Halu Lo!

67 14 3
                                    

Gua pikir ngatain halu itu udah surut, ga taunya makin ngawur -_-

Okay, ini JUST FYI, kalo lo mau terima silakan, kalo ngga, yaudah terserah sih.

Apa itu halu/halusinasi?

Halusinasi itu kalo menurut KBBI:
pengalaman indra tanpa adanya perangsang pada alat indra yang bersangkutan, misalnya mendengar suara tanpa ada sumber suara tersebut.

Karena lo tau dong gua anak kedokteran dan gua juga lagi riweuh koas, dan kebetulan juga gua baru aja kelar stase psikiatri, gua kasi tau nih, ada standar diagnosis gangguan jiwa yang masih dipake sampe sekarang di Indonesia, namanya PPDGJ-III (Pedoman Penggolongan Diagnosis Gangguan Jiwa edisi III). Nah di PPDGJ ini emang definisi dari halusinasi ga jauh beda dari KBBI. Cuma diperdetail bahwa ada macem-macem halusinasi

1. Halusinasi Visual
Namanya juga halu terus visual, gampang dong nebaknya?
Kalo kamu langsung terpikirkan: "melihat sesuatu yg sebenernya ga ada", selamat kamu benar!
Contohnya? Ngaku2 bisa liat hantu.

Simpel? Nope, karena beneran ada orang yg bisa lihat hantu. Well, percaya ga percaya sih. Kalo dia orang biasa, terus ngaku2 bisa liat hantu, coba lo tanya sama orang di sekitarnya, mereka liat hal yg sama nggak? Kalo nggak, kan berarti doi ngaku2 doang coy, alias HALU, bhay~

2. Halusinasi Gustatorik
Halu dan gustatorik. Well, buat kalian yg belom tau atau belom pernah denger, gustatorik itu sebuah istilah yang berkaitan dengan indra pengecap alias lidah. Jadi misal nih, ada temen kalian yang kayak ngemut-ngemut sesuatu padahal sih sebenernya ga ada yang diemut (pensil atau bolpen pun nggak!) terus dia ngaku manis kayak permen. Hati-hati cuy, siapa tau dia ngidam! Wkwk

Ga deng, bercanda.

Ada kondisi medis psikiatri yang beneran pasien itu bilang dia lagi makan ayam goreng, padahal dia ga lagi makan apa-apa. Hmm, aneh? Lumayan, mungkin dia kebanyakan nonton upinipin.

3. Halusinasi Auditorik
NAH! Ini yang paling serem. Sumpah, serem. Kalo kalian ga percaya, kalian boleh search di youtube dengan keyword: auditory hallucination simulator. Dengerin tengah malem, pake headset, volume mentok. Dijamin ga tidur :)

Sesuai namanya, halu dan auditori yang berarti pendengaran, artinya ada suara tapi ga ada orangnya atau ga ada sumbernya.

Contoh nih, ada temen lo yang ngaku-ngaku dipanggil-panggil sama Jimin buat dijadiin istrinya. Coy, Jimin dimana, lo dimana. Udah pasti ga mungkin kan? Kalo emang dia kayak gitu selama 3 bulan dan yakin banget sama suara itu, buru di bawa ke IGD RSJ terdekat ya, demi kebaikannya dia juga :)

(Dan sebenernya, masih ada banyak bentuk halusinasi lainnya, tapi cukup 3 aja ya, karena ini yang paling sering dan kalo banyak-banyak juga nanti kalian bingung pula)

Okay sekarang kalian nangkep dong apa itu halusinasi?

Terus kenapa sih gua ngangkat hal ini?

Sabar, gua akan jelaskan itu tapi di bawah.

Sekarang gua mau jelasin istilah yang salah kaprah juga, temennya halu: delu/delusi/waham

Apa itu delu/delusi/waham?

Delusi menurut KBBI: pikiran atau pandangan yang tidak berdasar (tidak rasional), biasanya berwujud sifat kemegahan diri atau perasaan dikejar-kejar.

Menurut PPDGJ? Well, kembali lagi, sama sebenernya tapi lebih diklasifikasikan lagi. Cuma pembagiannya sebenernya ga penting-penting banget.

Di PPDGJ ada 5 ciri waham yang perlu diperhatikan:

1. Tidak logis
"Gua kalo buka pintu kamar mandi gua, bisa langsung masuk kamar mandi EXO, lumayanlah tiap hari liatin roti sobek"

2. Bersifat egosentris (berpusat pada diri sendiri)
"Gua itu istri sahnya Taehyung, titik! Kalo ada orang lain yang deketin dia, berarti Taehyung selingkuh dari gua, awas aja nanti tidur di luar! Kenapa? Heran? Jelaslah, gua kan serumah sama Taehyung dan punya 2 anak."

3. Tidak bisa dipatahkan
A: Gua istri sahnya Taehyung, titik.
B: Mana ada, mimpi lo.
A: Dih, ga percaya. Ntar ya kalo di rumah, gua tunjukin buku nikah kita.
B: Emang di Korea pake buku nikah ya?
A: Lah nikahnya di Indo kale coy
B: Auahlap

4. Dipercaya 100%
5. Tidak sesuai dengan budaya setempat/kepercayaan yang dianut

Nah contohnya delusi inilah yang kebanyakan disalahartikan sebagai halusinasi. Contoh: ngaku istrinya Jimin, Istri Suga, Istri Baekhyun, dan seterusnya.

Ini bukan halusinasi, ini contoh dari delusi alias waham.

Cuma gua mau menegaskan aja apa bedanya halusinasi dan delusi.

Halusinasi visual: ga ada barangnya dibilang ada
Contoh: ngaku-ngaku bisa lihat hantu

Kalo ada barangnya tapi salah diartikan, itu namanya ilusi. Maksudnya, barangnya apa, dia nangkepnya lain.
Contoh: jelas-jelas pensil, dibilang pisau, terus dia jerit sambil lari.

Terus, apa sih gunanya gua nulis tentang waham dan halusinasi?

Waham dan halusinasi yang nyata dan sulit diganggu gugat, adalah TANDA dari skizofrenia.

Pada pernah denger kan skizofrenia itu apa? Yaa, itu yang suka kalian bilang sebagai: orang gila.

Ya padahal ga juga. Well actually, kami dari tenaga kesehatan tidak pernah menyebut seseorang itu gila atau tidak waras.

Oh, dan jangan samakan dengan webtoon yang tidak kusebutkan namanya itu ya yang sempet nyebut skizofrenia, itu juga agak aneh sih kalo menurut gua, karena ga cocok.

Kak, kita cuma bercanda kali, gausah dibawa serius sih...

Iya gua ngerti, cuma hati-hati bablas loh. Gua pernah ketemu pasien yang ngaku-ngaku dipeluk Baekhyun setelah nonton konser, terus dia ga mau mandi sebulan. (Real, ga bohong)

Bercanda boleh, but know the limits. Don't go off the limits, karena kasian juga kali temen-temen kalian dan keluarga kalian.

Sekian yang bisa gua tulis, TULISAN INI BUKAN REFERENSI, NAMUN HANYA SEKADAR EDUKASI UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN AWAM. Bahasa yang tidak baku mohon dimaklumkan.

Lebih banyak kurangnya saya mohon maaf karena yang berlebih mohon untuk berbagi, terutama uangnya. (Dompet gua kosong nih btw)

Peace out!
20180129
-pascaliskim

Dream, Hope, StruggleTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang