Kapitel 15: Wechsel

323 6 2
                                    

Kali ini akan ada wechsel.

Apa sih, wechsel itu? Maksudnya di sini, adalah perubahan kata kerja setelah dikonjugasikan yaa..

Tapi ini hanya berlaku untuk beberapa kata kerja saja. Seperti perlakuan khusus, karena setelah dikonjugasikan kata kerja ini akan mengalami perubahan vokal.

Seperti yang terjadi pada kalimat yang Fin jadikan contoh dalam Imperative Satz, ada yang sadar? Atau sudah mengerti?

Ini nih...

Du-Form: Sieh nicht fern! (Kamu jangan menonton TV!)

Ihr-Form: Seht nicht fern! (Kalian jangan menonton TV!)

Sie-Form: Sehen Sie nicht fern! (Anda jangan menonton TV!)

Yang digaris bawah, itu berasal dari kata sehen. Berubah menjadi sieh.

Berubahnya di konteks apa saja, Fin?

Perubahan itu berlaku untuk subjek du, er/sie, es (subjek tunggal selain ich). Untuk akhiran sesuai konjugasi, ya. Kenapa? Sudah pakemnya. Hahaha...

Kata yang mengalami perubahan itu, apa saja? Nih, Fin kasih tahu beberapa. Yang sering muncul saja, sih. Dalam percakapan.

e-i wechsel (huruf e menjadi i)

kata sprechen menjadi spricht (er/sie/es) sprichst (du)

kata helfen menjadi hilft

kata nehmen menjadi nimmt

kata treffen menjadi trifft

kata geben menjadi gibt

ie wechsel (huruf e menjadi ie)

kata lesen menjadi liest

kata sehen menjadi sieht

Jadi, kata-kata tersebut berubah saat dihadapkan dengan subjek (er/sie/es, dan du) selain itu tetap.

Di hinweis selanjutnya, akan ada perubahan terhadap kata kerja juga. Sama, hanya khusus untuk kata kerja yang dikhususkan juga. Haha...

Sampai jumpa di chapter selanjutnya!!!

Sekian untuk chapter ini,
Selamat belajar,

Große liebe,
Fin

Deutsch Lernen A1 (Belajar Bahasa Jerman A1)Wo Geschichten leben. Entdecke jetzt