Kerjaan seorang petugas laboratorium itu sebenarnya macam-macam dan cukup menarik. Tidak melulu melakukan penelitian.
Saat kuliah dulu jurusan yang dipilih adalah analis kesehatan. Di sanalah awal mula pembelajaran dilakukan.
Kami mempelajari tentang darah, jenis dan penyakitnya. Yang dikenal dengan sistem Hematologi.
Mempelajari tentang hal yang melibatkan sistem pertahanan tubuh, hormon serta cara kerjanya dalam Immunologi.
Pelajaran lainnya adalah tentang hasil reaksi organ tubuh terhadap zat yang masuk yaitu Kimia Klinik.
Mempelajari jenis bakteri dan membedakannya di Bakteriologi.
Jenis parasit yang membahayakan dalam Parasitologi.
Jenis racun, zat adiktif, penanganan dan pemeriksaannya dalam Toksikologi.
Kandungan dalam makanan di Kimia Amami.
Zat atau limbah yang terkandung dalam air dalam Analisa Air.
Pembuatan bahan pemeriksaan dan media tanam dalam Media dan Reagensia.
Jenis virus dalam Virologi serta jamur dalam Mikologi.
Itulah beberapa pelajaran yang aku ingat saat kuliah.
Untuk jenis parasit, nama bakteri dan virus, kami wajib menghapalnya dalam bahasa latin loh!
Keseruannya bertambah ketika kami mencampur bahan kimia satu dan lain, melihat perubahan warna, menghitung kadar zat yang terkandung dalam bahan tersebut,
Saat melihat hasil tanam bakteri ( ya, tentu saja bakteri bisa ditanam hehehe), mengidentifikasi jenisnya, melakukan pengecatan untuk melihat bentuk bakteri dimikroskop.
Satu hal lain yang seru adalah ketika mengintip melalui mikroskop. Kita bisa melihat benda-benda kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.
Tapi, tidak semua yang kami kerjakan seru. Kadang kami harus berusaha menahan jijik dari sample yang dikerjakan. Kadang juga merasa prihatin terhadap hasil pasien yang tidak normal.
Analis kesehatan tidak melulu harus bekerja di pelayanan masyarakat seperti rumah sakit dan puskesmas loh!
Bisa juga di perusahaan yang masih berhubungan dengan kesehatan, balai pengelolaan obat dan makanan atau badan narkotika.
So, mungkin ini salah satu karir yang bisa dipilih. Untuk pekerjaan kalian dimasa depan.
KAMU SEDANG MEMBACA
BUKU REGISTRASI LABORATORIUM🔬
غير روائيIni ceritaku... Sebagai seorang tenaga kesehatan... Lika-liku yang aku alami dalam dunia kerja... Cerita unik tentang pasien, keluhan dan curahan hati bekerja di pelayanan terhadap masyarakat...