Pertemuan gue dengan si perempuan bermata kucing ternyata selesai begitu saja, tanpa penjelasan.
Sesampainya ke pool travel, entah dia memang tipikal manusia yang ramah di dalam kendaraan atau punya penyakit lupa tingkat tinggi, dia langsung cabut, pamit pun enggak. Tukeran nomor ponsel pun gagal. Jujur aja, ada perasaan kecewa karena dalam hati kecil, gue ngerasa cap jomblo bakalan nempel cukup lama di diri ini. Setelah mendapati cara penolakan tukar telepon yang agak ekstrim menurut gue.
Dengan berlapang dada, pergilah gue dari TKP, naik ojek online ke daerah Tubagus Ismail, yang termasuk ke kawasan Dago. Sebetulnya naik angkot lebih murah, gue juga udah hapal rutenya, tapi urusannya ruwet kalau bawa kucing. Ngerogoh kocek lebih lagi dah gue, meski Bapak udah ngasih duit tambahan, cuma kalau si Wage enggak turut serta, minimal gue bisa foya-foya.
Akhirnya sampai juga di kosan si Anyay, nama aslinya Anjar. Si Anyay ini sohib gue dari jaman SMA, kita sama-sama kuliah di Bandung. Begitu lulus, gue milih balik ke rumah, sedangkan dia enggak pernah mau balik lagi ke Jakarta.
Alasannya sih simpel, dia betah, udah banyak teman, ceweknya juga orang Bandung, terus yang terakhir dan paling krusial, kuliahnya enggak kelar-kelar. Gue hitung-hitung udah mau 9 tahun dia ngambil gelar sarjana.
Anyay udah mengalami Wajib Belajar dua kali, hal yang jarang-jarang. Makanya gue salut sama muka tembok dia yang tetap menyangga status mahasiswa.
Gue buka pagar yang tingginya sepinggang dari kayu itu, wah halamannya asri amat. Banyak tanaman, belon jalan setapak berbatunya yang serasa gue ada di rumah-rumah pedesaan. Ini sih enggak mirip rumah kos, lebih cocok jadi lokasi syuting Hobbit.
Kosan si Anyay itu rumah tua, bukan ala Belanda yang mungkin bakalan ada setan noni-noni Kompeni, cuma memang kelihatan banget dibangunnya udah lama. Kelihatan dari jendela-jendelanya dengan dua daun pintu kayu di luar, trus lantainya yang bukan keramik, tapi tegel batu bulet-bulet kayak jutaan bentol. Adem dah pokoknya. Cuma kalau maksa dipasang AC, dijamin ambrol temboknya, soalnya tampak rapuh dan berkapur gitu.
Si Anyay udah stand by di teras, duduk di kursi rotan sambil ngopi, ada camilan yang dari dulu enggak berubah, kerupuk. Dia langsung nyambut gue dengan pelukan mesra.
"Bung Ary! Wah, selamat bro! Nggak nyangka gua!" katanya enggak ngelepas pelukan, padahal gue udah pegel stadium 17 Agustus saking beratnya bawa kandang si Wage sama bawaan lain. "Loh, Bapak sama Ibu gak ikut ke sini?" tanya si Anyay sambil lepas pelukan.
Gue geleng kepala. "Gue mau kerja, bukan ngelamar anak orang, Nyay."
Dia langsung nyadar kalo si ganteng Conary kecapekan dan tampak rempong. Anyay buru-buru bantuin bawa barang-barang gue, kecuali si Wage. Dari dulu si Anyay itu paling antipati sama kucing, satu-satunya sobat yang jarang ke rumah hanya dia. Waktu dulu, gosipnya dia punya penyakit asma, kalau menurut pengamatan gue, memang dari bawaan lahir dia segen sama kucing.
Dengan nyaman akhirnya gue duduk, nikmatin kerupuk yang keras, nyeruput kopi si Anyay, meski dia tampak enggak rela kopinya gue ambil alih. Bodo amat ah, gue capek, enggak ada waktu buat bikin kopi, sebagai oportunis sejati, apa yang ada, itu yang disikat.
"Gua kira, abis kecelakaan itu, lu gak jadi kerja di Poshpassion. Jadi juga ternyata." Anyay membuka pembicaraan.
"Yoi."
"Wah, gajinya gede tuh yah di sana? Ada lowongan buat gua kagak, Ry?"
"Kelarin kuliah dulu, dasar Sapei lo!"
Anyay nyengir, cenderung meringis. Duduknya aja kayak enggak tenang, kayak dudukin paku payung. Halah, alamat ketakutan sama si Wage.
"Kucing siapa itu, Ry?" tanya Anyay heran.
KAMU SEDANG MEMBACA
CONARY
HumorSudah dilanjutkan di fizzo ya Kehidupan Conary alias Ary jungkir balik, setelah dia mengalami kecelakaan. Hidupnya yang serasa sudah jatuh tertimpa tangga, terhantam bak sampah, terguyur air got (meski tetap ganteng), semakin merana saat tahu dia bi...