Penyakit Menular Seksual dan Remaja

317 32 26
                                    

Pergaulan remaja adalah salah satu masalah yang membuat saya cukup khawatir. Bergaya dan bertingkah layaknya orang dewasa. Terlalu bebas, susah di kontrol, menjadi faktor pemicu rentannya penyakit menular seksual.

Mirisnya kian tahun, malah semakin banyak remaja yang terjerumus dalam pergaulan yang tak semestinya. Tidak hanya sesekali, seringkali saya mendapati remaja yang memeriksakan urine (air seni) dengan hasil positif hamil. Mulai dari mahasiswa, hingga bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Bagaimana perasaan saya? Shock? Pasti! Bagaimana dengan orang tua anak yang besangkutan? Kalian pasti bisa menebak reaksinya.

Tidak hanya itu, beberapa juga datang dengan keluhan penyakit kelamin.

Beberapa contoh penyakit yang saya temukan dan di keluhkan oleh pasien seperti:

1. Kencing Nanah (GO: gonorrhoe), di sebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Pemeriksaan laboratorium yang dilakukan biasanya berupa pengambilan cairan (sekret) dari alat kelamin pasien yang terinfeksi.

2. Raja Singa atau Sifilis, disebakan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini biasa ditandai dengan adanya luka (lesi) pada alat kelamin. Pemeriksaan yang dilakukan dengan pemeriksaan serum darah metode RPR, VDRL, atau TPHA.

3. Candidiasis, penyebab penyakit ini adalah jamur Candida albicans. Umumnya dialami oleh wanita berupa keputihan yang berbau ragi, berwarna putih susu dan gatal. Pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil cairan (sekret) pada alat kelamin.

4. Kondiloma atau jengger ayam, ada juga yang menyebutnya kutil kelamin. Penyebabnya adalah virus HVP (human papiloma virus). Pasien dengan penyakit ini biasanya langsung dilakukan pengobatan dan pemeriksaan penunjang lain.

5. Trikomoniasis, disebabkan oleh protozoa Trichomonas vaginalis. Gejala yang timbul umumnya adalah rasa gatal yang berlebihan pada alat kelamin. Dilakukan pemeriksaan sekret.

6. HIV, human immunodeficiency virus. Atau virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Untuk menjadi AIDS (Acquired immunodeficiency syndrome) biasa dibutuhkan masa inkubasi kurang lebih sepuluh tahun. Jadi, orang yang terkena HIV akan tampak seperti orang sehat pada umumnya. Gejala awal yang kadang ditemukan berupa sariawan yang tidak sembuh atau diare berkepanjangan. Pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil serum darah pasien.

Sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang diakibatkan oleh hubungan seksual seperti herpes, chlamydia, scabies dan sebagainya.

Jadi, sebenarnya tidak ada keuntungan yang didapat dari melakukan hubungan yang belum waktunya. Hanya ada kerugian, terutama untuk wanita. Alangkah baiknya menuntut ilmu yang rajin, menggapai cita-cita, melihat kedua orang tua mu tersenyum bahagia menatap sang anak yang telah sukses.

Haruskah diumur yang sangat muda para remaja sudah disibukkan dengan mengurus bayi? Haruskah masa remaja itu tersia-sia dengan mengurusi rumah tangga? Sanggupkah mental mereka menghadapi tekanan dari internal dan eksternal?

Pikirkan sekali lagi..

Penyesalan itu datangnya belakangan. Dan ketika kamu menyadarinya, waktu tak bisa dipaksa untuk kembali mundur. Ia akan terus maju, bersama penyesalanmu yang sudah tak berguna.

Ps. Mungkin di part selanjutnya aku akan membahas tentan pasien dengan HIV positif.

Pss. Keterangan yang belum jelas, bisa ditanyakan pada mbah google 😁

BUKU REGISTRASI LABORATORIUM🔬Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang