Gue lahir di salah satu desa di Klaten. Karena gue lahir di desa, jadi gue waktu kecil sering main sama temen-temen ke sawah, gunung, sungai, tapi gak sempet sampai ketemu penguin di kutub utara.
Kaya saat itu, waktu gue lagi bobok-bobok ganteng di depan TV. Ya, waktu liburan kenaikan kelas gini, gue lebih suka berlibur dengan menjelajahi Nusantara lewat tontonan "Bolang : Si Bocah petualang". Gue suka Bolang, dari dulu gue masih dalam bentuk zigot, sampai sekarang pun gue masih suka sama Bolang, gue suka banget sama Bolang. Eh, bukan suka sama orangnya lo. Masa gue LGBT,gue masih normal keles.
Maksut gue, gue suka sama acaranya. Bahkan gue punya cita-cita buat jadi Bolang. Lah, pas gue lagi asik nonton Bolang. Tiba-tiba ada suara yang manggil gue, suaranya aneh, kaya hidungnya di tutup gitu, mungkin ketutupan upil.
Setelah gue intip, ternyata itu temen gue yang manggil, namanya Andi. Dia juga saudara gue, walau umur dia lebih tua 3 bulan di bandingkan gue. Tetapi dia manggil gue dengan sebutan mas*(mas itu sebutan yang sepangkat sama kakak, tapi mas ini di gunakan oleh orang jawa sebagai pengganti kakak)
Andi : "Mas Bondan..... Mas?"
Gue : "Apa? (Teriak dari dalem)"
Andi : "Ayo main, udah di tunggu ma temen-temen yang lain di kolam."
Gue : "Oke ayo berangkat, buk aku main dulu!!!
Setelah pamit sama nyokap emak gue, kita pun langsung menuju ke kolam yang ada di desa gue. Cuma deket kok, jadi cuma 10 menit kita udah sampai di kolam dengan jalan kaki.Di sana udah ada 4 temen gue lagi yang udah nunggu, gaya mereka kaya geng-geng di film crosszero gitu. Mereka adalah Ahmad, Fauzan, Cupin (Gue lupa nama aslinya nih orang), ama orang ini harus gue lindungin namanya, karena ada sesuatu alasan tertentu. Maka kita sebut saja dia Mawar, eh itu kan penjual bakso borak. Oke, sebut saja dia Bimbim, tapi bukan Bimbim Slank. Hanya lah Bimbim biasa.
Dengan hidung yang tak berhenti mengeluarkan ingus, dan mulut yang mengigit sebatang rumput. Bimbim memulai pembicaraan
Bimbim : Mau main apa nih?
Ahmad : Sepak bola aja yuk
Gue : Masih panas gini, gosong ntar kaki gue di bakar aspal. Gak mau ah
Fauzan : Bener tuh, yang lain aja
Bimbim : Terus apa dong?
Cupin : Cari ikan aja yuk, sambil main air di sungai. Mumpung lagi musim kemarau, jadi airnya cuma selutut (Mempengaruhi ala setan jahanam)
Bimbim : Terus kita apain ntar ikannya
Andi : Di bakar juga enak
Gue : Wah sekalian aja kita main Bolang-bolangan, yang menjelajahi desa kita (obsesi gue ama Bolang coba gue salurin)
Bimbim : Wah ide bagus tuh, mumpung aku bawa tas nih (nunjukin tas yang dia gendong)
Fauzan : Terus topi nya?
Ahmad : Kita pakai kantong kresek nih aja (Nunjukin kantong kresek hitam yang masih bagus, yang dia pungut di jalan)
Andi : Terus siapa yang jadi bolangnya?
Gue : Aku aja.
Bimbim : Aku juga mau.
Gue : Akuuu!!! (Teriak ngoto sampe otot-otot di leher gue pada nongol, biasa pertengkaran bocah)
Bimbim : Akuuu!!!!!!! (Lebih ngotot sampe mau keluar yang bawah)
Setelah berdebat cukup panjang, kita akhirnya sepakat untuk memperebutkan karakter bolang. Dengan cara hompimpah,
Kita bareng : Hompipah Halayung Gabreng!!! Nek ijah pake baju rombeng!!!!
Tangan kita berlima hitam, sedangkan Bimbim putih sendiri. Btw ini dalam artian sebenarnya.
Bimbim pun keluar sebagai pemenangnya, gue pun cuma bisa pasrah melihat Bimbim. Memakai kantong kresek yang di pungut Ahmad dan tandanya dia lah Bolang kita. Lalu setelah itu, Bimbim memimpin kita melewati hamparan sawah yang luas. Medan yang terjal, belokan curam, tikungan tajam, gunung kembar, pokoknya lengkap deh.
Setelah 15 menit kita berjalan, sambil menyanyikan lagu Bolang. Kita mencapai ke sungai yang kita ingin tuju, dan kondisi sungai kering gersang. Hanya ada genangan air yang panjangnya kira-kira 20 meter, dan sisanya hanya hamparan pasir sungai yang di hiasin popok, pembalut, dan mungkin tokai juga ada.
Tapi semangat kita masih sama, kaya semangat Bung Tomo mau mengusir Inggris dari Bumi Surabaya. Bedanya kita gak pakai gaya nunjuk ke langit aja, kita istirahat sebentar di atas jembatan kecil yang bawahnya hanya ada pasir sungai.
Bimbim : Mana pin yang banyak ikannya?
Cupin : Itu di genangan itu (Sambil menunjuk ke genangan air tadi)
Gue : Halah cuma kecil gitu.
Cupin : Tapi ikannya banyak.
Gue : Dalem gak tuh?
Cupin : Enggak, cuma selutut kok.
Ahmad : Oke, langsung terjun aja yuk?
Bimbim : Terjun? Yuk terjun dari jembatan ini aja yuk?
Andi : Tinggi bim, ntar kalo kaki ku cedera gimana?
Bimbim : Cedera juga keliatan, nanti tinggal ngangkat atau di gelindingin ke rumahmu aja
Andi : Kalo ngomong Bim. Tingginya berapa nih ya?
Fauzan : Kayaknya 10
Gue : 10 meter?
Fauzan : 10 Kilometer mungkin (Ngasal banget)
Bimbim : Enggak, ini wi cuma 15 Kilometer (Makin gila)
Padahal tinggi tuh jembatan paling-paling cuma 3-4 meter.
Bimbim : Udah lah, berani loncat gak?
5 orang : Berani!!!
Gue : Gue agak takut wi
Andi : Halah gak papa mas, kaya anak kecil aja takut
Gue : Aku emang masih kecil, umur ku aja masih 8 tahun. Masa depan ku masih panjang bro!!! (Gue ketakutan kaya banci ketangkep razia)
Bimbim : Halah ayo langsung loncat (Bimbim pun langsung loncat dari jembatan)
Kita langsung melihat ke bawah, Bimbim yang mendarat di atas hamparan pasir empuk, langsung mengangkat kedua tangannya dan melihat ke kita.
Kita pun langsung loncat satu persatu ke sungai, gue yang awalnya takut. Malah loncat duluan dan Andi yang awalnya sok berani. Malah turun lewat pinggiran sungai, licik tuh orang.
Saat kita sudah di bawah semua, kita langsung buka kaos dan meloncat ke genangan air. Yang dalemnya paling 50 cm, sambil menyelam kita nangkep ikan. Setelah hampir 3 jam kita berendam, dan kulit kita pun udah mulai tua atau keriput.
Gue : Apaan nih pin? Ikannya cuma kecil-kecil (gue protes, karena setelah meneluarkan tenaga yang cukup besar tapi ikannya mini)
Cupin : La yang besar udah aku tangkepin kemaren (Jawab Cupin lugu)
Semua : Wuuuuuuu (teriak kita sampe otot di leher kita keliatan, terlihat begitu ngototnya anak kecil kalo teriak lah)
Bimbim : Kamu ngapain ndi?
Andi : (Wajahnya aneh, kaya nahan sesuatu. Terus tiba-tiba dia bergetar, dan dia lemes lega. Mungkin Andi baru aja merasakan kenikmatan tiada tara) Hehehe.
Fauzan : Kok jadi anget ya airnya?
Andi : Aku baru kencing zan, hehe
Gue : Yek jijikin ndi
Kita lansung mencoba kabur dari kejaran air kencing Andi, tapi tiba-tiba
Bimbim : Ada orang, ayo sembunyi dengan menyelam!!! (Langsung nyelem)
Gue : Tapi kan air ini udah kecampur ama kencingnya Andi (Gue masih di atas, kejijikan)
Fauzan : Halah yang penting selamat dulu
Mereka udah pada nyelem, termasuk Andi yang nyelem di area bahaya kencinya. Tapi akhirnya gue pun ikut nyelem, walaupun dengan jelas kita masih bisa terlihat dari atas. Terus fungsinya apa kita nyelem????
Dan lewat lah 2 orang yang naik sepeda, yang ternyata adalah kakak kelas kami. Yaitu, April dan Akbar. Kedua orang ini kaya kencing sama air, gak bisa di pisah in.
April : Eh Ahmad wi, main air di sungai. Aku aduin ke Ibumu lo
Ahmad : (Langsung muncul dari air, kaya atlet-atlet gitu, tapi ini versi ceper) Eh jangan, aku pulang deh
April : Aku bilangin duluan ( Langsung ngebut naik sepeda, tapi gayanya udah kaya Lorenzo nikung Rossi)
Ahmad : Jangan!!!! ( Lari nyusul April dan Akbar, dengan celana yang basah dan tanpa daleman)
Kita pun keluar dari air, dan mengeringkan celana. Dengan cara mencari area yang panas, lalu kita duduki. Begitu terus sampai celana kita kering, panas di bokong sih. Tapi itu satu-satunya cara ngeringin celana, tanpa harus ngelepas celana.
Karena kita anak di desa itu, kalo belom sunat. Belom mau pake celana dalam, gak tau kenapa, tapi aneh aja waktu itu pake celana dalem dan rata-rata kita sunah di usia 11-12 tahun. Nah jadi kita 11-12 tahun, gak pernah pake celana dalem. Jadi banyak kasus, burung kita kejepit resleting celana. Sambil ngeringin celana, kita pun membahas Ahmad
Bimbim : Gimana ya nasib Ahmad?
Gue : Gak tau, tapi ini semua salahmu Bim (Menuduh dengan penuh kebencian)
Bimbim : Kok bisa salahku?
Gue : La kan kamu Bolangnya, jadi kamu yang harus tanggung jawab
Semua serempak : Bener tuh
Bimbim : (Nahan nangis)
Semua serempak : Hayo Bimbim... Hayo Bimbim (Entah kenapa, waktu gue kecil dulu, kalo udah di gituin ama temen-temen rasanya kita kaya orang paling hina di dunia)
Bimbim pun langsung lari, gak tau lari kemana. Dia sempet buron beberapa hari, sampai kita udah lupa masalah itu. Dan kita pun sepakat untuk memusuhi Bimbim, salah sendiri dia mengambil jabatan Bolang dari gue. Dendam gue pun terbalaskan, Huahaha.
Dan kita pun bubar jalan menuju rumah masing-masing meninggalkan ikan-ikan kecil yang kita tangkep tadi. Mubazir tuh ikan, kasihan juga, tapi gak papa lah. Mati seribu, hidup satu tuh ikan. Kita pulang. Dengan kulit yang mengkilap akibat dari paparan sinar matahari, dan di lumuri air kencing Andi. Gue pun pulang sama Andi
Gue : Ke kerumahku dulu yuk, cari chery jowo (Nama aslinya talok, tapi bentuknya kaya buah chery, jadi kita sering menyebutnya chery jowo)
Andi : Ya udah yuk
Sore itu pun gue habis kan dengan mencari chery jawa, yang pohonya tertanam di samping rumah gue. Tapi Andi di atas pohon, gue cuma di bawah pohon. Dan mengharapkan belas kasih dari Andi, karena gue gak bisa manjat pohon. Gila, manusia tanpa bakat gue itu, gak punya bakat apa-apa selain ngupil. Kita pun mengobrol tentang masalah Bimbim tadi, dari jarak atas bawah via suara.
KAMU SEDANG MEMBACA
Anak Mangga
HumorBuku ini berisi kumpulan cerita pendek bergenre humor. Cerita ini berasal dari pengalaman pribadi penulis yang tidak bisa hidup normal seperti orang-orang pada umumnya, dari berendam dengan air kencing, di lecehkan saat upacara di alun-alun Kabupate...