Pembukaan

70 4 0
                                    

Hai guys, semoga bermanfaat, jangan lupa vomen yaa
.
.
.
HAPPY READING 🔥

_________

بسم الله الرحمن الرحيم

Sebelum membahas secara langsung ke dalam pembahasan atau isi, alangkah baiknya kita bahas lafaz basmallah terlebih dahulu.

Tentunya bukan tanpa alasan,
•> Yang pertama :
اقتداء بالكتاب العزيز
"Mengikuti kitab yang agung."
Lebih tepatnya menyesuaikan dengan kitab Al-Qur'an, yang mana di setiap suratnya pasti di awali dengan lafadz basmallah. Pengecualian untuk surat At-taubah.

•> Yang ke-2 :
كل امر ذبال لايبداء فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو اقطع
di riwayat lain ada yang menyebutkan فهواجدم
ada juga yang menyebutkan فهوابتر

Semuanya betul, tidak ada yang salah, jadi alangkah baiknya kita satukan saja, seperti ini :
كل امر ذبال لايبداء فيه ببسم الله الرحمن الرحيم فهو اقطع اواجدم اوابتر
Mengapa di gabung?
Karena, pada hakikatnya di dalam kata itu memiliki makna yang sama, yaitu
"Setiap hal baik yang tidak di awali dengan membaca bismillahirrahmanirrahim, maka hal tersebut kurang mendapatkan keberkahan. "

Jadi alangkah baiknya jika kita juga membahas lafaz basmallah terlebih dahulu.

Dalam lafaz basmallah terdapat 5 hukum, yaitu :

1. Wajib
Sebagian besar ulama fiqh, terutama dari mazhab Syafi'i dan Hambali, menyatakan bahwa hukum membaca basmalah di awal surah Al-Fatihah ialah wajib, terutama ketika dalam sholat. Hal tersebut didasari alasan karena bacaan basmalah merupakan salah satu bagian dari ayat Al-Qur'an.

Sayyid Sabiq turut menerangkan dalam kitab Fiqih Sunnah Jilid 1 bahwa hukum membaca basmalah sama dengan hukum membaca surah Al-Fatihah dalam kaitannya dibaca dengan keras ataupun pelan.

Dalilnya bersandar pada hadits yang diriwayatkan oleh Nu'aim al-Mujammir, ia berkata, "Aku pernah mengerjakan sholat (menjadi makmum) di belakang Abu Hurairah. Ia membaca bismillahirrahmanirrahim kemudian membaca ummul Qur'an."

Kemudian di akhir haditsnya disebutkan, "Abu Hurairah berkata, 'Demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman kekuasaan-Nya, salatku paling sama dengan salat Rasulullah SAW dibandingkan salat kalian.'" (HR An-Nasa'i).

2. Sunnah
Hukum membaca basmalah di awal surah selain surah At-Taubah dihukumi sunnah oleh jumhur ulama. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa mengkhatamkan Al-Qur'an tidak sempurna jika seorang qari' tidak membaca basmalah pada setiap awal surah kecuali At-Taubah.

Imam Ahmad pernah ditanya tentang hukum membaca basmalah pada setiap awal surat dalam Al-Qur'an. Ia menjawab bahwa jangan sampai kita meninggalkannya. Karena itulah, membaca basmalah di awal surah selain At-Taubah begitu dianjurkan.

3. Mubah
Membaca basmalah dihukumi mubah (boleh) jika dibaca di tengah surah dalam Al-Qur'an. Jumhur ulama dan para qari' berpendapat bahwa tidak masalah memulai membaca Al-Qur'an di tengah surah dengan membaca basmalah.

4. Haram
Membaca basmalah pada permulaan Al-Qur'an surah At-Taubah hukumnya haram bagi sebagian ulama, sementara sebagian lainnya berpendapat makruh. Hal ini turut diterangkan dalam buku Tahsin Al-Quran Panduan Mengaji Al-Qur'an dengan Kaidah Tajwid oleh Siti Kodijah.

ISRA MI'RAJ (Dardir A'la Qishotil Mi'raj)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang