dikala menusia terkikis keimanan dan harga dirinya, apa saja bisa terjadi, membunuh, mencuri, berbohong apa lagi selingku. yang jelas fenomena itu terjadi karena menusia sudah tidak mampu lagi mempertahankan keimananya dan manusia lebih menuruti hawa nafsunya ketimbang nalar warasnya.
sebenernya apa sih... penyebab terjadinya perselingkuhan, maka akan mengeluarkan difinisi yang banyak untuk menjawabnya, tapi jawaban simpelnya adalah karena manusia sudah kehilangan keimananya pada tuhan sehingga perkara yang dilarang akan di kerjakannya. maka akan timbul lagi satu pertanyaan. "sholatnya tepat lima waktu, rajin bersedekah, tidak lupa mengeluarkan zakatnya tapi masih melakukan perselingkuhan" maka pertanyaan itu bisa kita jawab, keimanan sesorang itu hanya tuhanlah yang tau. kalau sholatnya, zakatnya dikarena ingin di sanjung orang lain itu namanya syirik karena sholatnya bukan untuk tuhan tapi untuk orang lain. maka perbuatan ini sudah menjatuhkan keimananya kepada tuhan, dan perbuatan inilah yang sering kita tidak menyadarinya.
lalu timbul lagi sebuah pertanyaan yang harus kita jawab, "yang dinamakan selingku itu gimana sih...? dan apa perbedaan selingku dengan kebohongan!" sebenarnya makna dari kedua kalimat ini mempunyai arti yang hampir sama. tapi berbeda sifat. kalau selingku itu sama dengan munafik, atau menghianati kepercayaan orang lain demi kesenanganya sendiri. sedangkan kebohongan itu belum tentu munafik, terkadang kita di anjurkan untuk berbohong demi menyelamat sesuatu perkara yang lebih besar.
***********
Tantri tetanggahku pernah bercurhat padaku dengam masalah rumah tangganya yang di ambang kehancura. keselahan fatal yang pernah di perbuatnya menjadikan dia di kucilkan dari keluarganya.dulu kehudupan tantri sangat sederhana, dia berjualan nasi bungkus di pasar tradisional yang ada di kampungnya, sehinggalah pada suatu hari suaminya mendapat kesempatan bekerja keluar negari tepatnya di negeri sakura dengan kontrak kerja 5 tahun.
dalam tahun pertama kehidupan tantri mulai berubah, dia sudah tidak jualan nasi bungkus lagi untuk membantu pendapatan suaminya, karena setiap bulan dia mendapat kiriman uang dari suaminya berjumlah cukup besar, dua tahun kemudian kehidupan tantri semakin makmur dan sentosa, dia sudah memeliki rumah sendiri yang cukap "wow" dan tidak menumpang lagi di rumah orang tuanya, apa yang di inginkan semua dapat di belinya sehingga merubah gaya hidupnya menjadi glomor dan sikapnya berubah, dia lebih gemar berteman dengan orang-orang yang sekaliber dengannya dan meninggalkan para sahabatnya yang hidupnya masih susah. dia mulai sombong dan gemar memamerkan hartanya, dia tidak perna berfikir kalau harta yang di milikinya suatu saat bisa hilang dengan sekelip mata. cara penampilanyapun berubah, kini tantri lebih suka berdandan menor dan seksi meperlihatkan lekuk tubuhnya sehingga membuat lelaki hidung belang, "suit... suit..." bersiul memujah keseksianya dan kini juga dia lebih suka kluyuran menghabiskan uang dari suaminya.
*********
pada suatu hari tantri bertemu dengan mantan pacarnya di kala mereka masih duduk di bangku SMA. "hai john apa kabar?" sampa tantri. "hai tan... kabar baik, wah lo sekarang jadi orang kaya ya..." sahut john. itu adalah awal mula tantri melakukan kesalahan, harusnya dia membatasi pergerakan dirinya karena suaminya tidak ada di rumah.beberapa hari kemudian hubungan mereka semakin rapat yang tak sepatutnya tantri buat. tantri dengan pd-nya sering kluyuran dengan john tanpa rasa malu. "tantri... tantri... lawong suaminya di luar negeri membanting tulang... eh malah dia di rumah kok ga mau jaga diri" ucap wanita paru baya. "bener bu ipa... jangan-jangan dia itu lagi..." "hus... jangan su'udhon, kita ga ada bukti" sahut wanita paru baya lainya.
kelihatanya tetangga tantri mulai curiga sehingga para tetangganya itu memata-matai pergerakanya tanpa di sadarinya, "hm. kalau terbukti kamu selingku, pasti kami arak keliling kampung, "ujar wanita tua.
*******
pada suatu malam tantri menerimah tamu seorang cwok di rumahnya. "tan malam ini lo kelihatan cantik sekali, sayang ya kenapa kita ga jodo" ucap john. "ya.. elo si... pergi ga pulang-pulang... akhirnya aku di jodohkan dengan orang lain" sahut tantri. tantri terus berbual yang sepatutnya tidak perlu tantri lakukan, mereka tak sadar kalau mak lampir dengan tongkat saktinya menyambungkan syahwat mereka. "tan bole ga gue nyium lo... kaya waktu dulu..?"
"kamu ngomong apaan sih" sahut tantri terkekeh.lelaki kurang ajar itu segera berpindah duduknya kedekat tantri. akan tetapi tantripun juga kurang ajar, dia tidak menjau dari lelaki sinting itu malah dia diam saja waktu orang gilah itu duduk di sampingnya, sehingga membuat seekor cicak yang menempel didinding segera menutup kedua matanyanya. "tan... eleng tan.. suamimu di sana itu bertengkuk lungus mencari rizki agar hidupmu senang" ucap si cicak. "hai cicak diam lo...!! jangan ikut-ikutan kalau tidak gue gampar lo...! sahut mak lampir sembari matanya melotot kearah si cicak, "ampun mak lampir..." sahut cicak ketakutan melihat mak lampir murka. "ayo john ajak tantri kedalam kamar, dan kamu tantri ikutin mantan pacarmu itu masuk kedalam kamar" hipnotis mak lampir sunggu ampuh, bagaikan kerbau yang di cucuk hidungnya meraka ikut saja apa yang di katakan mak lampir. "iya mak... kami akan masuk kedalam kamar" jawab tantri dan john yang sudah terpengaru hipnotis mak lampir.
*******
dingin malam mulai menusuk tulang, tongkat sakti mak lampir menghangatka tubuh mereka, para tetangganya menggunakan selimut berlapis-lapis untuk mengusir hawa dingin, tapi sebaliknya tantri dan john malah membuang selimutnya jau-jau karena merasa gera, "heeee... e... e... e..." kekeh mak lampir membuana karena misinya berhasil. "ayo john... genjot lagi john... lihatlah tantri sudah termehek-mehek" spots mak lampir pada john. "ayo tantri... rubah strategi... bikin john klepek-klepek, na... begitu ayo sembil teriak ufffffff, zzzzz, gitu biar lebih bersemangat" ucap mak lampir menspots mereka. tapi sayang ilmu kesaktian mak lampir tidak mampu mendeteksi mata-mata manusia yang sedang mengintai dua muridnya itu dengan tajam."Jebloooor...." pintu kamar yang kokoh itu tidak mampu menahan kaki-kaki perkasa yang medobraknya. "Buset. kenapa gue kala sakti dengan manusia, kabur ah" ucap mak lampir melesat pergi menjebol atap rumah dan meninggalkan dua muridnya yang terlena di dalam surga yang semu, mak lampir terkekeh karena dia berhasil meloloskan diri dari jurus halilintar kesaktian warga dan tidak memperdulikan lagi nasib muridnya. sementara itu. "setan alas, gedobrak brok... brok"
"ampun.... ampunilah aku" kata tantri memelas tapi warga sudah terlanjur emosi. "Bapak-bapak, ibu-ibu, saudara- saudaraku semua, tantri dan john telah melanggar hukum adat di kampung ini, maka mereka harus di arak keliling kampung, sebagai hukuman yang harus di mereka terima" khotbah salah satu warga.
*******
tak seberapa lama kemudian, tantri di arak keliling kampung, rasa penyesalanya tiada guna, keluarganya sudah terlanjur membencinya, suaminyapun sudah terlanjur menjatuhkan talak tiganya, karena hanya menuruti kesenangan sesaat dia akhirnya terjerat dalam lubang derita yang di buatnya sendiri. orang jawa bilah. "enak'e sak klentheng lorone sewu klentheng (enaknya sesaat sakitnya seumur hidup)"