ada hal yang aku sadari. ternyata, cinta dan kesetiaan itu dua hal yang berbeda, begitu pula dengan ketulusan hati.
kenyataannya, seseorang bisa menjalin hubungan dengan siapapun tetapi tidak dengan hati, karena setiap orang pasti punya standar nya masing masing dalam menentukan kriteria pasangan idaman nya, tapi jangan berharap terlalu tinggi ya. mencintai seseorang juga butuh kesiapan, apalagi setelah dikecewakan berkali-kali.
kenyataannya, cinta itu tidak selalu hadir dari dua orang yang saling suka. karena cinta bisa dibangun, datang dan tumbuh seiring waktu diantara dua orang yang tidak memiliki rasa. cinta juga bisa hilang jika tidak dirawat dan dijaga. semua hanya perihal waktu dan bagaimana cara kita mengelolanya.
berbeda dengan kesetiaan, hal ini mutlak dan berkaitan erat dengan ketulusan hati, dicerminkan oleh sifat dan perilaku seseorang. kesetiaan adalah salah satu hal yang paling penting dalam sebuah hubungan. karena tanpa kesetiaan, nilai dari cinta, materi dan finansial akan hancur begitu saja.
dalam beberapa kasus, tidak sedikit orang yang tidak setia dengan pasangannya. mereka memang menjalin dan mempertahankan hubungan, mereka juga saling cinta, bahkan mereka punya materi dan finansial yang cukup. tapi salah satu dari mereka tidak setia, beberapa ada yang suka bermain dibelakang, masih suka mencari, mendekati dan menggoda lawan jenisnya.
sedangkan ketulusan hati itu selangkah lebih dekat dengan kesetiaan, tapi bukan berarti orang yang tulus itu setia. hanya saja lebih dekat, seperti halnya jiwa dan ragamu, itu dekat tapi berbeda. karena ketulusan lebih mencerminkan kepada kejujuran dan kebaikan hati, contohnya seperti pasangan yang siap menerima semua kekuranganmu dan tidak menuntut apapun.
jadi intinya, cinta memang lah penting, tapi kesetiaan itu jauh lebih penting. sebab kamu juga pasti tau, semua yang pernah menjadi mantanmu pasti pernah mencintaimu, mereka juga mungkin tulus tapi sayangnya kesetiaan itu tidak ada di dirinya, karena sifatnya yang masih suka mencari, menggoda atau bahkan mendekati lawan jenis. hingga akhirnya tergoda, dan bahkan mengakhiri hubungan.
KAMU SEDANG MEMBACA
you can feel world but world can't feel you
Randomkugenggam dunia, perlahan mati. kukejar akhirat, dunia tak berarti.