EMPAT
"Ndy bisa bantu bubu gk?" ucap seorang wanita yang selama ini sudah ku anggap seperti ibu ku sendiri.
"Bantu apa bu?" ucapku membuka pintu dan merapihkan kerudung panjang ku.
"Eish kamu lupa ya kan nanti malam gigat pulang" ucapnya lempeng.
"Apa?!" entah mengapa aku langsung berteriak di hadapan bubuku itu. "Astagfirullahaladiym, maaf bu" sambungku sambil mengelus dada.
"Kmu kenapa dy?"
"Eh? Eng.enggak dy gk papa"
"Hmm, yaudah sekarang kita kedapur, kitaa masak yang banyak" ucapnya penuh semangat.
"Ayo bu kita puas puasin masaknya, yuhuuu" balasku juga tak kalah semangatnya.
Kalian mau tau kenapa aku selalu memanggil tante nay dengan sebutan bubu?
Ya karna beliaunya yang ingin =D
Ntah kenapa aku juga gk tau, tapi pas di tanyamah sih katanya lebih baik panggil nya mamah kaya anak anak nya yang lain, tapi aku nya yang nolak karna serasa gk pantes aja gituhhh. Udah ah.
***
"Alhamdullillah beres juga" ucapku sambil menatap wajah bubu yang sudah terlihat lelah.
"Ish... Kalo gini caranya ibu rela masakin apa aja setiap hari,kaya gini, juga ra popo".
"Lah bukannya bubu masak tiap hari yah bareng ndy?" tanyaku dan beliau langsung mengangguk.
"Asal kamu tau aja ya dy, dulu ibu itu males banget kalo yang namanya kedapur itu, tapi pas ada kamu. Dapur sekarang jadi tempat paforit ibu" jawabnya yang langsung mengernyitkan sebelah alisku. Maksudnya?
"Loh? Ko bisa sih bu?" ucapku sambil merapihkan atau menata piring yang beradaa di atas meja makan.
"Iyah abis seru sih. Masak sama kamu itu nggak ngeboseni tau, banyak ketawanyaa lagi, tapi ya..." ucapnya sambil berjalan dan menuntunku untuk mengikutinya. "Dulu ya pas pertama ketemu kamu, setelah kamu sadar tentunya" lanjutnya dan tetap terpotong oleh gerak geriknya.
Ibu ternyata membawaku keruang keluarga dan duduk disanah.
"Pas pertama ketemu gimana bu?" ucapku penasaran setelah kami mendudukan pantat kami di sofa.
"Eh? Iya dulu pas kamu siuman tuh kamu tuh pendieum banget. Kamu tau ga?" tanya nya yang langsung ku menggelengkan kepalaku.
"Dulu bubu sempet gk suka loh sama kamu, saking kamu cueknya. Padahal si gigat udah berusaha banget buat kamu, perhatian banget. Itu juga pertama kalinya bubu lihat anak itu se perhatian gitu terhadap orang, biasanya dia acuh aja." dan aku langsung membulatkan mataku.
"Astagfirullah" uccapku langsung sambil mengusap dadaku " kenapa bu bisa berpikiran kaya gitu?. Dan maaf bu, soalnya waktu itu aku nggak pernah deket banget sama cowo jadi ke aku nya rada aneh" sambungku. Sambil terkekeh garing.
"Ya itu, karna sikap kamu. Kamu ngerasa gk sih. kalau kamu ketemu ama orang baru atau orang yang gk di kenal itu sikaf kamu itu selalu cuek dan dingin,dan soal itu bubu udah ngertii ko. Waktu itu bubu hanya memikirkan sikaf gigat aja yang tiba tiba berubah. Dan mau mempertanggung jawabkan atas kesalahan nya. Bubu juga seneng bisa kenal ama kamu. Walau kesan pertama kita itu saling tebak tebakan haha" ucapnya panjang kali lebar sama dengan luas yang di selingi oleh taawanya . Aku yang mendengarnya langsung tertawa, sudah pasti. Pikirku.
"Haha aku kira apa, aku ngerasaka ko bu, kalau sikaf dingin dan cuek aku ini salah. Malahan banyak temen temen yang sekarang udah deken ngomong kaya gitu secara langsung dan blak balakan di hadapan dy" ucapku langsung tersenyum, dan kurasakan kedua tanganku menghangat yang kurasa di gengem oleh tangan hangatnya bubu nay.