Fin mau mengucapkan terima kasih untuk yang sudah baca, vote, dan comments. Sungguh luar biasa rasanya waktu lihat jumlah viewernya sampai sekian. Nggak nyangka ternyata work amburadul Fin ini dapat respon yang baik dari teman-teman.
Sekali lagi, Fin ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. 😘
.
Tabel di mulmed sudah sangat jelas menggambarkan bagaimana perubahannya yaa...
Kalau mau tanya itu, dasarnya dari mana? Dari tabel sebelumnya. Akhiran di setiap kata kerja (apapun) sudah ditentukan. Dan itu merupakan pakem.
Jadi, harus hapalan lagi? Hehe, sayangnya iya.
Penjelasan dan contohnya. Yuk, kita simak.F/N:
Sebelum ke pembahasan, Fin mau bahas lagi soal struktur kalimat yang sudah dibahas di chapter sebelumnya. Modal di sini posisinya sebagai VERBEN atau PREDIKAT.
Struktur kalimatnya: S + MV + O/Adv + Verben + tanda titikPENTING!!
- Jika, ada MODAL VERBEN dalam suatu kalimat. Maka, kata kerja (essen, trinken, schlafen, dll) terletak di akhir kalimat. Sepanjang apapun kalimatnya.z.B: Ich möchte nach toilet mit meiner Freundin gehen.
(Aku ingin pergi ke toliet bersama temanku.)Jadi, yang dikonjugasikan itu adalah MODAL VERBEN-nya. Kata kerja lain berubah menjadi kata kerja infinitif. Modal Verben selalu terletak di urutan kedua, baik setelah subjek maupun setelah keterangan tempat/waktu.
- Nah, berbeda dengan penempatannya jika MV terdapat dalam anakn kalimat. Maka posisinya berada di akhir kalimat.
z. B: Es ist schade, daß ist heute nicht länger bei dir bleiben kann.
(Sayang sekali, bahwa sekarang saya tidak dapat tinggal lebih lama di tempatmu)
----
BTW, Kalimat itu sebenarnya untuk ‘tinggal’ dalam artian ‘satu rumah’, ya. Tapi Fin mau curhat, kalau dulu ...
Fin putusin pacar pake kalimat itu, hahaha. Jadi, Fin menganggap kalau ‘tinggal’ disitu berarti ‘menempati satu tempat yang sama’. Sebenarnya sama saja, Cuma sedikit berbeda. Hmm gitu deh. #abaikanFIn_aneh
----
-Apabila, dalam kalimat terdapat dua kata kerja infinitif, maka penempatan modal verben ada di urutan kedua, jika dalam kalimat utama. Dan di akhir kalimat jika dalam anak kalimat.
z. B:
Im Hauptsatz (kalimat utama) : Ich muß jetzt arbeiten gehen.Im Nebentsatz (anak kalimat) : Ich weiß, daß er essen gehen will.
Oke, sekian dari Fin untuk chapter ini.
Selamat belajar,
Große liebe,
Fin
DU LIEST GERADE
Deutsch Lernen A1 (Belajar Bahasa Jerman A1)
Non-FictionCover by Finairakara ------------------- Highest rank #20 in Non-Fiction [18/06/2018] ------------------- Hallo, ich bin Finaira. Kannst du Deutsch sprachen? Lass uns! Wir lernen zusammen. Fin Notiz [F/N] Mari belajar bahasa Jerman dan kebudayaan Je...