Mari Mengenal Jerman 1 : Die Brüder Grimm

1.4K 44 4
                                    

Die Brüder Grimm, atau Grimm Bersaudara. Itu tuh, yang ada di cover naskah ini sama di mulmed.

Ada yang tahu, siapakah mereka berdua? Atau, ada yang pernah mendengar namanya?

Foto kanan: Jacob Ludwig Carl Grimm, lahir di Hanau tanggal 4 Januari 1785.

Foti kiri: Wilhelm Carl Grimm, lahir di Hanau tanggal 24 Februari 1786.

Jadi, Jacob itu kakaknya Wilhelm 😂😁😉

Mereka siapa, sih, Fin?

Mereka adalah dua akademis berkebangsaan Jerman yang terkenal. Karena mereka menulis ulang dan menerbitkan kumpulan dongeng serta cerita rakyat di Jerman. Juga, termasuk hasil kerja keras mereka dalam bidang linguistik atau kebahasaan yang dikenal dengan Hukum Grimm.

Kemungkinan besar, mereka adalah pengarang novella termasyhur di Eropa yang memublikasikan ulang kisah-kisah seperti Rapunzel, Cinderella, Putri Salju, Hansel dan Gretel, usw.

Nah, untuk urusan pendidikan. Mereka mengambil kuliah di jurusan yang sama, yaitu Hukum. Di University of Marburg.

Tahun 1808, Jacob diberi gelar 'Court Librarian to the King of Westphalia'.
Tahun 1816, Jacob bekerja di perpustakaan Kassel (salah satu kota di Jerman), dimana Wilhelm juga bekerja di sana.
Sampai tahun 1830, mereka mendapatkan posisi lebih baik di University of Göttingen.

Jacob dan Wilhelm, memublikasikan volume pertama dongeng yang mereka tulis untuk pertama kali, yaitu Tales of Children and the Home, tahun 1812.
Kisahnya, mereka dapatkan dari petani setempat dan penduduk kampung.

Jacob melakukan banyak riset dan penelitian, karena tubuhnya lebih kuat daripada Wilhelm si Adik. Sementara, Wilhelm menyusun kata-kata dan menyajikan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Tahun 1816 dan tahun 1818, mereka memublikasikan 2 volume legenda rakyat Jerman dan sebuah volume literatur sejarah.

Nah, pada akhir masa hidupnya. Grimm bersaudara menulis kamus bahasa Jerman, yang diterbitkan pertama kali tahun 1854. Dan kamus itu masih digunakan sampai sekarang.

Penasaran dengan dongeng khas Jerman, yang sudah sangat terkenal? Bahkan sudah banyak versi di banyak negara.
Antara lain:
- Little Red Ridding Hood
- Hansel and Gretel
- Rapunzel
- Cinderella
- Putri Salju
- Itik Buruk Rupa
- Rumpeltistskin
- Pangeran Katak
- Tujuh Burung Gagak, usw.

Banyak banget. Nah, setelah membahas Grimm Bersaudara. Di chapter selanjutnya akan ada dongeng berbahasa Jerman? Gimana? Haha 😂😂😂.

Jangan dulu deh, di chapter selanjutnya kita bahas tentang... .

Penasaran? Yuk, simak terus yaa...
Nggak di private kok chapternya. Supaya temen-temen yang tidak follow akun saya juga bisa baca.

Kalau mau follow, yaa, boleh. Boleh banget malah.
Apalagi, mau vote and comment.

Ditambah baca ceritaku yang lain..

Hmmm, jempol deh.

Oke, selamat belajar yaaa.
Sekian part ini.

Entschuldigung!

Tschüß!!!

-Liebe, Fin-

Deutsch Lernen A1 (Belajar Bahasa Jerman A1)Wo Geschichten leben. Entdecke jetzt