Mingyu melangkah masuk ke rumah keluarganya, disambut oleh aroma daging goreng dan makanan lain yang sudah tak asing lagi. Kakak-kakaknya sudah duduk di meja makan, tampak terlalu nyaman dan santai."Ini dia!" seru kakak tertuanya, Seojun, sambil menunjuk Mingyu dengan ekspresi dramatis, seolah-olah dia memergoki Mingyu menyelinap masuk.
"Wah, wah, akhirnya kau memutuskan untuk berkunjung." Kakaknya yang lain, Taeyung, menyeringai sambil menunjuk ke arah kursi kosong. "Duduklah, duduklah, anak yang hilang itu telah kembali."
Mingyu mengerang. "Aku hanya sibuk selama dua minggu. Tidak perlu sedramatis itu."
"Sibuk menjadi ayah untuk Bubu ya?" goda Seojun. "Atau kau sekarang memasukan dia ke dalam kartu keluarga? Jujur saja, aku tidak akan kaget."
"Lucu sekali." Mingyu menjatuhkan diri di meja, menyesali keputusannya untuk muncul tanpa rencana untuk menghindari interogasi mereka.
Ibunya muncul dari dapur sambil membawa mangkuk berisi nasi panas. "Aku tidak percaya kau akhirnya kembali setelah dua minggu," godanya dengan senyum main-main, sambil menaruh mangkuk-mangkuk itu di atas meja. "Kau jarang sekali menelfon, sibuk sekali ya merawat Bubu."
Mingyu tertawa bersama yang lain, meski dalam hati ia tahu apa ini: cara mereka mengawasinya tanpa terlalu banyak mengorek informasi. Keluarganya tidak membutuhkan kata-kata untuk saling memahami, tetapi mereka selalu menemukan cara untuk memastikan semua orang baik-baik saja.
Makan malamnya, seperti biasa, kacau-suara saling tumpang tindih, sumpit berdenting, dan Taeyoung mencoba mencuri makanan dari piring Seojun.
"Jadi," Taeyung mulai makan, "bagaimana pekerjaanmu? Bubu masih mencuri kaus kakimu?"
Mingyu mengangguk, menjawab dengan santai. "Pekerjaanku bagus. Bubu... ya, seperti Bubu yang biasanya, sangat aktif."
Ibunya tersenyum, tetapi matanya penasaran. "Tidak ada petualangan baru akhir-akhir ini? Tidak ada orang yang menarik?"
Mingyu terdiam sejenak, dan itu cukup bagi Taeyung untuk menerkam. "Ohhh, wajah apa itu? Itu wajah yang sedang berusaha untuk tidak tersipu."
"Aku tidak-" Mingyu memulai, tapi Seojun memotongnya.
"Ayo, ceritakan. Siapa dia? Jangan membuatku penasaran terlalu lama, okay?"
Mingyu mendengus, tahu tidak ada jalan keluar dari ini. Ia memainkan sumpitnya, wajahnya memanas di bawah tatapan mereka yang tak henti-hentinya.
"Ada seseorang... namanya Wonwoo."
Suasana meja menjadi hening sejenak sebelum Taeyoung menyeringai. "Wonwoo? Maksudnya... seseorang yang spesial?"
Mingyu mengerang. "Dia hanya... seorang teman."
"Seorang teman, ya?" kata Seojun sambil mengangkat sebelah alisnya. "Sepertinya kau sedang berusaha meyakinkan dirimu sendiri."
Mingyu menatapnya tajam, wajahnya semakin memerah. "ini tidak seperti itu!"
"Begitu," kata Taeyoung, jelas tidak percaya. "Jadi, seperti apa 'teman' milikmu itu?"
"Dia... pendiam. Banyak membaca. Agak sarkastik." Suara Mingyu menjadi lebih lembut tanpa dia sadari, seolah-olah mengucapkan kata-kata itu dengan keras membuatnya lebih nyata. "Tapi dia... baik. Dan Berbeda."
Taeyoung dan Seojun saling bertukar pandang. "Oh ya," kata Taeyoung. "Kau jelas sudah tidak tertolong."
Mingyu memutar matanya, tetapi dia tidak bisa menghentikan senyum kecil yang muncul di wajahnya.
Tatapan ibunya melembut saat dia melihat putra bungsunya berbicara tentang seseorang yang baru untuk pertama kalinya setelah sekian lama. Dia tidak mendesaknya lebih jauh-dia tidak perlu melakukannya. Namun, Seojun dan Taeyoung punya rencana lain.
"Jadi kapan kita akan bertemu dengan 'hanya temanmu' itu?" goda Seojun, mencondongkan tubuhnya seolah-olah dia sedang membocorkan rahasia negara.
"Tidak akan pernah, jika kalian berdua terus bersikap seperti ini." Mingyu memasukkan nasi ke dalam mulutnya agar tidak berkata lebih banyak, tetapi saudara-saudaranya tidak mau melepaskannya.
"Seperti apa dia dengan Bubu?" tanya Taeyoung sambil menyeringai seolah baru saja memecahkan misteri. "apakah mereka cocok? Apakah Bubu menyukainya?"
Senyum Mingyu melebar saat dia memikirkan bagaimana Bubu berlari langsung ke Wonwoo di taman. "Bubu menyukainya. Dan Wonwoo juga sangat menyukai anjing, terutama anjing Golden retriever, dia bilang mereka lucu."
"Ooh, wah wah," kata Seojun, sambil meletakkan tangannya di dada dengan dramatis. "Pertama Bubu, dan kau yakin anjing golden retriever lain yang dia maksud bukan dirimu... kan? Orang ini pasti ajaib."
Ayahnya, yang selama ini hanya diam, akhirnya angkat bicara sambil tersenyum hangat. "Kau tahu, Mingyu, tidak apa-apa berbagi sesuatu. Kau tidak harus melakukan semuanya sendiri."
Mingyu menunduk melihat mangkuknya, ejekan saudara-saudaranya sejenak terlupakan.
"Kamu tidak sendirian," ibunya menambahkan dengan lembut, sambil menyerahkan sepotong daging. "Kami di sini. Selalu."
Mingyu tersenyum lembut padanya, bersyukur atas pengertian diam-diam yang mereka bagi.
Pembicaraan mereka perlahan beralih kembali ke kekacauan yang biasa mereka lakukan-Seojun mencoba mencuri makanan lagi, Taeyoung bersikeras bahwa ia harus dibayar untuk kerja emosionalnya, dan Bubu menggonggong dari ruang tamu.
Menjelang akhir makan, Mingyu merasa sedikit lebih ringan. Seolah-olah hanya dengan menyebut nama Wonwoo dengan keras, beban kecil di dadanya terangkat.
"Lain kali," Taeyoung berkata sambil membersihkan meja, "kau harus membawa Wonwoo ke sini. Aku perlu melihat penyihir macam apa yang berhasil menjinakkanmu."
Mingyu memutar matanya. "Ya, tentu saja. Aku akan memastikan untuk memperingatkannya terlebih dahulu bahwa ada dua monster liar di rumah ini."
Saat malam mulai larut, Bubu berlari mengelilingi rumah, mengejar kaus kaki. Ibunya terkekeh, sambil menepuk bahu Mingyu pelan.
"Tidak apa-apa, Mingyu," katanya lembut. "Istirahatlah. Kakak-kakakmu akan merawat Bubu nanti."
Samar-samar terdengar suara-suara protes.
"Kenapa aku??"
"Ya, kenapa kami?!!"
Mingyu tertawa mengangguk kecil tanda terima kasih, dia naik ke lantai atas sambil memperhatikan Bubu saat anjing golden retriever itu berguling-guling di lantai karena kemenangan.
🍄 To Be Continued 🍄
Jejaknya ya kawan-kawan, soalnya aku mulai macet nulis ini, huhu.
Zethuori
KAMU SEDANG MEMBACA
Black Retriever (Minwon)
FanfictionPada suatu malam dengan gerimis di jantung kota, terjadi kecelakaan aneh yang mengubah kehidupan dua pria yang sangat berbeda. Salah satunya adalah Jeon Wonwoo, pria keras kepala dengan energi "kucing hitam yang malang" di wajahnya. Dia hidup pas-pa...