" Burung berkicau riang gembira menyambut indah nya pagi yang cerah,secerah suasana hati Fani saat ini,setelah sholat subuh Fani membersihkan kamar tidurnya,setelah itu Fani lanjut membantu ibunya masak sarapan pagi untuk mereka semua,kebiasaan yang slalu dilakukan Fani dari kecil sampai sekarang.
" Setelah semua anggota keluarga nya berkumpul di meja makan,mereka makan dengan lahap walaupun menu sederhana tapi mereka tetap bersyukur karena masih bisa makan setiap hari,walau bukan makanan mewah.
" Setelah sarapan,adik2 Fani pamit berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki,karena mereka tidak punya kendaraan.
" Ayah ibu kakak,Khairani sama adek brangkat sekolah dulu ya,Assalamu'alaikum ucap mereka sambil mencium tangan kedua orang tua nya dan kakak nya Fani.
" Iya nak,hati hati di jalan ya,ini bekal nya jangan lupa di ambil! Kata ibu nya
" Belajar yang rajin ya adik2 kakak pesan Fani pada adik2 nya itu.
" Iya kak jawab mereka kompak..
Mereka pun berangkat ke sekolah,kebetulan sekolah mereka tidak terlalu jauh dari rumah..
" Setelah kepergian adik nya,ayah dan ibu Fani pun brangkat ke ladang karena hari ini jadwal panen di ladang tuan Yudistira,
" Nak ibu sama ayah brangkat dulu ya,gak papa kan ibu gak bantu kamu beresin rumah?soal a hari ini panen di ladang tuan Yudistira,
" Iya gak papa kok buk,ibu brangkat aja,biar kerjaan rumah Fani yang kerjain semua nya,oa apa perlu Fani bawa bekal nanti siang buat ayah dan ibu? Tanya fania sama ibu nya," Gak usah nak,biasa nya tuan Yudistira nanti beli nasi kotak buat para pekerja nya,,
" Ya sudah kalo gitu buk,nanti Fani masak buat adik2 makan siang saja,nanti kalo sudah selesai pekerjaan rumah Fani bakalan nyusul ibu sama ayah ke ladang.
" Makasih ya nak,kalo gitu ibu sama ayah brangkat dulu ya,takut nya nanti kesiangan.." Iya hati hati ayah ibu
* * *
" Setelah ibu dan ayah nya berangkat ke ladang,fania membereskan meja makan dan mencuci semua piring kotor bekas makan mereka tadi,di lanjutkan menyapu lantai rumah sampai keteras,
Setelah itu Fani mencuci baju semua anggota keluarga nya.
" Jam sudah menunjukkan angka 10 : 05 wib,Fani lanjut masak makan siang untuk adik2 nya nanti,
20 menit akhir nya acara masak memasak pun selesai,Fani langsung menata semua masakan nya di meja makan,dan Fani pergi bersih2 dan setelah itu dia nyusul kedua orang tua nya ke ladang..
" Kebetulan ladang tuan Yudistira tidak terlalu jauh dengan rumah fani,jd tidak butuh waktu lama Fani sampai." Setelah sampai Fani langsung ketempat orang tua nya dan membantu panen.
" Nak apa adik kamu Andri sudah pulang? Tanya ibu Aisyah pada anak gadis nya itu
" Belum buk,tp di meja makan Fani sudah menyiapkan makanan untuk mereka berdua,,
" Yasudah nak,nanti juga mereka makan sendiri kalo sudah lapar,jwb ibunya..
" Fani pun lanjut membantu orang tua nya yg lagi panen,karena keasikan memanen bawang sambil bercanda gurau dengan para pekerja lain,Fani hampir saja lupa sudah janjian sama Winda akan ke air terjun,Fani pun pamit sama ayah ibu nya..
Ayah ibu Fani pulang duluan ya soal nya Fani sudah janjian sama Winda mau ke air terjun,gak papa kan Fani pulang duluan?
" Ya sudah nak,kamu pulang nya jangan terlalu sore ya! Pesan ibu nya
Iya ibu,semua nya Fani pamit pulang duluan ya..
" Kenapa cepat sekali neng Fani pulang nya? Bakalan sepi nih gak ada neng Fani,jawab seorg ibu.
" Iya buk Fani ada janji sama Winda..
Owalah ya sudah neng hati2 pulang nya,kata ibu itu..
" Iya buk Assalamu'alaikum semua nya
" Wa'alaikummussalam jawab mereka kompak..
Fani pun pulang kerumah,sesampai dirumah,di teras rumah sudah ada Winda sama Khairani.
" Woi fan dari mana aja sih loe?lumutan tau gak gue nungguin loe pulang,,
" Hehehe... Fani cengengesan sambil garuk garuk kepala nya yg tidak gatal,
Maaf win tadi gue ke ladang tuan yudi buat bantuin ayah ibu panen,
" Oalah gue kirain loe di telan buaya,secara kan sahabat gue satu ini kan syantik,celetuk Winda.
" Mana ada buaya di sini Winda,ada2 aja sih elo,
" Buaya darat maksud nya fan,kan banyak noh yg naksir sama elo,kayak si onoh,Winda cekikikan sendiri membayangkan dulu ada cowok yg slalu ngejar ngejar Fani,tapi Fani malah cuek bebek..
" Ya udah si kok jadi malah bahas kemana mana sih,jd gak nih kita ke air terjun?,tanya Fani..
" Ya jadi dong,nih liat gue udh Bawak baju ganti buat berenang ntar di sana.." Ya udh gue ambil baju ganti dulu kedalam..
" Iya Sono buruan,ntar keburu kesorean.." Setelah mengambil baju ganti Fani keluar kamar,langsung keteras di sana sudah ada Winda sama Khairani,
" Kak Khairani boleh ikut?
" Boleh dek ya udah yuk kita brangkat ntar keburu sore lagi..
" Mereka bertiga pun brangkat ke air terjun,tak lupa Winda juga bawa bekal dan beberapa cemilan untuk mereka makan nanti di sana.." Dua puluh menit berjalan akhirnya mereka sampai di air terjun.
" Wah sejuk nya,ternyata pemandangan air terjun di sini gak pernah berubah ya,masih sama kayak dulu,waktu kita sering kesini," Iya win,keasrian air terjun di sini masih terjaga,dan anak2 pun senang bermain di sini,sahut fania..
" Ya udah yuk kita turun,aku udah gak sabar berenang kayak mereka." Mereka ikut berenang sama anak2 disitu,Andri adik fania sedang asik y berenang sampai2 tidak sadar fania di situ..
" Andri.. panggil Khairani
" Andri pun menoleh ke belakang,disana sudah ada fania,Winda dan Khairani..
" Eh kakak,kapan sampai nya kak?
" Barusan dc,kamu sama siapa kesini,kenapa gak kasi tau kakak kalo kamu mau kesini?
" Andri sama teman teman tadi kesini kak,maaf kak Andri lupa.
" Ya sudah,besok jangan di ulangin lagi ya? Pesan fania sama Andri" Di saat lagi asik asik nya berenang,perut Andri berbunyi sehingga membuat tawa mereka pecah,,,
" Hehehe... Andri cengengesan
Maaf perut Andri gak bisa di ajak kompromi,kata Andri tersenyum malu.." Ya sudah kita udahan aja yu,kita duduk di atas batu itu sambil makan cemilan yg gue bawa tadi,kata Winda pada mereka semua..
" Ayo kak,Andri pun sudah kelaparan,karena terlalu lama main air nya..
" Mereka pun duduk di atas batu sambil makan kue dan cemilan lain yg di bawa Winda..
" Wah kak Winda,kue nya enak banget,Andri belum pernah makan kue seenak ini..
" Kalo enak kamu habisin aja gk papa kok,nanti kakak bisa belik lagi kalo kakak sudah pulang ke kota lagi,.
Khairani juga makan yg banyak,jangan malu²
" Baik lah kak kalo gitu Andri tidak akan malu lagi buat ngabisin semua nya,hehehe.." Dasar Andri si tukang makan,cibir Khairani..
" Ya biarin yang penting happy..
Andri membalas ucapan kakak nya itu.." Setelah acara makan selesai,mereka semua berganti pakaian biar gak masuk angin,setelah itu mereka pulang kerumah masing²
"Wah fan puas banget rasa nya main air hari ini,sayang banget besok harus kembali ke jakarta.kalo enggak pasti aku bakalan ngajak loe kesini lagi besok.
" Ya udah si nntik kalo cuti kita kan bisa kesini lagi,kata Fani
" Setelah menempuh perjalanan dua puluh menit tak terasa mereka sampai kerumah masing²,
Sesampai di rumah Fani dan adik² nya membersihkan diri bergantian,
Setelah itu Fani masak buat makan malam mereka.." Orang tua Fani sudah pulang dari tadi,mereka sedang istirahat karena kecapean seharian ini panen di ladang tuan yudi..
* * * *
" Waktu makan malam tiba,semua anggota keluarga Fani sudah duduk lesehan di tikar,
Mereka makan dengan lahap,lauk sederhana tapi sudah membuat mereka bahagia..* * * *
KAMU SEDANG MEMBACA
PEMBANTU BAR BAR MILIK TUAN ALASKAR
RomanceFania keisya gadis cantik berusia 20 tahun yang merantau ke kota,bekerja sebagai pembantu d rumah CEO arogan. Berharap akan sukses setelah bekerja di kota agar bisa membantu perekonomian keluarga nya, menyekolah kan adik adik nya. sampai sarjana...