Tiga belas

18 1 0
                                    

Langit indah di malam hari yang di hiasi bintang-bintang dan indahnya bulan, seorang santriwati yang sedang duduk di aula asrama merenung sendirian,Dan ia teringat pada dirinya yang sudah di khitbah oleh anak teman kyai haji hasan sadzily ahmad,Ia tidak menyangka tapi nyata.

Satu bulan yang akan datang bukanlah waktu yang lama,sebentar lagi ia akan menjadi isteri dari anak pimpinan pondok pesantren di kota bandung.Seperti mimpi yang ia rasakan,tapi ia percaya dengan ketentuan Tuhan yang di berikan.Waktu yang tidak lama ia gunakan untuk melanjutkan pengabdiannya. Ia rasa pengabdian terhadap pondok pesantren akan berbeda dengan pengabdian setelah ia resmi menikah.

Ketika sedang merenung,tiba-tiba ada seseorang yang menghampirinya.

"Assalamu'alaikum teh" Ucap seorang santri

"Wa'alaikumsalam, kenapa zah? " Jawab nya

"Teteh lagi ngapain, malem-malem gini bengong sendirian nanti ada yang masuk ke badan teteh looh" Ucap santriwati

"Hahah,kamu ini zah ada-ada ajah terus kamu ngapain malem-malem keluar? " Tanya nya

"Hmmm sebenarnya aku gerah teh jadi pengen keluar, eh pas keluar ngeliat teh syafa di aula" Jawabnya

"Owuuuhh hmm, yaudah kita masuk yuuu udah malem waktunya tidur" Ajaknya pada santriwati

"Yaahh ko masuk si teeh,padahal kan kalo cerita enak gituh terus kenapa tadi teteh bengong mulu"

" Izzah , suatu saat kamu akan merasakan apa yang aku rasakan saat ini dan tidak lama lagi kamu akan mengetahui semuanya " Ucapnya lembut

"Yaudah dehh tehh yuuu kita masuk" Ajak Izzah

"Yaudah yuu"

Mereka berdua pun masuk ke dalam asrama.Setelah sampai di asrama, mereka pun lanjut untuk tidur. Sedangkan dengan santriwati yang sudah di khitbah itu ia tidak lupa mengambil air wudhu sebelum tidur, karena hal itu adalah yang di sunnah kan oleh nabi Muhammad SAW. Santriwati itu pun terlelap dalam tidur dan mimpi indahnya.

Adzan shubuh berkumandang,seluruh santri pun sudah terbangun sebelum adzan shubuh di kumandangkan, mereka melakukan shalat malam dan tadarrus qur'an.Setelah shalat berjama'ah shubuh ,para santri pun langsung pergi ke asrama nya masing-masing. Karena hari ini bertepatan pada hari Jum'at dan seluruh kegiatan pesantren pun di liburkan kecuali dengan shalat berjama'ah.

Para santri pun melakukan kerja bakti akbar atau biasa di sebut dengan istilah jumsih ( jum'at bersih ) termasuk rumah para asatidz.

" JOn" Panggil santri putra

" Ya, kenapa zam" Jawabnya

"Eit dah luuhh biasa ajah dong jawabnya" Ucap azzam

" Iyaa, kenapa azzam ada apa" Tanya jon dengan lembut

" Ente mau kemana? " Tanya nya

" Mau ke suatu tempat" Jawab nya

"Suatu tempat!!! Kemana tuh jon"

" Kepooo ente" Jawab jon tertawa

" Ett dahh, gitu banget lo jadi temen jon"

"Hahah, azam azam ane itu mau ke rumah abi hasan mau bersihin halaman rumah nya"

" Owuhhh yaudah, ayo ikut anee" Jawab azzam sambil menarik tangan jon

Mereka berdua pun pergi ke rumah kyai Hasan sadzily ahmad,dan langsung membersihkan halaman kediaman rumah gurunya.Tiba-tiba ada seorang santriwati yang membawa nampan berisikan dua buah gelas orange jus.

"Azzam,jon" Panggilnya

"Iya teh" Jawabnya

"ini minum dulu" Tawarnya

Kisah cinta sang pengabdiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang