penjelasan

2.7K 199 10
                                    

Canggung. Daru pengen banget nangis rasanya. Hari ini gagal total. Ancur semua. Dari bangun tidur sampe sekarang duduk ditemani keringat yg bercucur. Sekarang mereka a.k.a bapaknya Yaksa, Yaksa, sama satu tambahan. Yusra. Pas tadi urusan rapot udah selesai, Daru disuruh ikut buat klarifikasi. Daru mah pasrah aja, kan udah dibilang , kalo Daru itu udah nyerah. Walopun sekarang Daru diminta kerja paksa juga kayaknya gk marah. Tapi pas si bapak sama anak udah masuk mobil. Daru kaya ada yg janggal. Dia baru sadar kalo ada adek manis yg tertinggal. Jadi Daru ngasih usul buat jemput adeknya yaksa itu sekalian.

Balik lagi ke sekarang. Mereka, ditambah Daru duduk di salah satu kafe deket sekolahannya Yaksa. Mentang mentang mejanya bundar, suasananya juga ikut kaya lagi konferensi meja bundar. Serius banget.

Daru kaya lagi disantet. Rasanya kaya ditusuk sana sini. Padahal cuma diliatin doang. Tapi tajem nya ngungkulin pedang. Daru ada niatan buat minta maap duluan. Karna emang Daru yg salah.

"Maap om. Saya ngaku ngaku jadi bapaknya Yaksa" Daru nunduk. Dia ngeremes cangkir kopi yg dipegangnya hasil dari di beliin sama bapak real-nya Yaksa. Tuh kan tambah gk enak. Tapi sekarang Daru beneran takut. Soalnya aura bapaknya Yaksa tuh gk main main. Hot banget. Daru tau bukan saatnya dia horny. Dia cuma mikir, bukannya biasanya modelan kaya gini tuh sukanya kasar kasar. Kaya nyambuk, ato netesin lilin panas ke luka sayat. Daru takut kalo sekarang dia bakalan beneran mati, padahal tadi udah siap penggal kepala sampe mati. Kalo dipenggal kan cuma ditutupin terus tau tau mati. Tapi kalo sama hot daddy begini kan disiksa, hidupin, siksa lagi, hidupin lagi, disiksa lagi terus mati. Harus ngelewatin proses yg lama. Ribet.

"Tadi saya udah terlanjur om. Saya juga gk mau tanggung malu"

"Yaksa, boleh jelasin? " Pandangan daddy Yardan sekarang beralih ke anak sulungnya yg sama sama nunduk.

Pas denger namanya kepanggil. Yaksa kaget dan agak gugup, dia ngangguk sebagai jawaban iya.

"I'm sorry dad. Yaksa lupa ngasih tau. Jadi hari ini ngga ada yg dateng, anak anak kelas Yaksa, jail ke Yaksa. Jadi Yaksa minta tolong ke dia"

"Lupa? Bukannya kamu udah daddy kasih HP. Kamu bisa kan telfon daddy? "

"..... Tapi daddy biasanya sibuk"

Daddy Yardan ngusap kasar mukanya pake satu telapak tangan.

"Yaksa! Tapi ga bisa juga ngerepotin orang lain kaya gini. Daddy bisa minta asisten daddy yg ambil"

"Yaksa ngga mau orang asing yg ambil-"

"Yaksa! " Kali ini nada bicara daddy Yardan mulai naik. Dari tadi Daru yg cuma nonton juga kesel sendiri. Daru tau kalo Yaksa itu lagi boong masalah lupa. Tapi apa sampe harus dimarahin gini. Gk coba dengerin alesannya dulu gitu.

"Woy!! " Daru angkat bicara. Yang tadinya cuma duduk sekarang Daru berdiri dan agak nggebrak meja. Dia nompangin kedua tangannya ke meja. Daru agak nunduk. Bukan takut, tapi kaya hosh hosh nahan marah gitu. Buktinya pundaknya naik turun

"Maap ya om! Saya tau Yaksa salah. Tapi bisa gk dengerin omongan Yaksa dulu. Jangan asal potong gitu" Daru natep tajem ke daddy Yardan. Dan sekarang gantian. Dia natep Yaksa

"Dan kamu! Yaksa! Jangan berani beraninya kamu boongin orang tua. Kualat nanti,baru tau rasa . "

"Kalian sebagai bapak sama anak apa gk bisa diomongin baik baik sambil ngeteh siliwangi kaya yg di TV TV?percakapan hert tu hert gitu. Nanti! Misalkan salah satu dari kalian gk ada, tinggal butuh! itu masalahnya" Omongan Daru kali ini dihiasi gerakan tangan guru yg lagi ngajarin muridnya

"Maaf" Bapak sama anak yg ada didepan Daru ini ngucapin kata maaf bareng bareng. Seketika rasanya jadi ciut gk tau kenapa.

Yusra mah diem aja, anteng anaknya. Walau sebenernya dia gk tau ada apa.

Udah selesai ceramahnya. Sekarang Daru udah sadar lagi. Dia ambil posisi duduk sambil gugup. Dia tadi marah tanpa sadar.

"Ehem... Udah siang. Saya sama anak anak mau pulang. Permisi. " Daddy Yardan berdiri buat gendong Yusra dan gandeng Yaksa.

Daru ngerasa ada kesempatan yg bakal dia sia sia. Daru langsung manggil mereka yg udah sampe pintu.

"Om! Bisa numpang bentar? Hehe"

Cengengesan Daru cuma di bales kerutan alis sama daddy Yardan. Seolah bilang-

"Tidak tau diri sekali"

Tapi akhirnya juga boleh boleh aja. Tapi posisi duduknya, daddy Yardan sama Yaksa di depan. Daru sama Yusra dibelakang. Suasana di mobil sepi, mana pewanginya melati. Kan jadi kaya review alam kubur gini.

"Dimana rumahmu? "

"Bukan kerumah tapi kampus . Kampus XX om"

Udah gitu doang, gk ada kelanjutan. Dari tadi Daru sama Yusra juga diem diem aja. Tapi Daru gk tahan. Yusra terlalu gemes pengen dimakan.

"Yusra! Yusra pengen tau gk nama kaka ini siapa? " Daru nunjuk dirinya sendiri antusias. Yusra ngeliatin bentar terus geleng geleng. Dan itu bikin bunga yg ada di diri Daru layu seketika.bunganya emang layu, tapi semangat Daru masih baru. Daru ngambil tubuh kecil Yusra  buat ke pangkuannya.

"Yusraaaaa.beneran gk mau tau? " Daru meluk Yusra, sesekali cium pipi

"Siapa? " Yusra akhirnya ngomong juga. Yusra itu anak tk, jadi ngomongnya udah ceta'.pinter keturunan daddynya.

"Hehe.nama kaka. d-a da r-u ru Daaru" Daru senyum lebar banget yg bikin mata nya ilang entah kemana. Tapi tawanya udah keganti sama kaget, pasalnya mobilnya udah berhenti.

"Sampai"daddy Yardan sekarang ngerasa bener bener kaya supir. Tapi kalo dipikir pikir, buat balas budi aja biar semua ini berakhir.

"Oh makasih om! Dadah Yaksa dadah Yusra" Daru buru buru keluar mobil terus nutup pintu lagi . Dia langsung lari masuk gerbang, soalnya keliatan, para kating yg megang tongkat rotan yg biasanya buat mukul anak berandalan.

Nakutin cuy.


























DUDA YARDAN (BL/BXB) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang