ibu dan rumah sakit

18 1 2
                                    

So, hallo~ from the other side~ i must have tell you a thousand times~ engga ding, bukan mau nyanyi lagu. Jadi ini cerita tentang bu endah ato bu heru (yaitu ibuku sendiri) pertama kalinya (dan semoga terakhir kalinya) masuk rumah sakit. Gimana kronologisnya? Yuk baca di bawah.

Posisi ibu di kediri dan valya di kota rantau membuat kami hanya bertemu seminggu sekali, ya, hanya seminggu sekali (halah alay, padahal pas kuliah ga pulang 4 bulan). Jadi pas hari minggu itu udah di rencanain kita mau kemana dan ngapain. As usual pasti ke mall, beli apa? Beli apa aja yang diskon dan harganya sesuai dengan uang di kantong urusan bakal sering dipake ato engga itu nanti.

So we start this day jalan-jalan ke matahari. Beli beberapa kaos aja kayaknya kemaren, trus valya pengen nonton beauty and the beast, jadilah kita ke bioskop, sebelumnya beli roti holland dulu buat ganjel perut soalnya udah siang.
"Tumben bundo pengen roti hollan?" Tanyaku.
"Iya kemaren bu dian bawa roti tawar gitu, ibu cuma di kasi satu. Huh, tunggu aja ya ibu juga bisa beli sendiri". Dalam hatiku berkata. Ya masa bu dian mau kasih bundo 1 bungkus 10 lembar litteraly roti tawar???
"Aku udah nih" aku pilih roti yang atasnya banyak mesesnya terus sus coklat dan crossian almond. Bundo?ha ha dia beneran beli 1 pak roti tawar dan lemper. Yep hollan jualan lemper.
"Itu yakin mau beli roti tawar kismis?" Tanyaku
"Iya kok" kata bundo mantap
"Ya wis, aku ga suka kismis soalnya" jelasku.

Oke sip, kita ke bioskop. Antri puanjang men, kediri bioskop cuma 1 jadi wajar lah. Kita dapet kursi agak depan dan samping banget tapi engga mepet tembok sih. Ada space 2 kursi sebelum tembok. Filmnya bagus banget asli, you have to watch it, better dari beauty and the beast yg bahasa perancis beberapa tahun lalu itu (paling baru 3 tahun haha). And the disaster begin. Di tengah-tengah film nih, 2 kursi sebelah tembok yang tadinya kosong mulai menemukan penghuninya. 2 orang mbak-mbak. Yang awalnya kupikir biasa aja, tapi ternyta bau ketek _ _, jadi sepanjang film itu aku dan bundo harus merasakan pedihnya tiupan ac kearah kami yang membawa serta bau tak sedap. Salah apa aku ya Allah, milih kursi kok gini-gini amat.

Selepas nonton. Aku dan bundo langsung pergi ngacir dengan langkah sempurna dan tentu saja dalam tempo sesingkat-singkatnya. Dan hujaaannnn. Akhirnya kita pindah ke mall di depan bioskop dengan bantuan bapak ojek payung seharga 4000 rupiah. Nah lalu kita berdua kebelet pipis. Bundo duluan, dia keluar kamar mandi dan bilang airnya habis. Valya?as usual this bad luck wont go away, still lingering at me. Kita coba kamar mandi lantai atasnya. Sama. Macet. Ya iyalah wong 1 aliran kok, aku sampe bela-belain beli air club, karena kalo aqua mahal, 2 botol biar niatnya pinjem tempat aja, airnya aku dah bawa sendiri. Ga boleh sama petugasnya. Dih, pelit amat jadi orang yak.

Akhirnya kita ke mcd dan valya bisa pipis alhamdulillah. Tetep rame as usual. Tetiba di saat kita makan ada ibu-ibu dan ketiga anaknya duduk di meja kita tanpa bilang permisi. Dan valya engga mau ngalah dong. Posisinya aku yang pertama dapet tempat dan ibu2 itu engga ngomong ato bahkan menghadapkan wajahnya ke aku ato gesture2 minta ijinlah. Buat ibu2 yang baca ini. Tindakan seperti ini tidak patut dilakukan karena ibu bawa anak, anak ini otomatis niru ibunya dan beranggapan mengambil hak milik orang lain itu fine, nyerobot itu ga masalah asal rame-rame. No, no, theres no rule like that ya ibu-ibu.

Then setelah kenyang kita pergi ke dokter. Buat surat ijin valya ga masuk karena hari selasanya libur, nanggung dong kalo senin balik ke perantauan. Dan kabar burukpun datang.
"Ibu ini kok pucet banget, ini ga ada sel darah merahnya, saya yakin ini hbnya dibawah 5. Ke ugd sekarang bu, saya antar" kata dokter penuh penekanan. Dibilangin gitu bundo malah lemes, karena dia takut banget sama dokter, apalagi rumah sakit, valya santai. Dengan dalih iya bakal ke ugd tapi ga usah dianterin, bundo malah pulang ke rumah. Dasar ibu-ibu ya kan.

Malem biasa aja sih, bundo liat tv, aku liat laptop sampe bundo tidur dan aku masih liat laptop. Jam 11.30 bundo bangun minta air putih, abis minum 2 teguk dia langsung meriang. Minta siselimutin dan pake kaos kaki sampai akhirnya dia berkata
"Ibu mau ke ugd aja ya" katamya pelan.
"Iya" valya sibuk memakaikan kaos kaki
"Minta tolong siapa ya?bu udin?" Kata ibu
"Iya, tapi aku engga punya nomernya"
"Ada di hp ibu". Aku liat, aku ketik di kontak udin, bu udin, ibu udin, b udin. Kagak adaaa
"Ini kok engga ada?"tantaku
"Coba di grup wasap, pengajian itu". Aku buka wasap, cari grup pengajian. Dan ternyata nama grup itu adalah nisaaul jannah. Dan mencari kontak bu udin yang ternyata namanya syaifudinhafiz. -___- sampe kapan juga aku ga bakal nemu ya kan. Aku telpin dan engga di angkat.

Opsi 2, kita panggil bu atik, tetap tetangga sebelah. Oke selagi menunggu valya beberes apa-apa yang menghalangi mobil keluar. Buka garasi, pindahin motor. Done. Lalu bu atik bilang bikinin air gula, aku bikinin. Bundo masih ngeyel ganti baju dulu pake kemeja dan celana kain item, valya pake daster. Berangkat kita ke ugd.

Anddd bener banget apa kata dokter tadi sore, bundo anemia, kurang darah. Nah tapi pas di infus tulisannya natrium klorida. Itu bukannya garam?lantas kenapa bu atik nyuruh aku bikinin air gula?apa ini bakal jadi semacam oralit?-___-??teori ini sungguh tidak masuk akal.

Oke setelah periksa2, dan pesan kamar, dan minta fotokopi askes. Jadi buat kalian-kalian sedialah fotokopi askes ato bpjs kalo mau ke rumah sakit, biar gampang. Valya engga ngerti prosedurnya gimana soalnya bu atik yang urus. Akhirnya dapet kamar jam 2.30 lumayan lama. Valya dah ngantuk berat. Akhirnya tidur di sofa ga pake bantal, pake selimut jaket 2 biji buat kaki dan badan. Done

daily lifeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang