"ABANG-ABANG PADA LIAT GAK ANJING KEMANA??"
malam seusai sembahyang maghrib, di rumah keluarga besar bapak johnny, si bungsu koar-koar kayak orang kemalingan, perkara hewan peliharaan kesayangannya hilang. padahal biasanya jam segini si anjing udah pulang, tetapi sekarang entah kemana larinya si gembrot itu.
"lah, si anjing belum pulang?" celetuk jeno yang lagi goleran di sofa ruang tamu bareng enyak, sambil nonton sinetron ftv indosiar yang berjudul 'suamiku ayah dari istri ayahku'.
"iya, abang jeno liat gak?"
jeno geleng-geleng. "kagak."
mendengus mendengar jawaban gak guna dari abangnya, jisung beralih menatap enyak yang tampak sangat fokus menonton tv. "enyak liat gak?"
wanita berkepala empat itu menoleh, lalu menggeleng. "emangnya jie taroh di mana sampe anjing ilang lagi?"
"ih enyak. dikira anjing boneka apa ditaroh-taroh."
"ya enyak kagak tau, jie. coba tanya abang jaemin noh." enyak yang memang tidak mau diganggu acara nonton sinetronnya pun menunjuk jaemin yang lagi ngopi santuy di meja makan.
jisung lantas beranjak untuk menghampiri abang terakhirnya itu. "abang jaemin liat anjing nggak?"
alis jaemin bersatu padu, sembari kepalanya mencoba mengerok ingatan beberapa waktu lalu. "anjing? kagak ada tuh, gua liat ikan doang sore tadi lagi berak depan rumah."
mendengar itu jisung lagi-lagi menghela napas kasar, ia mengacak surainya gusar.
"kemana sih si anjing ah? biasanya aktifnya sampe sore doang, lah ini sampe malem masih keluyuran." ucap jisung frustasi.
"cari ae dulu, jie. sape tau si anjing lagi ngebo di kebon tetangga." sahut jaemin sambil menyeruput kopi hitamnya dengan tenang.
"temenin lah, bang." pinta jisung sambil goyang-goyangin tangan jaemin yang lagi megang cangkir.
"eh buset. ini kopi gue bisa tumpah, monyet. EH ANJING KAN."
jisung segera melepas pegangannya di tangan jaemin dan tanpa babibu ia langsung ngacir lari keluar rumah, meninggalkan jaemin dalam keterdiamannya setelah ketumpahan kopi di celananya.
"JAEMIN MULUTNYA DIJAGA!!!"
mendengar teriakan enyak membuat jaemin tidak jadi mengeluarkan sumpah serapahnya yang siap ia lemparkan ke bungsu yang ninggalin dia gitu aja.
untung jaemin anaknya penyabar ya.
di sisi lain, jisung yang sedang melarikan diri dari amukan jaemin mendadak menghentikan larinya saat mendapati abang ketiganya lagi ngedumel sama motor kesayangannya di halaman depan.
"lu kenapa lagi sih malika?? demen banget lu bebanin idup gua." haechan meratap nasib di sebelah malika yang gak idup-idup. padahal gaya udah kayak penyanyi rocker pen manggung.
"kenapa lagi bang?" tanya jisung nyamperin.
haechan menoleh, wajahnya tampak kentara frustasi. "ini si malika, tau aja gua mau ngedate sama ayang, malah cemburu dia."
jisung cuman geleng-geleng. sepertinya orang paling waras di keluarga johnny memang cuman dia, pikir jisung.
"cobain bawa ke bengkel, bang." saran jisung sambil nepok-nepok bahu abangnya.
"baru juga kemarin gua bawa ke bengkel. dasar malika nyusahin! gua cerein mampus lo jadi janda!"
seketika jisung merasa iba pada abangnya satu ini. ya gimana enggak, masih muda, mana gitu ganteng, banyak yang naksir, tapi sayang, otaknya kelewat sengklek.
"mau kemana lu malem-malem, jie?" tanya haechan saat melihat jisung yang mau beranjak pergi.
"nyariin anjing bang, abang liat gak?"
"lah, ngapain nyariin anjing? di rumah kan udah banyak."
"anjing." umpat jisung sembari geleng-geleng. geleng-geleng mulu jisung bawaannya kalau berhadapan sama abang sengkleknya ini.
sementara haechan udah ketawa ngikik. gak heran namanya juga haechan.
"anjing koceng, bang. bukan anjing jadi-jadian."
gelak tawa haechan semakin menggelegar, jisung lantas ikut tergelak saat melihat abangnya yang guling-guling udah kayak kelabang karena saking ngabrutnya.
kualat emang mereka berdua.
disaat mereka tengah asik-asiknya tertawa, tidak lama kemudian terdengar bunyi kenalpot motor memasuki halaman.
mark memarkirkan motor besarnya sebelum beranjak menghampiri dua adeknya yang lagi kesurupan depan rumah.
"belum minum obat lu pada?"
"eh abang mark, pas banget nih, pinjem juminten yak?"
"lah, motor lu kenapa lagi?"
"tau bang, bertingkah kali dia."
mark geleng-geleng. "yowes, tapi awas ya jangan sampe lecet. eh btw lu mau kemana?" tanya mark sambil memperhatikan dari atas hingga bawah penampilan haechan yang udah kayak preman pasar.
sebenarnya sih mark udah biasa melihat haechan dengan jaket kulit dan celana bolong-bolong, yang emang udah jadi style dia dari orok. tapi ya mark penasaran aja mau kemana.
"jemput ayang, bang."
mark mengernyit. "perasaan baru kemarin lu putus sama si somay dan ngerengek ke gue pengen balikan. eh taunya udah ada yang baru aja lu. awas ya lu jadiin anak orang pelampiasan."
"yaelah bang, gak bakal. gua mah gak kayak jeno yang suka nyakitin perasaan wanita."
"heleh, lebih tepatnya gak ketauan aja kalo pacarnya banyak." sahut jisung yang kemudian ngibrit lari saat mengetahui haechan yang hendak menyumpali mulutnya pake sendal jaemin yang lumutan di samping pot tanaman.
tbc.
KAMU SEDANG MEMBACA
blueberry skies | hyuckren
Fanfictionuntuk pertama kalinya haechan pacaran sama LAKIK