Jenguk Keluarga Arman

15 1 0
                                    

Pagi harinya, setelah di kabari oleh sang ibunda Dipta langsung terbang dari Yogyakarta menuju Surabaya. Tidak peduli dengan seluruh kegiatan perkuliahan yang sangat padat yang terpenting saat ini ia bisa melihat keadaan papanya.

Dipta membuka pintu ruangan papanya “ Assalamualaikum, papa gimana keadaannya ma?” tanya Dipta sembari menyalami tangan mamanya.

“ Waalaikumsalam, aaa Mas Dipta mama kangen sama Mas, alhamdulillah Mas papa sudah sadar, tapi papa masih tidur.” Jelas mamanya sambil memeluk Dipta.

“ Dipta juga kangen sama mama, mama pulang dulu gih biar Dipta yang jagain papa.” saran Dipta.

“ Mama iki ga tenang lek mama tinggal pulang, mending mama nde sini ae.” (mama ini ga tenang kalo mama tinggal pulang, mending mama disini saja)

“ Mama udah makan?” tanya Dipta.

Diana menggelengkan kepalanya “ Yaudah Dipta beli dulu ya ma”

Dipta datang dengan dua kotak nasi “ ini ma makan dulu”

“ Papa mau ngomong sama kamu Mas” ujar Diana.

“ Oh Papa udah bangun ma?” tanya Dipta dibalas anggukan oleh Diana.

Dipta menemui papanya “ Papa gimana keadaannya udah enakan?”

“ Alhamdulillah Mas, papa masih dikasih kesempatan buat ngelanjutin hidup. Mas tadi sampe surabaya jam berapa?”

“ Sampe surabaya subuh pa, terus pulang dulu ambil baju mama sama papa.”

“ Papa kangen sama Mas, Mas udah lama ga pernah pulang. Terakhir pulang liburan semester kemarin.”

“ Maafin Dipta ya pa, Dipta juga kangen sama papa.” ucap Dipta kemudian memeluk papanya.

“ Mas sekarang papa sudah tua, waktunya ga lama lagi. Sebelum papa meninggal papa ingin liat anak satu – satunya papa menikah.” Deg tiada angin tiada hujan Arman tiba – tiba bicara seperti itu.

“ Pa jangan ngomong gitu aah, dipta masih semester 5 pa masih jauh kalo nikah.” ucap Dipta.

“  Tapi papa ingin liat kamu menikah.”

“ Dipta belum punya pacar pa, terus Dipta mau menikah sama siapa?”

“ Gampang nanti papa yang cariin.”

“ Dipta usahakan ya pa” ujar dipta menenangkan.

Sofia dan Nara datang untuk menjenguk Arman dan juga bertemu dengan Meidiana yang tak lain adalah sahabat karib Sofia semasa kuliah.

“ Assalamualaikum “ ucap salam Sofia dan Nara.

“ waalaikumussalam, eh ya allah Sofia sama Nara toh masuk – masuk.”

“ Mas Arman gimana keadaannya udah enakan?” tanya Sofia pada Arman.

“ Alhamdulillah, saya masih dikasih kesempatan buat ngelanjutin hidup.” Lagi – lagi Arman menjawab dengan jawaban yang sama ketika ditanya oleh Dipta.

“ Loh ada Mas Dipta, gimana kabarnya Mas?” tanya Sofia pada Dipta.

“ Alhamdulillah sehat tante.” jawab dipta.

“ nara ini mas dipta kamu masih inget kan? ” tanya diana. Memang dulu sewaktu mereka kecil sering main bareng tapi pas waktu kelas 5 SD keluarga Dipta harus pindah ke Malang jadi mereka jarang ketemu bahkan hampir ga pernah ketemu. Kembali lagi ke surabaya pas dipta udah mulai kuliah itupun kuliahnya ngga di Surabaya.

“ Masih inget kok tante hehe.” jawab Nara malu – malu.

“ Dek, Mas Dipta ini keren loh bisa masuk di ptn favorit.” ujar Sofia.

“ Wah... Mas Dipta kuliah dimana?” tanya Nara pada Dipta.

“ Kuliah di ugm.” jawabnya singkat.

“ iii aku juga mau kuliah di situu.”

“ Di surabaya aja Dek, jangan jauh – jauh nanti gaada yang jagain kamu.” larang Sofia.

“ Gamau Nara maunya di ugm Ibu.” ucapnya bak anak kecil.

“ Biarin toh Sof, nanti biar dijagain sama Dipta. Iya ngga Mas?” ucap Diana.

Dipta kelabakan bingung mau jawab apa “ Hehe iya”

“ Kamu udah punya pacar belum mas?” tanya Diana pada anaknya.

“ Belum ma.” Dipta menyesal menjawab belum lantaran hal ini malah kesempatan kedua orang tuanya untuk menikahkan dirinya dengan Nara. Dipta gapapa tapi ia merasa belum siap menikah lagian juga dia masih kuliah. Semisal nikah sama Nara, Dipta mau kasih Nara makan apa?. Ish Dipta kamu lupa ya kalo uang papamu banyak hehe.

“ Nah mumpung Mas belum punya pacar tuh, nikahin aja sekalian Dipta sama Nara.” ucap Arman tiba – tiba.

“ Ide bagus” ucap keduanya Sofia dan Diana.

“ Biar jadi besanan kita haha” ucap Diana.

Tiba- tiba Malik datang ditengah pembicaran hangat mereka tentang pernikahan “ Assalamualaikum, waduh lagi ngomongin apa ini kok kayanya seru banget.” ucapnya.

“ Ini loh Lik, aku ada keinginan buat jodohin mereka” tunjuk Arman pada Nara dan Dipta.

“ Aku pengen liat Dipta nikah sebelum aku di panggil Tuhan, aku ingin menyaksikan anak semata wayangku menikah. “ ucap Arman seolah – olah umurnya tidak panjang.

Malik tersenyum “ Aku sih terserah, gimana Bu enaknya?” tanya Malik pada istrinya.

“ Katanya Nara mau kuliah di Yogyakarta, Mas Dipta kuliah disana juga yah di univeristas yang mau di daftarin sama Nara sekalian aja nikahin biar ada yang jagain nara.” jelas sofia.

“ Tuh itung – itung buat kalian tambah cucu, terus aku sama Mas Arman jadi punya cucu deh.” ucap Diana kegirangan. Mbak kinan atau kakaknya nara memang sudah menikah sejak tiga tahun yang lalu dari pernikahannya itu mbak kinan punya satu anak perempuan yang usianya sekarang dua tahunan.

Nara muak dengan obrolan ini, ia mengode ibunya dengan menyenggol – nyenggol lengannya “ Ibu ayo pulang!”

“ Kapan – kapan kita obrolin lagi ya, atau nanti kalo Mas Arman udah sembuh aku mau main – main ke rumahmu sof apa sekalian lamaran aja iya gasi?” ujar Diana.

“ langsung lamaran aja biar ngga pakai lama.” tukas Arman.

“ Siap – siap gimana baiknya s
aja, yaudah aku sama Nara pamit dulu ya. Semoga Mas Arman cepat sembuh ya.” ucap Sofia berpamitan.

Sofia dan nara bersalaman “ Ayah, Ibu sama Nara pulang dulu ya.” Pamit keduannya pada sang ayah karena malik harus lanjut kerja jadi ga ikut pulang ke rumah.

NARADIPTATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang