Aisyah duduk di kursi roda sambil memandang kearah jendela yang menampilkan keadaan di luar.
“ Dek “ panggil Azmi.
Aisyah menoleh.
“ Ngapain ngelamun?” tanya Azmi yang kini ikut memandang keluar jendela.
“ Nggak Mas, aku bosen aja pengen pulang” jawab Aisyah.
“ Mikirin pulang apa mikirin Dokter Zen?” goda Azmi.
Aisyah terdiam, tapi kelihatannya jawaban Aisyah lebih condong ke pertanyaan kedua.
“ Kamu masih mencintainya ?” tanya Azmi lagi.
Kali ini Aisyah menoleh dan Azmi tertawa.
“ Assukuutu tadullu ‘alaa he’eh, kalau nggak salah perempuan mesti begitu “ ujar Azmi.
Aisyah memutar kedua bola matanya lalu mencubit keras lengan Azmi.
“ Kebiasaan ngeledek “ kata Aisyah.
Wajah cantiknya menjadi putih kemerah– merahan seperti Aisyah Humaira, cantik sekali.
“ Menurutmu aku nggak tahu hemm?” kata Azmi.
Aisyah menghela nafas perlahan.
“ Umik udah cerita kemarin” kata Aisyah kemudian.
“ Ya wes ndang bareng aja nikahnya, walimahnya sekalian biar Abi sama Umik nggak repot “ ujar Azmi.
Azmi minggu depan akan menikah dengan Ning Khilya putri Kyai Kediri. Aisyah hanya tersenyum mendengar apa yang dikatakan oleh kakaknya.
“ Mas duluan aja, aku mah pikir keri “ canda Aisyah.
Azmi terkekeh.
“ Mencintai itu butuh proses Mas “ kata Aisyah lagi.
“ Lah bukannya kamu sudah dari dulu proses mencintai Zainurrizal Syaukani dalam diam?, dalam diam tapi pada akhirnya ketahuan” ledek Azmi.
Kedua mata Aisyah melebar.
“ Maaf aku sudah membaca diary yang tergeletak cuma–cuma di meja ruang tamu waktu itu. Untung aja yang buka aku, kalau tamunya Abi gimana coba? Aishhh sampai hafal aku semua isinya ” lanjut Azmi.
Delapan pukulan dan empat cubitan mendarat mulus di punggung dan lengan Azmi.
Azmi meringis kesakitan namun tawanya tak berhenti juga.
“ Makanya jangan kepo, kepo sama urusan orang itu dosa “ kata Aisyah.
“ Bikin orang penasaran juga dosa “ timpal Azmi.
Aisyah menggeleng.
“ Ya wes cepat sembuh, minggu depan keluarga besar semua ke Kediri “ ujar Azmi.
“ Iya ini udah sembuh “
“ Yakin?”
Aisyah mengangguk.
“ Yakin udah sembuh semua? Kangennya juga udah sembuh kah?” goda Azmi.
Aisyah menghela nafas perlahan, kali ini ia benar – benar murka. Entah berapa cubitan dan pukulan yang akan Azmi terima lagi nanti.***
Zain duduk di teras ndalem, ia baru saja dari masjid sholat berjama’ah dengan santri putra.
Farid pun mnyusul di sampingnya.
“ Tumben nggak ke rumah sakit Gus?” tanya Farid.
Zain menatap kearah Farid.
“ Capek Rid” jawab Zain.
“ Mbolos ceritanya” ledek Farid.
Zain tertawa. Sejujurnya ia memang sengaja tidak ke rumah sakit hari ini karena belum siap untuk bertemu dengan Aisyah lagi.
“ Hidup dibuat santai aja “ kata Zain.
Farid tertawa.
“ Kelihatan sumringah gitu habis ketemu siapa? Nabi Khidir?” ledek Farid.
“ Aamiin Alhamdulillah aku diangkat jadi wali" kata Zain sambil mengadahkan tangan.
“ Wali- walidayya “ celetuk Farid.
Keduanya pun tertawa bersama.
“ Rid “
“ Dalem “
“ Aku lagi bimbang “
“ Bimbang soal wanita, ya istikhoroh lah Gus “
Zain terdiam ia bingung harus mulai dari mana untuk bercerita dengan Farid.
Intinya didalam fikirannya bukan lagi hanya tentang Aisyah, fikirannya telah terbagi antara Aisyah dan seseorang yang baru.
“ Jodoh itu rahasia Allah, Allah mempertemukan kita pada orang yang salah pada awalnya, kemudian mempertemukan kita pada orang yang benar pada akhirnya. Jangan buat Allah marah Gus, wanita yang selalu kau cintai sudah menjadi milik orang lain “ kata Farid sambil menatap Zain dalam.
Zain menghela nafas perlahan karena hatinya terasa sesak.
“Aisyah belum menikah Rid “ kata Zain bergetar.
Kedua mata Farid melebar.
“ Dia kembali dan aku sudah bertemu dengannya “ tambah Zain.
Memang benar Zain sudah bertemu dengan masa lalu yang pernah mengisi hatinya bahkan Zain mendonorkan darahnya untuk menyelamatkan gadis itu.
“ Aku tahu perasaan sampeyan Gus “ kata Farid pelan.
“ Yang membuatku bingung adalah kenapa dulu saat hatiku masih tertutup untuk orang lain dia menghilang, dan kini saat aku sudah membuka hati dan aku sudah merasa nyaman dengan orang baru dia kembali muncul dihadapanku. Jujur hatiku terluka, bagaimana tidak perjuanganku mengendalikan perasaan dan menyembuhkan luka di hatiku selama ini sangat berat. Dan dia datang begitu saja seolah memberi harapan lagi untuk aku kembali kearahnya“ ujar Zain.
" Gus, dia yang menurutmu baik belum tentu terbaik untukmu, Allah tahu mana yang terbaik untuk hambanya. Ikuti kata hatimu karena jika kau dekat dengan Allah, Allah akan selalu dihatimu.Penting yakin Gus “ kata Farid sambil menepuk bahu Zain.
Zain termenung cukup lama. Meskipun Aisyah kembali bukan rasa ingin memiliki yang dirasakan Zain, tapi rasa ingin melepas sosok itu.
“ Aku sebagai sahabatmu yakin jika apapun keputusan sampeyan itu yang terbaik “ kata Farid sambil tersenyum.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dear Gus [ ON GOING ]
Teen FictionDesita Alicia Yuriza gadis cantik asli Jawa Tengah yang masih berdarah blasteran negeri Paman Sam dari ibunya, selain cantik ia adalah mahasiswi berprestasi di kampusnya. Mulai dari tukang parkir sampai kepala Universitas memujanya seperti selebriti...