Enam

88 7 0
                                    

Kalau kita udah komitmen untuk pacaran sama dia, jangan pernah maksain ego kita ke dia. Kadang suka ada yang maksain egonya sendiri ke pacarnya, ga cewe ga cowo pasti ada yang memaksakan egonya. Misalnya ada cewe yang maksa cowonya untuk pake baju couple, atau ada cowo yang maksa cewenya untuk ga boleh cemburu sama dia kalau si cowonya main sama temen cewenya (ini brengsek sih sebenernya). Intinya, memaksakan ego ke pacar adalah salah besar. Kalau terus maksain ego lu, akhirnya udah ketebak: putus. Ga ada orang yang suka dipaksa, dan kalau terus-terusan seperti itu kita pacaran bukan sebagai diri kita sendiri, tetapi sebagai orang yang pengen dia lihat. Tujuan pacaran adalah kita bisa menerima segala kurang dan lebihnya dia, dan mengerti hal itu. Bukan malah menentang dan "merubahnya" menjadi seseorang yang bukan dirinya sendiri. Kita cukup ngertiin dia dalam segala hal. Gua pernah baca status orang di sosmed yang isinya tuh tuntutan kepada si cowo dari si cewe, isinya ? Gils bat. Harus telponan tiap malem sampe ketiduran, harus ngucapin "selamat pagi", "selamat siang" pake VN, kalau jalan harus pegangan tangan, tiap minggu harus beliin buket bunga dan yang lain. Nah satu pertanyaan gua adalah: apakah semua itu perlu ?

Engga.

Sekarang gini, jalan duaan gitu ke mall buat apa sih pegangan tangan ? Yang dah tua bokap nyokap gua aja jalan duaan biasa aja tuh ga ada pegangan tangan, apalagi rangkul-rangkulan. Kan biar romantis. Romantis pantat lu beler. Yang ada tuh, menurut gua, norak. Kan kalau jalan duaan ya jalan aja duaan, sampingan. Yakali kalau ga pegangan tangan pacar lu ilang diambil mas-mas sekuriti. Selow aja lagi. Dia ga bakal kemana-mana, paling antri diskon baju. Tiap minggu beliin buket bunga ? Lu mau ternak tawon ? Dikata buket bunga goceng apa. Jangan nuntut apapun dari dia karna kita bukan siapa-siapa dia. Baru pacaran udah nuntut ini itu, gimana kalau udah nikah ? Minta dibikinin candi kali. Ngomongin soal tuntut-menuntut, gua pernah liat ada cewe yang nuntut cowonya untuk beliin apa yang si cewe mau. Entah itu tas lah, sepatu lah, tiket konser kepop bities apalah itu, kalau ga dibeliin si cewe bakal ngambek ga jelas, "ngilang", dan kalau ditanya kenapa, dia bakal bales "gpp" trus ngambek seminggu. Masalahnya, harga barang-barangnya mahal. Sedangkan si cewe dengan santai dan gampangnya cukup bilang "Aku mau ini", "Aku mau itu". "Ingin ini ingin itu banyak sekaliii. Semua semua semua dapat dikabulkan, dapat dikabu...". Ehem. Okay balik lagi, si cowo mau ga mau beliin dong ? Demi cewenya ya pasti dibeliin lah. Tapi kalau gua jadi cewenya, gua malu. Serius. Posisi gua cuma pacar, yang bahkan mungkin bisa putus kapan aja, masa udah nuntut ini itu ke pasangan gua ? Bahasa kasarnya: ga tau malu. Harusnya si cewe itu ngerti dong kalau uang si cowonya itu bukan buat dia doang, dan harusnya si cewenya juga ngerti dia harus nabung kalau dia mau sesuatu yang dia pengen. Kalau nuntut dibeliin sesuatu, jatuhnya kaya minta-minta, ngemis. Ga dibeliin ngambek, duh ampun deh. Tapi yaudahlah ya dia-dia ini, sebaiknya kalian (yang cewe-cewe) ga seperti dia, memaksakan ego dan kepentingan dia. Kan lumayan 500 ribu buat makan di Iciban Susi + nonton bioskop 3D. Dan lebih baik kalian yang cewe-cewe jangan minta dibeliin sesuatu dulu selama status kalian masih pacaran, lebih romantis kalau si cowo yang beliin sesuatu itu ke kalian tanpa kalian tau. Pas kalian masuk kamar tau-tau ada peralatan make up plus sepatu, kan keren, iya ga ?

---

Buang jauh-jauh ego kita, kepentingan kita sendiri kalau kita udah punya hubungan sama dia.

"Maunya dingertiin terus, ngertiin akunya kapan ?"

Nah, balik lagi ke awal dan yang selalu gua bahas: pacaranlah dengan sebagaimana diri kita sendiri. Jangan maksain ego kita ke dia apalagi sampai maksa dia untuk berubah menjadi seseorang yang bukan dirinya. Kalau ada sifat buruk dia yang ga kita suka, misalnya posesif, kita cukup bilang, biarkan dia yang ambil keputusan mau berubah atau engga. Kalau yang bener-bener sayang pasti berubah, kalau dia masih ga berubah, mungkin dia butuh waktu untuk itu. Kita cukup ngertiin dia dan bantu dia untuk berubah menjadi lebih baik demi kita dan demi hubungan yang lagi kita jalanin. Bukan menjauh dan menjadi ga perduli sama dia, itu artinya kita ga bisa nerima dia apa adanya dan kalau begitu, buat apa pacaran kalau ga bisa nerima kurang dan lebihnya dia ? Kalau ada masalah, selesaikan bareng-bareng dengan kepala dingin, bukan saling maksain ego kita supaya kita benar. Pacaran itu seru karna kita ngelakuinnya bareng-bareng, bukan sendirian. Karna kita dari awal merjuangin dan mertahanin hubungan kita juga harus bareng-bareng, kalau mentingin diri sendiri dan ga perduli, akhirnya hancur.

Berjuang sendirian kan ga enak.

***

All About RelationshipTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang