Jogja, 09.57 am.
Sang Antari berhembus lembut bersama hangatnya matahari, suara sendok beradu dengan gelas berisi teh hangat yang baru saja kenyu seduh dengan sepenuh hati.
Tiba-tiba kenyu terpikirkan dengan masa-masa awal menikah dengan istrinya.
"Jadi begini pak, kedatangan saya kesini Ajeng ngelamar lare ne panjenengan, (Fullname)." Ucap kenyu mantap.
(Mau melamar anak anda, (fullname))."Kalau itu saya pasrahkan pada anakku, cah bagus, cuma (name) yang bisa jawab. Jadi gimana nduk mau terima lamarannya ga?." Tanya bapak kepada putrinya.
(Cah bagus atau bocah bagus adalah pujian yang artinya anak baik atau anak ganteng sedangkan nduk atau genduk adalah sebutan untuk anak perempuan)."Coba kenalan dulu, kamu kan belum kenal sama calon mu." Ujar ibu yang mendampingi (name).
"Tepangaken nami kula Keenan Abimanyu, Kula punya nama kecil Aditya Yudistira Ayus. Undang mawon ndamel asma kenyu kemawon, Dalem kula wonten ing desa **** , kabupaten jojga, salam kenal nggih." Kata kenyu memperkenalkan dirinya.
(perkenalkan nama saya Keenan Abimanyu, saya punya nama kecil Aditya Yudistira Ayus. Panggil saja kenyu, saya tinggal di desa ****, kabupaten Jogja, salam ya)."Nggih mas, salam kenal nami Kula (fullname)." Balas (Name).
(Iya mas, salam kenal nama saya (fullname))."Kalau soal lamaran, Kula manut bapak ibu mawon mas." Lanjut (name).
(Saya ikut perkataan / keputusan bapak ibu mas)."Berati ini diterima ya nduk lamarannya kenyu." Bapak memastikan.
"Nggih, pak." Sahut (name).
(Iya, pak)."Nak kenyu, Niki lare ku purun mangke pembahasan tanggal kalih acara pernikahan e ten griya ne sinten nggih?." Tanya bapak.
(Nak kenyu, ini anak ku setuju nanti pembahasan tanggal dan acara pernikahannya di tempat nya siapa ya?)."Ten griya ne panjenengan mawon mboten punapa, mangke bapak kalih ibu Kulo nyusul ten griya ne panjenengan." Jawabnya.
(Di tempat nya anda [bapaknya name] saja tidak apa-apa, nanti bapak dan ibu saya nyusul ke tempatnya anda)."Niki Mas Ajeng mangke agem adat Jawi nggih mas?." Tanya (Name).
(Ini nanti mau pake adat Jawa kan mas?)."Nggih dek." Sahutnya.
Suara gamelan Jawa diiringi dengan tembang para sinden terdengar, iring-iringan pengantin dari kedua pihak saling bertemu. Acara temu manten adalah hal yang wajar untuk adat Jawa.
yang berarti temu pengantin dalam bahasa Jawa, di mana kedua pengantin yang telah resmi menikah akhirnya bertemu sebagai sepasang suami dan istri. Adapun rangkaian upacara ini berisi berbagai acara-acara yang akan memantapkan kedua mempelai dalam membina rumah tangganya.
Jantung pengantin wanita berdetak kencang dengan ritme yang tidak beraturan, Lantaran hal sekarang adalah moment sakral.
Kenyu pun tak jauh beda dengan (name), akhirnya setelah berjuang hampir 3 tahun menabung dan berkerja keras kenyu berhasil meminang wanita yang membuat nya jatuh cinta kala pertama bertemu.
Mereka tidak menjalin hubungan pasangan sebelumnya, Namun kenyu memilih langsung melamar (name) di depan orang tua si gadis kemudian meminta waktu untuk menabung demi pernikahan mereka berdua.
Acara begitu khitmat dan berlangsung lancar.
Tak terasa kejadian tersebut sudah terlewat 1 tahun lebih..
"Ummm.." suara lenguhan wanita disertai pelukan dari belakang di terima oleh kenyu.
"Lho dek, udah bangun?." Suara kenyu khas logat Jawa kental nya bertanya.
"Nggih mas, adek abis mual-mual tadi.." sahut (name).
"Aneh ya, udah hampir seminggu lebih kaya gini, kamu juga udah 3 hari ini sakit panas." Balas kenyu berbalik ke arah istrinya dan mengelus dahi milik (name) yang terasa panas.
"Mas." Panggil (name).
"Dalem, garwa ku?." Sahut kenyu.
(Garwa adalah panggilan yang Memiliki arti istri atau suam)."Adek pengen alpukat.." ujar (name).
"Eh..." heran kenyu.AYOK VOTE!! AK SUDAH LELAH DENGAN WP dan cape transit sana-sini, jujur saja bahasa Jawa Krama Inggil ku kurang bagus 💀🙏.
-PROXIMA2
KAMU SEDANG MEMBACA
𝐘𝐔𝐃𝐇𝐈𝐒𝐓𝐈𝐑𝐀 || Yukimiya Kenyu
Fanfic(🌷) - 𝑌𝑢𝑘𝑖𝑚𝑖𝑦𝑎 𝑘𝑒𝑛𝑦𝑢 𝑎𝑠 𝑦𝑜𝑢𝑟 ℎ𝑢𝑠𝑏𝑎𝑛𝑑 (𝑃𝑎𝑛𝑑𝑎𝑤𝑎 𝑝𝑟𝑜𝑗𝑒𝑐𝑡𝑠 𝑐𝑜𝑙𝑙𝑎𝑏) Lokal au! 𝗬𝘂𝗱𝗵𝗶𝘀𝘁𝗶𝗿𝗮 dalam bahasa Sanskerta berasal dari dua kata, yaitu yuddha(युद्ध) dan sthira (स्थिर) yang memiliki arti sese...