WARNING !!
Banyak typo bertebaran, mohon pengertiannya, jangan lupa komen, follow dan vote cerita ini ya..
Terimakasih 🙏
.
Cast:
Nona dan Laras
-
HAPPY READING 🤗
.2 orang dengan beda daerah disatukan karena sebuah tugas kelompok dari sekolah.
Kita sebut saja Laras dan Nona, mereka jarang mengobrol dikelas karena perbedaan daerah diantara mereka membuat mereka bingung bagaimana harus berkomunikasi meskipun sebenarnya ada bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.
"Ai aku teh kudu ngerjain apa sih ?"tanya Laras pada Nona.
Nona yang mendengar bahasa aneh dari Laras hanya menangkap dan mengerti kata aku dan ngerjain,
'dia nanya dia harus ngerjain apa kali ya, tugas dia apa, oke lahh,'"Ini,, lo kerjain yang ini, gue kerjain yang ini, yang bener ya, awas aja kalo salah"ujar Nona sambil menunjuk bagian yang harus dikerjakan Laras, dan yang akan dikerjakan olehnya.
"Jangan dikerjain atuh, karunya, dia kan teu punya salah apa apa"
Nona kembali berfikir mendengar perkataan Laras,
'anjirr.. ni anak ngomong apa sih, bahasa nya aneh banget'"Maksudnya ?"
"Ihh.. ai kamu, bet belet.. ini, kan ceuk kamu teh aku kerjain ini kamu kerjain itu, ya si dia na teh jangan dikerjain, karunya.. emm.. kasian gitu, kan dia gak salah apa apa"'okee.. yang ini kayaknya gue lebih faham,'
"Astaga Laras.. maksud gue tuh ini loh tugas nya dikerjain, bukan ngerjain orang, ah ilahh..."ujar Nona yang sepertinya mulai cape, padahal baru mau mulai."Ohh.. gitu, ya udah sini, mana bagian aku"
Dengan menahan kesal, Nona memberikan tugas bagian yang harus Laras kerjakan padanya.
'itu bisa ngomong bahasa Indonesia, kenapa gak dari tadi sih'Mereka berdua akhirnya fokus mengerjakan tugas dari guru mereka,
"Nona, kamu suka peuyeum enggak ?"Nona mengangkat wajahnya untuk menatap Laras yang bertanya pada nya,
"Peuyeum apaan ?"Laras terlihat sedikit berfikir, mungkin memikirkan bahasa Indonesia nya peuyeum ?
"Itulohh.. yang dari sampeu"
"Sampeu apaan lagi nih ?"
"Ihh.. ya alloh.. eta gening.. nu panyang bebentukan na teh"Nona semakin bingung dengan bahasa yang digunakan Laras
"Ishh.. lo bisa ngomong pake bahasa nasional gak sih, lo sekolah udah SMA, di Jakarta pula, tapi kenapa lo masih pake bahasa daerah, kan gue gak ngerti""Ck.. ya udah maaf.. " Laras kemudian tiba tiba terdiam dan memainkan ponselnya.
Nona seketika merasa bersalah, apa kata katanya tadi menyakiti perasaan Laras ya ?.
"Laras, gua-"
"Bahasa Indonesianya sampeu"ujar Laras pada ponselnyaNona cengo melihat apa yang dilakukan Laras.
"Lo ngapain ?""Nyari bahasa Indonesia nya sampeu, kamu kan ceunah gak ngerti tadi, nya ku aku ini lagi dicari bahasa Indonesia nya, biar kamu ngerti"
'astaghfirullohh... Ya Alloh.. kenapa saya satu kelompok dengan nya😫,'
"Oh ini nih.. sampeu teh singkong ceunah"
"Ohh.. oke, terus ?"
"Apa ?"
"Ya itu peuyeum, kamu kan bilang tadi nanya aku suka peuyeum enggak ?, aku gak tau peuyeum apa, kamu bilang dari sampeu, ya singkong, jadi peuyeum itu apa ?"Laras terlihat berfikir sebentar, kemudian kembali berbicara pada ponselnya.
"Pang bahasa Indonesia keun peuyeum"Nona mencoba menghiraukan Laras yang sedang mencari tau tentang peuyeum, lalu kembali mengerjakan tugasnya.
"Ohh.. ini nih.. peuyeum teh cenah mah Tape, tapi naha nya jadi tape, asa jajauhanan tina peuyeum jadi tape"
Nona menatap datar pada Laras yang berbicara dengan lancarnya menggunakan bahasa Sunda, dan hal itu tentu saja membuat Laras gelagapan,
"Ehh.. hehehh... Maaf maaf.."
Laras mengatakan apa yang barusan dia katakan pada ponselnya kemudian menunjukkan nya pada Nona."Peuyeum adalah Tape, tapi, kenapa dari peuyeum jadi tape ?"gumam Nona membaca rentetan kata yang ada di HP Laras.
"Lah iya lah, kan beda bahasa loh.. makanya jadi Tape, meskipun beda bahasa tapi mungkin yang kamu maksud itu memang tape singkong,"jelas Nona,
"Ohh.. iya juga ya"
"Ck.. udahlah.. kerjain dulu tuh tugas bagian lo, biar cepet selesai "ujar Nona sedikit jengkel pada Laras."Udah selesai kok "
"Hah ?!, yang bener lo ?"
"He em, nih.. coba liat, ada yang salah gak ?"Nona melihat tugas yang dikerjakan oleh Laras dan tertegun melihatnya,
'cepet banget nih anak ngerjain nya'pikir Nona yang sedikit terkejut, bahkan karena terkejut dengan kemampuan Laras yang bisa mengerjakan tugasnya dengan cepat, Nona bahkan tidak menyadari Laras yang berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan lancar."Lo.. gimana lo ngerjain nya ?"tanya Nona.
"Gampang loh ini mah, gini nih..."Laras kemudian menjelaskan dengan detail bagaimana dia mengerjakan nya sampai selesai."Waahhh... Hebaatt.. eh ?, tunggu dulu.. lo.. "Nona mengalihkan pandanganya pada Laras setelah menyadari bahwa Laras menjelaskan nya dengan bahasa Indonesia.
"Aku bisa kok ngomong bahasa Indonesia, hehehe...✌️"ujar Laras sambil menunjukkan tangan peace nya pada Nona
-
THE ANDAdakah pembaca disini yang merupakan orang Sunda ?, coba komen ya..😁
Sekilas info:
1. Ai aku teh kudu ngerjain apa sih ? = Apa yang harus aku kerjakan ?,2.Jangan dikerjain atuh, karunya, dia kan teu punya salah apa apa = jangan dikerjain, kasian, kan dia gak punya salah apa apa.
3.Ihh.. ai kamu, bet belet.. ini, kan ceuk kamu teh aku kerjain ini kamu kerjain itu, ya si dia na teh jangan dikerjain, karunya.. emm.. kasian gitu, kan dia gak salah apa apa = ihh.. dasar bodoh, kamu kan tadi bilang aku kerjain yang ini, kamu kerjain yang itu, ya dia nya jangan dikerjain, kasian, kan gak punya salah apa apa
4. Peuyeum = Tape
5. Sampeu = Singkong
6. eta gening.. nu panyang bebentukan na teh = itu lohh.. yang bentuknya panjang.
7. Cenah = katanya
Kurang lebih begitu lah apa yang dikatakan Laras diatas😁 kalo ada yang salah komen ya, saya juga sebenarnya kurang bisa ngomong bahasa Indonesia 😅🙏
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan ONE SHOT and TWO SHOT Noe dan Laras
RomanceDi buku kali ini, saya menuliskan beberapa cerita berkaitan dengan Noe dan Laras ONE SHOT and TWO SHOT dimana cerita nya akan berakhir hanya dalam satu atau dua Chapter. Komenan, kritikan, dan saran para pembaca sekalian akan sangat membantu saya da...