#1 Untitled - Jevin (Jae)

8K 846 133
                                    

Dia cantik banget.

Gue gak bisa nyetop benak gue buat bilang itu waktu gue liat dia turun dari tangga ke ruang tamu, pake blus putih dan rok hitam selutut. Rambutnya hari ini dia kuncir satu dibelakang kepalanya—man, dikuncir. Gue suka banget liat dia dikuncir, gak tau kenapa dia kelihatan 100 kali lebih cantik. Sebenernya digerai juga cantik, tapi kalo dikuncir tuh... ah, saking cantiknya gue ngilu liatnya. Dia tau banget kayanya cara bikin gue gila pagi-pagi begini.

"Jev! Ngapain bengong, ayo cepet berangkat ntar gue telaaaaat"

Kemudian satu geplakan di bahu gue.

"Lo mau sidang apa mau party sih, bling-bling banget dandannya"

Si bego emang gue. Padahal satu-satunya kalimat yang pengen gue ucapin ke dia adalah, "lo cantik banget hari ini gue hampir gila tau gak liat lo". Tapi yang keluar malah gerutuan gak jelas macam gitu. Gue facepalm dalam hati.

"Protes aja sih. Udah ayo cepet siap-siap, ntar gue telat terus ga lulus gimana"

Gue terkekeh kemudian bangkit dari sofa ruang tamu kosan dia yang tepos. "Kan lo jadi nemenin gue"

Satu geplakan. Sekarang mendarat di belakang kepala gue. "Yeeeee, maunya"

Dia tertawa. Gue ikut tertawa karena dia tertawa. Ah cantik, kalo gue gila beneran gue harap lo mau tanggung jawab ya?

***

Nama gue Jevin, Jevin Adhikara. Pekerjaan gue sekarang: Mahasiswa tingkat akhir banget, anak band, dan ojek part-time. Khusus yang terakhir itu klien gue cuman satu, iya dia yang sekarang lagi duduk di boncengan motor gue, pake helm gue, dan meluk pinggang gue dengan longgar. Kebiasaan dia yang gak pernah gagal bikin jantung gue degupnya udah kayak kalo gue abis sparing badminton.

Gue sama dia udah kenal dari jaman kita berdua masih maba polos yang mau-mau aja dibegoin senior suruh baris di lapangan tengah hari bolong. Waktu itu gue baris sebelah dia, dan meski dengan atribut ospek yang super aneh dengan warna nge-jreng (warna oren, kampus gue macam markas besar The Jak memang), plus debu serta keringet yang terus-terusan ngucur di pelipis, dia satu-satunya yang tetep bisa terlihat cantik di mata gue. Dan mata beberapa maba lain. Mungkin mata senior juga.

Intinya dia cantik. Banget.

Dan gue jatuh cinta pada pandangan pertama.

Anjay, nggilani ya gue.

Kejatuhan gue itu ternyata mendapat dukungan penuh dari semesta. Gue diberikan jalan untuk deket sama dia melalui sebuah kejadian di saat makan siang. Ini cukup memalukan sebenarnya buat diceritain tapi gapapa deh, udah kepalang tanggung.

Dia duduk disebelah gue waktu makan siang di aula. Maba belum boleh makan siang di kantin selama ospek jadi kami diwajibkan bawa bekal sama senior, gak terkecuali gue dan dia. The thing is... gue gak ingat kapan terakhir kali gue bawa bekal dan satu-satunya kotak bekal yang ada di rumah gue adalah,

"Ultraman?"

Dia cengengesan saat gue mengeluarkan kotak bekal kecil bergambar karakter superhero dari Jepang itu. Gue malu setengah mampus, tau gitu gue mampir aja tadi beli nasi uduk bungkusan sebelum berangkat. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, subuh-subuh begitu tukang nasi uduk mana yang udah buka?

"Ini... punya adek gue" Bohong dikit biar gak malu-malu banget. Sejak kapan juga gue punya adek.

Dia cuma mengangguk-angguk sambil masih cengengesan, gue lirik bekal dia.

"Indomi goreng?" giliran gue yang bertanya.

Dia terkekeh. "Biasa lah, anak kos. Mana sempet gue nyiapin bekel, ini juga beli di warkop depan"

Gue mengangguk-angguk paham. Sisa jam makan siang itu akhirnya kita habiskan dengan mengobrol tentang preferensi indomie masing-masing (dia suka yang setengah mateng, pake telor sama rawit. Gue suka  yang sedikit kematengan, tanpa telor, pake sawi), kos-kosan mana yang murah dan asyik buat ditempati selama 4 tahun kedepan, dan ultraman

"Udah sampe nyonyah" ucap gue sesaat setelah motor berhenti di depan gerbang fakultas kami.

Gue merasakan dia turun dari boncengan dan menyerahkan helm ke gue. "Lo beneran nih gak mau nonton gue sidang?" dia menatap gue dengan tatapan memelas.

Kemarin gue udah bilang gue gak bisa nonton dia sidang karena ada keperluan mendesak di rumah yang harus gue urus, padahal sebenarnya gue mau bikin surprise buat dia. Gue habis ini akan ke tukang bunga, ambil mawar pesanan gue. Lalu ke tukang kue, ambil cupcake pesanan gue juga. Dan yang terakhir ke tukang jualan dekorasi deket kampus, buat ambil balon. Semuanya buat dia.

Gue kayak mau surprise-in ulangtahun ya? Hehe, memang. Ulangtahun dia bulan lalu gue gak bisa hadir karena band gue kebetulan lagi ada gigs diluar kota (ini sebenarnya salahsatu alasan kenapa gue lulusnya belakangan daripada dia, tapi itu nanti aja gue ceritain lain waktu), dan sebenarnya dia juga udah gue kasih kado tapi gue rasa itu gak cukup. Untuk orang se-spesial dia masa cuma gue kasih kado gitu doang? Nggak kan.

"Ntar kalo urusan gue udah selesai gue pasti dateng, Line aja ya kalo lo udah keluar" Gue mengulurkan tangan untuk mengacak rambutnya. Gue tau gue pasti bakal digeplak-geplak sama dia karena udah megang-megang apalagi ngacak-ngacak rambutnya, but heck I don't care. Mau dia cakar gue sekalian juga ga masalah, gue rela selama itu dia.

Gue kayaknya udah gila beneran.

Bertahun-tahun sahabatan sama dia, gue gak pernah berani jujur soal perasaan gue ke dia. Gue cuma bisa ada buat dia selama dia butuh gue, jagain dia, diem-diem memupuk perasaan gue yang kayaknya sekarang udah segede pohon baobab di taman perpustakaan kampus kita.

Yeah I know it sucks.

"Yaudah deh, hati-hati ya, Jev. See you" dia menghela nafas kemudian menepuk pundak gue dua kali sebelum melangkah masuk ke dalam kampus.

Surprise... surprise... gue gak digeplak. Apa ini pertanda baik buat gue?

Gue harap begitu.

***

Jev dimanaaaa

Gue udah selesai nihh

Sini cepett!

Begitu pesan Line dia terakhir, 30 menit yang lalu dan sekarang gue baru kelar markir motor di parkiran kampus, dengan sebuket mawar merah, sekotak cupcake, dan balon ultah. Gue udah kayak event organizer nyasar.

Gue belom selesai nih

Sabar

Gue bales Line dia sambil senyum-senyum, padahal sekarang langkah kaki gue sudah hampir membawa gue ke gedung tempat dia sidang skripsi hari ini. Gue masukin hp ke saku belakang jeans sambil nenteng buket di tangan kanan dan kotak cupcake plus balon di tangan kiri.

Sabar ya cantik, gue bentar lagi sampe.

Baru aja gue kelar ngatur napas habis setengah lari naik ke lantai 4 (iya, dia sidang di lantai empat. Gue berdoa aja dia tadi ga keburu lupa sama materinya gara-gara naik tangga jahanam ini), pemandangan di depan gue bikin gue pengen langsung turun lagi ke bawah. Tapi gak lewat tangga, if you know what I mean.

Dia disana, dengan muka berseri-seri yang demi Tuhan bikin gue makin sesak nafas saking cantiknya, lagi meluk seorang cowok dengan erat. Tapi bukan masalah pelukannya yang bikin hati gue rasanya kayak dihujanin air raksa, tapi matanya. Cara dia natap that lucky bastard, gue hafal banget tatapan macem gitu.

Karena itu tatapan yang selalu gue sapukan ke dia tiap kali kita bersama.

Mungkin memang ku yang harus mengerti

Bila ku bukan yang ingin kau miliki

Salahkah ku bila

Kau lah yang ada di hatiku



Untitled – Maliq & d'Essentials

Songfic - Enam HariTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang