10. peluang

3.5K 499 18
                                    

Happy Reading!
.
.
.












"Pak, bapak mau anak monyet gak? Aku punya nih."

Bapak yang udah duduk anteng di meja makan langsung noleh ke Jono yang turun dari tangga sambil gendong Haikal. Gak tau gimana ceritanya itu anak berdua tiba-tiba akur begitu. Mana si Haikal manja bener lagi di gendongan Jono.

"Turun!"

Haikal langsung nurut terus ngelangkah ke mama yang lagi numis kangkung bareng Jeman.

"Kasih gula dikit ma." Haikal udah ancang-ancang buat naburin gula ke tumis kangkung nya.

"Dikiiitt aja. Masa iya tumis kangkung di kasih gula. Lieur kamu mah A." Mama protes tapi di turutin juga.

"Biar ada manis-manisnya."

"Kaya gue." Jeman nyengir.

"Idihh.."

Sementara Haikal lagi recokin mama, di meja makan bapak dan kelima anaknya lagi diskusi ringan.

"Kuliah kamu gimana, bang?" Bapak membuka pertanyaan.

Sebelum jawab Jono sempetin buat ngelirik satu-persatu sodaranya yang lagi liatin dia seolah nunggu jawaban dari Jono. Bukan hal aneh lagi kalo Jono adalah satu-satunya orang di rumah yang gak terlalu serius lanjut kuliah. Milih fakultas aja asal-asalan, yang penting kuliah aja gak tau dia mampu atau nggak lanjutinnya.

Di saat mimpinya ingin jadi binaraga, si Jono malah dengan santai masuk fakultas bisnis. Ya ngaco lah. Tiap masuk kelas Jono gak pernah bisa masukin setiap materi ke otaknya, orang dia cuma bisa ngandelin otot doang mana paham urusan bisnis. Kalo Cahyo baru nyambuuungg..

"Y-yaa gitu, pak." Jawab Jono ragu terus garuk-garuk tengkuknya yang nggak gatal.

Mahen menghela nafas singkat terus natap Jono serius. "Kakak udah bilang berkali-kali jangan main-main sama pendidikan. Dari awal juga kakak udah wanti-wanti sama lo biar gak asal ngambil jurusan. Sekarang di saat yang lain bentar lagi lulus, lo masih tetep jadi mahasiswa. Mau jadi senior di kampus alias mahasiswa abadi karena gak lulus lulus?"

Jono nunduk. Dia gak berani buka suara kalo lagi di sidang kaya gini. Apalagi yang nyidang langsung sama hakimnya. Mana bisa ngelawan dia, yang ada malah kena pasal.

"Terus juga gue dulu pernah bilang sama lo, Jon. Kalo emang bakat lo di bidang non-akademik ya udah tinggal fokus aja ke olahraga lo buat ngebentuk badan. Jangan karena gengsi terus lo maksain ngelakuin hal yang nggak lo suka." Kini Reyhan ikut ngomong juga.

"Dapet dorongan dari mana sih ngambil jurusan bisnis?" Bapak bertanya lagi.

Jono memberanikan diri buat ngejawab kali ini. Soal di sangkal itu urusan nanti yang penting dia gak di pojokin terus.

"Tadinya aku pikir jurusan bisnis gak bakal serumit ini. Kirain cuma itung-itungan modal sama penghasilan doang. Ternyata nggak."

"Kalo cuma gitu doang mah jadi tukang chakue juga bisa bang." Cahyo nyaut yang ngebuat Jono makin terpojok.

"Sekarang kamu mau gimana? Mau tetep lanjut atau fokus ke olahraga?" Pertanyaan bapak kali ini sukses membuat Jono sedikit bimbang.

Jujur saja, sebenarnya Jono sangat kewalahan dalam menjalani kuliah yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Tapi, gak tau kenapa dia udah nyaman aja sama fakultasnya. Jono jadi bingung harus gimana. Mau lanjut tapi otaknya gak nyampe tapi kalo berenti sayang banget dong. Bapak kan udah keluar duit banyak buat biayain dia. Masa gak ada bekasnya dikit aja.

"Coba kamu pikirkan dulu mateng-mateng. Takutnya kamu cuma kepaksa karena ngeliat sodara-sodaramu yang lain pada kuliah jadi kamu mau juga. Padahal kamu gak minat sama sekali kan?"

Jono ngangguk mengiyakan. "Nanti aku pikirin lagi, pak." Katanya.

Tangan bapak terulur buat ngusap bahu Jono ngasih semangat. "Apapun keputusan kamu, bapak pasti dukung bang."

"Iya Pak. Jono janji gak bakal kecewain bapak sama mama."

Bapak cuma ngangguk sambil senyum.

"Makan makan.." Ujar Jeman sambil bawa sepiring tumis kangkung dan ikan gurame goreng.

Di belakangnya, mama dan Haikal masing-masing bawa sebakul nasi sama lauk pauk yang lainnya. Nah, kalo udah lengkap begini sarapan pagi ini sudah bisa di mulai.

🐯🦊🐶🐻🐰🐬🐭


Jono dan Haikal berada di kampus yang sama. Mereka hanya beda fakultas aja. Sekarang keduanya baru aja nyampe terus markirin motor sebelahan biar entar pas pulang gak pusing nyari-nyari motor. Gak lama, Juan juga datang dia parkir tepat di samping Haikal. Dengan senyum cerahnya Juan nyapa kakak beradik itu riang.

"Hay bro."

Jono cuma senyum terus nepuk bahu Haikal pamitan buat ke kelas duluan.

"Tumben. Biasanya duluan lo." Kata Haikal heran.

Juan nyengir terus nyisir bentar rambutnya sambil ngaca di spion. "Biasalah. Eh gue punya berita bagus." Ujarnya terus ngerangkul Haikal sambil jalan menuju kelas.

"Apaan? Beneran bagus nih ya?"

"Asli, Kal. Gue gak bohong ini berita bagus banget."

"Ya udah apa?"

Juan gak langsung jawab. Dia ngambil dulu handphone nya dari saku celana terus ngotak-ngatik sebentar abis itu di kasih ke Haikal.

"Nih baca. Cocok banget buat lo."

Haikal langsung merebut handphone Juan dan membaca setiap kalimat yang di tampilkan pada layar benda pipih itu.

OPEN CASTING FILM
"Yo Dream"

•laki-laki 20-25 tahun
•tinggi minimal 170 cm
•berpenampilan menarik
•memiliki semangat untuk menciptakan karya yang lebih baik

Minggu, 3 Juli 2022
Lokasi : Sijeni Movie Studio

Haikal tampak berbinar. Semangat dalam jiwanya begitu menggebu-gebu. Haikal yakin jika dirinya berusaha pasti semuanya akan berjalan dengan baik dan mimpi yang selama ini ia dambakan akan segera terwujud. Semoga Haikal diberi kemudahan dalam menjalankannya.

"Ju, gue harus ikut."

Juan mengangguk antusias. "Harus. Pokoknya lo harus berhasil raih cita-cita lo."

"Lokasinya juga deket. Anter gue ya."

"Pasti. Nanti gue mau ikut liat lo casting. Pasti seru."

Senyuman Haikal terus mengembang. Membayangkan dirinya yang akan segera tampil di depan kamera membuat Haikal semakin yakin untuk membuat orang tua serta sodara-sodaranya bangga.

"Katanya mereka lagi nyari buat PU."

Haikal melotot kaget. "Pemeran utama maksud lo?" Tanya Haikal yang dapat anggukan dari Juan.

"Tolong yakinin gue buat bisa dapet perannya." Haikal meremat bahu Juan kencang.

"Iya iya lo pasti bisa. Lepas iih sakit.." Dengan kasar Juan menyingkirkan tangan Haikal.

"Gue pasti bisa kan, Ju?"

"Iyaaaa.. Ya udah ah ke kelas dulu. Entar soal casting kita omongin lagi."

"Gue pasti bisa gue pasti bisa." Haikal terus menggumamkan kata bisa agar dia lebih percaya diri dan yakin kalau dia mampu.

Tanpa di sadari, seseorang yang tadi berdiri tidak jauh dari posisi mereka menatap tak suka pada Haikal yang tampak begitu bahagia. Sorot matanya menunjukkan sinar kebencian yang mendalam.

"Gak semudah itu Haikal. Lo gak akan pernah bisa untuk berada di atas gue."

🐯🦊🐶🐻🐰🐬🐭

Yo Dream | Nct Dream✔(Terbit) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang