🌸Kutunggu kau di telaga Al Kautsar ( telaga Rasulullah)🌸
Ustadz Firanda Andirja🍃Rasulullah akan menunggu umatnya di padang masyar di telaganya, yaitu telaga Al Kautsar, siapa yg meminum airnya tdk akan kehausan
🍃Dari Abu Dzarr, ia berkata, "Wahai Rasulullah, bagaimana dengan bejana yang ada di al-haudh (telaga Al-Kautsar)?"
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Demi jiwa Muhammad yang berada di tangan-Nya. Wadah untuk minum yang ada di telaga Al-Kautsar banyaknya seperti jumlah bintang dan benda yang ada di langit pada malam yang gelap gulita. Itulah gelas-gelas di surga. Barang siapa yang minum air telaga tersebut, maka ia tidak akan merasa haus selamanya. Di telaga tersebut ada dua saluran air yang tersambung ke Surga. Barang siapa meminum airnya, maka ia tidak akan merasa haus. Lebarnya sama dengan panjangnya, yaitu seukuran antara Amman dan Ailah. Airnya lebih putih dari pada susu dan rasanya lebih manis dari pada manisnya madu."
(HR. Muslim, no. 2300)"Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan oleh Rabbku 'azza wa jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang nanti akan didatangi oleh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana (gelas) di telaga tersebut sejumlah bintang di langit. Namun ada dari sebgaian hamba yang tidak bisa minum dari telaga tersebut. Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa mereka telah amalan baru sesudahmu."
(HR. Muslim, no. 400).⛔Orang2 yg terhalang masuk ke dlm telaganya adl
1. orang yg melakukan amalan baru sesudah Rasulullah tiada"Aku akan mendahului kalian di al haudh (telaga). Dinampakkan di hadapanku beberapa orang di antara kalian. Ketika aku akan mengambilkan (minuman) untuk mereka dari al haudh, mereka dijauhkan dariku. Aku lantas berkata, 'Wahai Rabbku, ini adalah umatku.' Lalu Allah berfirman, 'Engkau sebenarnya tidak mengetahui bid'ah yang mereka buat sesudahmu.' "
(HR. Bukhari, no. 7049)Wahai Rabbku), mereka betul-betul pengikutku. Lalu Allah berfirman, 'Sebenarnya engkau tidak mengetahui bahwa mereka telah mengganti ajaranmu setelahmu." Kemudian aku (Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam) mengatakan, "Celaka, celaka bagi orang yang telah mengganti ajaranku sesudahku."
(HR. Bukhari, no. 7051)2. Orang yg murtad dari agama Islam
Ibnu Abdil Bar mengatakan, "Setiap orang yang berbuat bid'ah dalam masalah agama, merekalah yang akan dijauhkan dari Al Haudh, seperti khawarij, rafidhah (syiah), dan seluruh ahli bid'ah. Demikian pula orang zhalim yang berlebihan dalam kezhalimannya dan berusaha menghapus kebenaran, dan yang terang-terangan melakukan dosa besar. Mereka semua dikhawatirkan menjadi orang yang disebutkan dalam hadis ini. Allahu a'lam (Syarh Shahih Muslim An Nawawi, 1/137)
Al Qurthubi menjelaskan, "Para ulama kami menjelaskan, semua orang yang murtad dari agama Allah, atau membuat sesuatu yang baru dalam agama yang tidak Allah ridhai dan tidak pernah diizinkan oleh Allah, merekalah orang yang akan dijauhkan dan dihindarkan dari Al Haudh. Orang yang paling dijauhkan adalah mereka yang menyimpang dari jamaah kaum muslimin dan keluar dari jalan mereka, seperti khawarij, dengan berbagai sekte sempalan mereka...demikian pula mu'tazilah dengan berbagai sekte pecahannya. Mereka semua adalah kelompok-kelompok yang mengubah syariat.
Demikian pula orang yang bertindak berlebihan dalam melakukan kezhaliman dan menghapurkan kebenaran. Bahkan membantai orang yang mendakwahkan kebenaran dan menghinakan mereka. Termasuk mereka yang terang-terangan melakukan dosa besar, dan berjibun maksiat. Juga kelompok yang menyimpang, pengikut hawa nafsu, dan bid'ah. (At Tadzkirah, hlm. 352)🍃Setiap nabi memiliki telaga, dan telaga Rasulullah adl yg plg besar dan paling enak rasanya.
Rasulullah bersabda, "Sungguh setiap Nabi memiliki telaga. Dan mereka saling membanggakan siapakah yang telaganya paling banyak dikunjungi. Aku berharap, telagakulah yang paling banyak pengunjungnya" (HR. Tirmidzi no. 2443 dan dishahihkan al-Albani).
Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadamu Al Kautsar." (QS. Al Kautsar : 1)
🍃Setiap nabi akan membanggakan bnyknya jumlah umat yg mengunjungi telaganya.
🍃Orang2 yg mendatangi ke telaga Al Kautsar adl :
1. Org2 miskin dari kalangan muhajirin, yg keadaan mrk memprihatinkan, yg tdk menikahi wanita kaya krn ditolak kemiskinannya, jika bertamu pun cenderung tdk diterima krn lusuhnya penampilan mereka
Masuk terlebih dahulu, bukan berarti krn mrk paling mulia, tetapi krn Allah menginginkan keadilan kpd kaum yg miskin yg dahulunya di dunia sengsara dan bnyk ditolak manusia lain
2. Penduduk Yaman dari kaum Anshar
↪2 golongan ini diutamakan masuk ke telaga Al Kautsar krn mrk telah membantu perjuangan Rasulullah
3. Orang Muslim yg memegang teguh agama Rasulullah
4. Menjauhi dosa2 besar, maka bagi yg telah melakukan dosa besar segera bertaubatlah supaya kelak masih bisa meminum telaga beliau
5. Orang yg telah mendapatkan ampunan, dan bid'ah tdk sampai ke masalah akidahAl Qurthubi menegaskan bahwa kondisi mereka yang terusir dari telaga Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bisa jadi tidak selamanya. Artinya, dalam keadaan tertentu setelah Allah mengampuni mereka, maka Allah akan mengembalikan mereka dan memberi petunjuk kepada mereka untuk mendatangi telaga itu.
Al Qurthubi mengatakan, "Kemudian, dijauhkan semacam ini bisa jadi dalam kondisi pertama, lalu mereka didekatkan lagi setelah mendapat ampunan. Jika bid'ah itu dilakukan hanya dalam masalah amal, tidak sampai dalam masalah aqidah. (At Tadzkirah, hlm. 352).6. Orang2 yg bersabar menghadapi pemerintah yg dzalim
7. Orang2 yg menjaga wudhu
Abu Hurairah bertanya : 'Bagaimana Engkau bisa mengenali umatmu yang belum ada, wahai Rasulullah ?', Rasul Menjawab : "Tahukah kamu seandainya seseorang memiliki kuda putih ditengah-tengah kuda hitam, bukankah kita bisa mengenali kudanya ?", Para Sahabat menjawab :"Betul wahai Rasul", Beliau bersabda kembali : "Mereka akan datang dengan bercahaya karena bekas wudhunya dan aku sudah mendahului mereka di telaga." (HR. Muslim)
KAMU SEDANG MEMBACA
MASIH ADA LANTAI UNTUK BERSUJUD 2
SpiritualBuku ini berisi kumpulan Pesan Baik untuk hati yang saya dapat dari WA. Semoga hati yang mendapat makanan baik menjadikan kita pribadi tenang yang menyejukan kehidupan di kita sekitar Vinelvri Bekasi, 1 Januari 2017