Author Masa Gitu? part 3

262 30 42
                                    

Jadi author itu dituntut kreatif. Setuju ga?

Kali ini gue nge-rant beneran.

"Author FF di Indonesia mostly ga kreatif."

Lalu gue jadi bahan bully. Hikseu.

Oke, just why?

Pertama, coba lihat judul-judul FF yang authornya orang Indonesia. Mainly, mereka akan bikin itu dari sesuatu yang biasnya lakukan, cover, atau lagu baru grup kesukaan mereka, ga peduli grupnya sama atau beda.

Contoh:
Run (lagunya babang batues)
Butterfly (sama ini juga lagunya abang batues)
Monster (ini lagunya kesembilanan esem)
Paper Hearts (coveran nya si juki)
Boy in Luv
Wolf
Be Mine

Daaan seterusnya.

Alhasil FF di Indonesia judulnya mirip-mirip dan terkesan sama. Plagiat? Belom tentu. Akhirnya ketika beberapa author ngumpul dan ngomongin FF:

A: gue suka banget FF nya si X
B: judulnya apa?
A: Butterfly
B: banyak keleus FF judulnga Butterfly, yang mana satu nih?
A: ituloh yang sedih banget FFnya
B: gua baca OTL juga sedih (gamparin, shameless self promotion)
A: iih, beneran ini ngikutin flow lagunya banget.

See?

Itu juga poin kedua: ide FF author Indonesia banyakan mirip, stereotipikal dan ga banyak berkembang.

Doyan baca FF NC Smut kan?

Bohong kalian klo ga pernah baca FF NC yang smut.

Coba teliti lagi. Berapa banyak FF NC yang smut, dan berapa banyak FF NC yang porn.

Kenapa gue bedain? NC Smut itu FF, masih ada storyline nya, dan smut alias adegan ranjang uh-ah-hage nya itu cuma jadi bumbu.

Beda sama FF NC Porn. Ini isinya cuma uh-ah-uh-ah doang. Kebanyakan cuma bikin latar, penokohan, terus masuk mobil goyang goyang. Authornya punya follower 4k lagi. Read FFnya tembus 10k cuma dalam berapa minggu doang.

Bro, sis, kak, dek, hyung, nuna, saeng, OTL Season 1 aja ga ada 13k itu dalam 1 tahun.

Mau tahu ini FF layak baca apa nggak? Liat kadar bintangnya sama jumlah chapternya. Kalo chapternya lumayan banyak dan kadar bintangnya 1:10 sama readernya, FF itu lumayan lah, ga jelek-jelek banget. (Maksudnya kadar bintang 1:10 itu kayak setiap 10 read ada 1 vote, jadi klo readnya 1k, ya harapannya votenya sekitar 100) Kecuali untuk FF anget baru netes ya, itu dilihat aja sih track recordnya.

Lihat statusnya FF NC, read bisa 10k. Votenya? Ga banyak yang tembus 1k. Author FF NC yang gue rekomendasi itu Lingkyu88. Biar kata smut, nuna satu itu kalo nulis storyline nya jelas. (Btw, gua ga tau dia masih main WP apa nggak)

Next point: Author sekarang banyakan ngalesan "Yang penting vote banyak, kak"

Hasilnya?

Hancur lebur isinya. Plot ngasal, penokohan ga jelas, struktur cerita amburadul. Jujur aja, FF berbahasa Inggris banyakan tidak mengecewakannya. FF berbahasa Indonesia malah banyakan mengecewakan. Kalo aku kritik ntar comment kalian turah turah saking banyaknya yang harus dikoreksi.

Aku ga tahu eksistensi writer circles sekarang gimana, karena aku dulu pernah ikut 3 dan salah satunya bubar, satunya lagi ga tau kabarnya, dan satunya diambang hancur.

Writer circles itu harusnya bisa menertibkan tata bahasa lah paling nggak. Majas ga usah deh, terlalu sulit, gaya bahasa ceritanya juga kan setiap penulis beda-beda. Plot memang bebas ditentukan author, tapi tolong direncanakan. Jangan asal nulis biar eksis. Kalo mau eksis, ngikutin Awkarin aja, atau Yonglek.

Begitulah sekiranya kekesalan yang aku tumpahkan di sini. Lebih banyak kurangnya ... minta maaf ga ya?

Stay cool, stay creative

22 Desember 2016
-pascaliskim

Dream, Hope, StruggleTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang