CATATAN SINGKAT

26 9 5
                                    

Sebelum aku melanjutkan ke bab berikutnya, aku ingin kalian membaca catatan singkatku ini. Semoga dengan kalian membaca pengalamanku ini bisa menjadi suatu kekuatan dalam hati, kalau kalian pun bisa bertahan dan mengatasi kesedihan yang selama ini kalian pendam.

•••

Pikiran itu sangatlah unik.
Pikiran pun bisa saja melenceng dengan cara-cara yang unik. Pikiranku melenceng dengan cara yang sedikit berbeda dari pikiran-pikiran orang lain yang melenceng. Pengalaman kita mungkin ada persamaannya dengan pengalaman orang lain, tapi tetap saja tidak dapat dikatakan sepenuhnya sama. Label yang dijadikan payung seperti "depresi" ( kecemasan, gangguan panik, dan gangguan obsesif-kompulsif) memang berguna, namun hanya sejauh kita bisa memahami bahwa tidak ada orang yang menjalani pengalaman yang persis sama menyangkut hal-hal itu.

Depresi tampak berbeda bagi setiap orang. Kepedihan batin yang dialami dengan cara yang berbeda-beda, dalam taraf berbeda, serta menghasilkan reaksi-reaksi yang berbeda pula. Mengingat hal itu, seandainya tulisanku ini bisa menggambarkan secara tepat pengalaman kita agar bisa benar benar bermanfaat, maka satu-satunya tulisan ataupun buku yang layak dibaca adalah tulisan kita sendiri.

Tidak ada cara yang benar maupun keliru dalam menjalani depresi, mengalami serangan panik atau merasa ingin mati. Hal-hal tersebut memang begitu adanya. Nestapa yang begitu mendalam, seperti halnya yoga. Yoga bukanlah satu olahraga yang menuntut kita untuk bersaing satu sama lain. Sama halnya depresi, seiring berjalannya waktu, aku mendapati bahwa aku merasa terhibur setelah membaca pengalaman orang lain yang bisa berhasil bertahan, dan mengatasi kesedihan yang mendalam. Aku seperti mendapat secercah harapan. Aku harap tulisanku ini pun bisa memberikan hal yang sama.

Perjalanan Untuk Tetap Hidup Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang