|CHAPTER EMPAT|BELAJAR

38 30 1
                                    

HALLO CINTA-CINTA
Tandai typo guys
🌷🌷🌷

"Duduk aja gue mau ganti baju dulu ke kamar" ucap Xavier kepada Kalea. Dengan cepat Kalea langsung mengangguk ngangguk kan kepala nya.

"Minum dulu non" ucap seorang perempuan paruh baya kepada Kalea

"Oh iya mbak makasih, ngga usah di panggil non mbak panggil Kalea atau neng aja"

"Oh iya neng bibi kebelakang dulu ya"

"Mbak Kalea boleh nanya ngga?" Tanya Kalea

"Mau nanya apa non, eh neng?" Jawab bi Siti sekaligus Bertanya

"Mama sama papa nya Xavier mana mbak?" Tanya Kalea

"Mama gua di kamar, kenapa?" Belum sempat bi siti menjawab tapi langsung di dahului oleh sang anak pemilik rumah ini.

"Owhh"ucap Kalea paham

"Mau belajar apa?" Tanya Xavier dengan nada datar

"Terserah kapir aja Kalea sebagai calon istri yang baik bakal nurut apa kata calon suami" ucap Kalea sambil tersenyum centil.

"Kimia? Lo kan bodoh soal kimia" tawar Xavier sekaligus menghina Kalea.

"Emmm boleh deh boleh asal sama calon suami Kalea nurut kok"

"Bab ikatan kimia kan?" Tanya Xavier yang langsung di angguki oleh kalea

Xavier menjelaskan bahwa Ikatan kimia merupakan gaya yang mengikat dua atom atau lebih untuk membuat senyawa atau molekul kimia. Ikatan itulah yang akan menjaga atom tetap bersama dalam suatu senyawa yang dihasilkan.

Dengan kata lain, ikatan kimia dari dua atau lebih unsur disebut senyawa. Kayak di contoh tadi ada senyawa dari garam dapur.

Namun, ikatan tersebut berbeda-beda, Ada ikatan kuat seperti yang terjadi pada ikatan logam, ikatan ion dan ikatan kovalen. Ada juga ikatan lemah yang terjadi pada interaksi dipol-dipol, gaya dispersi London, dan ikatan hidrogen.

Saat Xavier sedang menjelaskan Kalea malah tertidur pulas di samping nya, Xavier melihat jelas wajah lucu Kalea saat tidur, terlihat wajah gadis ini sangat lelah sepertinya.

' lucu juga ni kang buly pas tidur, gue tau sebenarnya lo orang baik kal, cepet berubah ya' batin Xavier

"Kalea bangun gue lagi ngejelasin lo malah tidur" ucap Xavier membangunkan Kalea

"Eh sorry ketiduran hehe, sok atuh di lanjut penjelasan nya"

"Oke gue lanjuttin awas aja lo tidur lagi",. "hehe iya nggak"

Nah jadi semakin kuat ikatan kimia yang terjadi, maka akan semakin stabil senyawa yang dihasilkannya. Sebaliknya, semakin lemah ikatan kimia yang terjadi, akan semakin tidak stabil senyawa yang dihasilkannya, dan dapat mengalami reaksi lain untuk membuatnya lebih stabil.

Dalam pembentukannya, ikatan tersebut dipengaruhi oleh elektron valensi. Apa itu elektron valensi? Yaitu elektron yang berada pada kulit terluar suatu atom.

"Paham nggak?" Sungguh pertanyaan di luar galaxi mana mungkin cewe sebodoh Kalea bisa memahami rumus kimia yang sesulit ini." Kalea langsung menggeleng geleng kan kepala nya.

"Tapi ngga mungkin ngga ada yang masuk otak lo"

"Emang ngga ada kapir ini tuh susah otak gue ngga mampu"sangkal Kalea.

"Lo itu mampu cuman males aja, gini aja deh gue punya tawaran yang mungkin bakal bikin lo pinter+senang" ucap Xavier yang ingin memberikan sebuah tawaran kepada Kalea.

"Afaantuh pir?" Kalea melontarkan pertanyaan

"Kalo lo bisa ngehafal semua rumus yang gue jelasin tadi, gue bakal ngajarin lo setiap hari nya, terus gue bakal ajak lo jalan nanti, gimana tawaran gue? Menarikk ngga?"

CAROLYNTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang