sih cowok gue". #1 Kaistal