Muhammad Ardiyanto

0 0 0
                                    

No. Id Card: M029
Nama Lengkap: Muhammad Ardiyanto
Titimangsa: Bruno, 19 Mei 2022

....
Pertanyaan:

1. Apa yang dimaksud dengan cerpen?

Jawab: Cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas.

2. Menurutmu, cerpen itu bertujuan untuk apa?

Jawab: Untuk menceritakan sebuah cerita yang disuguhkan hanya berfokus pada satu konflik permasalahan yang dialami oleh tokoh mulai dari pengenalan karakter hingga penyelesaian permasalahan yang dialami oleh tokoh.

3. Menurutmu, apakah cerpen itu terlalu sulit untuk diterapkan dalam penulisanmu?

Jawab: Sangat sulit. Karena, dalam pembuatan cerpen itu sendiri masih suka kekurangan kata-kata.

4. Di manakah dan pernahkah kamu menjumpai karya cerpen?

Jawab: Saya pernah menjumpai cerpen di buku-buku yang ada di Perpustakaan.

5. Nama lain dari cerpen adalah?

Jawab: Cerita Pendek

6. Sebutkan struktur cerpen beserta penjelasannya secara singkat!

Jawab:
🔱 Abstrak => merupakan pemaparan gambaran awal dari cerita yang dikisahkan.
🔱 Orientasi => merupakan penjelasan tentang latar cerita seperti waktu, suasana, tempat/lokasi yang ada pada cerita.
🔱 Komplikasi => merupakan struktur yang berkaitan dengan pemaparan awal suatu masalah yang dihadapi oleh tokoh.
🔱 Evaluasi => merupakan bagian konflik masalah yang semakin memuncak.
🔱 Resolusi => merupakan bagian akhir permasalahan yang terjadi para cerita.
🔱 Koda => merupakan nilai atau pesan yang terdapat pada cerita yang disampaikan oleh penulis kepada para pembaca.

7. Buatlah cerpen bertema "Perjuanganku Menjadi Penulis" dengan jumlah kata minimal 750 kata, dan maksimalnya tidak dibatasi.

Jawab:
                  Dari Ngefans Jadi Fans
             Karya: Muhammad Ardiyanto

Saat Anita mulai menulis puisi pada buku catatan miliknya, tiba-tiba terdengar suara ketukan dari pintu kamarnya.

tok ... tok ... tok ...

"Iya, silakan masuk." Ucap Anita sambil membuka pintunya.

Kemudian, ketika baru melihat wajah tamu tersebut, Anita pingsan tepat di depan pintu kamarnya.

Dengan rasa kaget, tamu tersebut membangunkan Anita.

"Eh ... bangun. Bangun cepat!" ucap tamu tersebut.

Setelah bangun, Anita kaget dan mengatakan waktu terlalu cepat. Kemudian Anita menanyakan kepada tamu tersebut.

"Anda ... anda?"

"Iya, saya,"

Seketika Anita pingsan lagi. Tamu tersebut membangunkan Anita sembari mencubit pipinya sekencang mungkin.

"Dek, bangun. Bangun."

"Hah? Kenapa saya ada di sini, Bu?" tanya Anita.

"Ibu tadi melihat kamu mengigau. Tapi, hanya ibu lihat, enggak ibu bangunin kamu."

Ternyata, Anita mengigau, mendapati tamu di kost-nya itu adalah seorang penulis yang sangat dia idolakan. Makanya sampai terbawa ke mimpi.

Ketika awal memulai jejak menulis sebuah sastra, yang berkaitan tentang literasi, Anita terinspirasi dari sosok Raditya Dika.

Karya Keluarga SLR Part 33Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang