Tadabbur Ayat Laut

368 8 0
                                    

Muhammad Abduh Tuasikal, MSc / 5 Apr 2014

Saat ini kami berada di tanah Pulau Tidore, salah satu daerah kepulauan di Maluku Utara. Ada hajatan yang membuat kami berada di sini. Sungguh suatu nikmat yang besar bisa merasakan pemandangan laut dan pegunungan yang ada di Maluku Utara. Begitu pula keadaan pantai yang masih asri dan laut yang alami. Berbeda yang kami rasakan di tanah Jawa di mana keadaan lautnya yang tidak lagi bersih. Di sini bagian dasar laut saja masih terlihat, saking bersihnya ...Subhanallah. Padahal saat itu, kami berada di tepi Pelabuhan Feri saat berangkat dari Ternate menuju Tidore. Yang namanya pelabuhan tentu saja penuh polusi, namun lautan di sini begitu berbeda. Masya Allah ...

Hal ini membuat penulis tertarik mentadabburi ayat-ayat yang menyebutkan tentang laut dan bahari.

Kapal dan Bahtera di Laut

Allah Ta'ala menjelaskan bagaimanakah keadaan laut yang di atasnya mengapung bahtera dan kapal. Semuanya ditundukkan oleh Allah Ta'ala.

Allah Ta'ala berfirman,

وَمِنْ آَيَاتِهِ الْجَوَارِ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلَامِ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal di tengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung." (QS. Asy Syura: 32).

Lihatlah bagaimana nampaknya kapal tersebut di lautan.

وَلَهُ الْجَوَارِ الْمُنْشَآَتُ فِي الْبَحْرِ كَالْأَعْلَامِ

"Dan kepunyaanNya-lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung." (QS. Ar Rahman: 24). Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya mengatakan bahwa bahtera tersebut nampak besar seperti gunung.

Apa yang Ibnu Katsir katakan ini benar seperti yang kita saksikan di lautan saat berlayar, subhanallah. Kita akan lihat berbagai kapal yang kecil dan besar seperti gunung yang berjalan di lautan.

Dalam ayat lain juga disebutkan bagaimanakah kapal itu ditundukkan oleh Allah Ta'ala,

وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْأَنْهَارَ

"Dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai." (QS. Ibrahim: 32).

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ سَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ وَالْفُلْكَ تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ

"Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya." (QS. Al Hajj: 65).

Manfaat Bahtera di Laut

Kapal yang berada di lautan membawa manfaat bagi manusia karena mereka dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain sebagaimana diterangkan dalam ayat,

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia." (QS. Al Baqarah: 164). Imam Ibnu Katsir rahimahullahmengatakan bahwa manfaat bahtera di lautan adalah dapat memindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Al-Quran : TafsirTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang