"Lalu setelah ujian dan tak bertemu anak-anak, lu ngapain aja di rumah, Jur? 3 bulan nganggur kek orang apaan tau"
Gw? Lu tanya gw ngapain? Gw tuh ngebantu Umy yang pangkatnya jadi anggota komite sekolah. Udah komite, jadi ketua korlas pulak. Capek deh.
Gw tuh udah kaya intelnya anak-anak untuk tau segala macam info mengenai wisuda-an nanti mau dimana. Itu juga karena faktor gw ketua kelas, Umy gw korlas sih. Jadi kalo mau dapet segala info gampang.
Jujur, itu udah berjalan satu semester. Mungkin dari Januari awal. Ya, karena hp umy dulu juga rusak, jadi yang di masukin nomernya ke grub komite sekolah adalah nomer hp gw.
Makanya, segala informasi nyantolnya ke hp gw. Semua, bahkan grub ortu-walas dan tabungan ortu sekali pun.
Gila gak tuh. Makanya gw sempet pura-pura jadi Umy buat menghandle tugasnya. Seperti membalas chat dari mak-mak, sebar info, jawab pertanyaan temen soal ini itu berkaitan dengan perpisahan.
Sampe gw pikir. Ini yang komite/korlas Umy gw apa gw sendiri sih? Umy aja kalo di suruh bikin kata-kata atau jawab chat dari ortu nyuruh gw yang ngarang atau balesin.
Lah, gaje. Malah gw yg pusing sama repot sendiri. Orang di suruh zoom rapat komite aja waktu itu, gw yang di suruh mantau jalannya. Sementara umy masak.
Dah lah, capek aing. Nyatet sama liat ppt yg di kasih Ama salah satu komite, nyocokin datalah, inilah. Menentukan tempat nanti lah dimana.
Gw, sebagai salah satu murid. Setujunya kita wisuda-an di gedung. Sebab kalau di sekolah, pastinya izin ke pemerintahnya susah. Apa lagi masih masa pandemi. (Jangan di sekolah lah, panas, bosen, masa di situ-situ terus. Pengen yang wah, pengen yang beda, pengen beda dari sekolah yang lain).
Begitulah cara sudut pandang siswa dan ke ortu-an gw nyampur. Tapi, kalo dari sudut Mak-mak, pasti milihnya di sekolah.
Sebab kalo di kalkulasi, gedung itu banyak kena cas-nya, kejauhan ih, jalanan macet ey, harus jauh-jauh hari reservasi. (Kemahalan atuh, siapa yang mau bayar, ada yang mau nombokin gak kalo ada yang nunggak atau gak bayar? Kalo kita kekurangan dana gimana? Kalo misalkan ada hal tak terduga gimana?)
Dah lah, cuman bisa gw senyumin aja. Mana ortu-ortu di kelas gw gak apaan tau sifatnya. Di kasih polling buat voting...eh, yang ngisi dikit. Sisanya selalu bilang, 'aku ikut aja hasil keputusannya mama'.
Tarik nafas...buang. Weh, antum. Udah ane kasih pilihan, malah minta ikut keputusan. Kalo hasil voting menang di gedung, nanti antum protes. Maunya antum apaan hah?
Bikin ane kesel aje. Bener apa pikiran gw tuh. Ada mak-mak yang protes harga patungannya kemahalan lah, ini lah, itu lah.
Eh, bro. Ketimbang 250.000/anak, situ protes sana sini. Mau di ulti 'Ya, itu terserah mama aja ya. Mau bayar paket mahal, tapi anak seneng bisa wisudaan bareng temen? Atau mau bayar paket murah yang cuman dapet sovenir doang, tapi gak bisa ikut ke gedung?'
Bu, Bu. Bukannya kita rasis. Tapi emang udah kaya gitu ketentuannya dari atasan. Itu aja udah di tentuin paket termurah (gedung bagus, tapi harga murah dan kena cas sedikit). Ibu gak mau juga? Owh, ya udah. Silahkan. Kita pakai dana subsidi untuk menyenangkan hati anak anda.
Begitu saja bikin gw pening. Debat tak bisa di hindari. Tapi aku senang, setidaknya masih ada yang mau mengikuti ketentuan, walau hanya bayar setengah harga.
Hati gw senang. Perpisahan kali ini aku bisa merayakannya dengan teman sekelas/angkatan. Ya, meskipun ada beberapa anak yang tidak ikut serta dalam wisuda di gedung.
Kalau di tanya apa nama gedungnya, mungkin gw akan spil dikit. Nama gedungnya Cabin Hotel. Kami memakai seluruh ballroom nya.
Kata pengelolanya, kami tak bisa mencopot hiasan (pernikahan) yang ada di sana. Sebab itu memang sudah di pantek.
KAMU SEDANG MEMBACA
Derita Menjadi Ketua Kelas
Não FicçãoHey aku kembali. Iya, aku. Si ketua kelas yang super duper galak ini. Inget gak sama aku? Ketua kelas mu dulu. Sepertinya kalian bakalan Inget aku kalau dengar sebutan Ketua geng? Hihi, gak usah kaget kali...Toh, sebenarnya aku bosan melihat muka ka...