Sore ini gw pulang kerja ga seperti biasanya.. gw milih 3 jam perjalanan dibanding cuma 15menit ke kontrakan.
Semenjak gw menulis cerita ini rasanya gw mau pergi ke masa lalu walaupun cuma sejenak.
Dan sekarang satu set panggung masa lalu itu sekarang ada di depan mata gw. Sebuah rumah alias kosan gw semasa SMA dulu.
Tidak banyak yang berubah, masih tetap sama, keheningan dan ketenangan jadi ciri khas kosan ini. Semua penghuninya terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing, ga pagi ga malam.
Langkah gw berhenti di depan ayunan yang sekarang udah berkarat dimana-mana, gw duduk diayunannya lalu menghidupkan sebatang rokok..
....
........
..............
Sore itu gerimis....
Hari itu beberapa hari setelah gw masuk sekolah, tapi hari pertama gw ngekos. Gw terpaksa masuk sekolah ini karena cuma gw satu-satunya dari SMP gw yang masuk sini, alasannya gw harus mencoba belajar mandiri, gw dilepas di alam liar setelah lulus SMP!
Saat itu gw lagi duduk di ayunan seperti sekarang dan gw merasa sangat terpukul, terpukul karena gw harus jauh dari semua yang gw dekat. Apakah gw dinilai manja sama orangtua gw sendiri? Tapi ga gitu juga kali bu yah.. banyak cara untuk mendidik anak manja bukan kaya gini.
Gw cukup Marah..
Gw merasa kehilangan temen-temen gw..
Di tengah rasa kekesalan gw, Kemudian...
Ada 2 suara cewe manggil-manggil dari luar pager..
Cewe 1: “assalamualaikum...”
Gw : “waalaikum salam”
Cewe 1 : “bukain donkkk pagernya.. basah nih gerimis”
Gw : “buka aja ada kuncinya kan..”
Cewe 1 : “aku bukan anak kos sini tapi aku nganter temenku buat ketemu temennya didalem, bukainn donk”
Gw : “oooh.. sebentar..”
Cewe 2 : “eeehh...lo kan sekelas sama gw.. rendra ya?”
Gw : “ha kok? Nanda bukan Rendra, lo siapa ya?”
Cewe 2 : “hayyyaaah...gw Riska, buruaaaannn bukaiiinnnnnn”
Gw : “hahaha bentar-bentar”
Gw bukain pagar dan membiarkan mereka masuk kedalam, gw kembali duduk di ayunan. Gw emang belom bergaul, gw masih gak rela. Gak lama cewe yang satu lagi keluar dan dia nyamperin gw..
Cewe 1 : “eh kamu kok ujan-ujanan? Nanti sakit kepala”
Gw : “biarin”
Cewe 1 : “hihihi ternyata kita satu sekolah ya..bedanya kamu sekelas sama riska, aku engga.”
Gw : “ooh satu sekolahan juga, maap gw belom apal semua sama riska aja ga apal”
Cewe 1 : “ya ampuuuuuuuunnnn.. kasiaaaaaannnn....”
Bikin kaget aja teriakannya,
Gw ikut noleh kebelakang dan gw liat cewe itu langsung lari nyamperin seekor anak kucing, anak kucing yang badannya kurus, bulunya basah, jalannya aja susah kaya ga ada tenaga.
anak kucing itu dipungut dari jalan dan dibawa ke deket gw.
Dia ngambil saputangan dari tas kecil lalu dikeringkannya bulu kucing malang itu. Kekagetan kucing itu ga berlangsung lama dan sekarang sudah bergelung dengan manja ditangannya.
Gw Cuma merhatiin, cewe jorok macam apa di depan gw, yang ngeliat kucing kampung langsung tertarik.
Cewe : “niiih titip dulu bentarrrrrr aja jangan dilepassss”
Huh.. seenaknya aja dia..
Gak lama dia kembali dan membawa 1 kotak susu ultra coklat, kemudian di kasihnya.
Matanya ga lepas sama sekali dari kucing itu, Mata seorang penyayang. Mulutnya terus berucap “puus minum dulu yaaa.... sabar ya puuss... abis mimik terus tidur yaa”.
kemudian dia bawa kucing itu ke teras dan dilepaskannya disana berikut saputangannya.
Gw : “eh kenapa dilepas disana?”
Cewe 1 : “biar ga keujanan”
Gw : “tapi nanti masuk rumah ke dapur”
Cewe 1 : “yagapapa biar makan”
Gw : “lo kenapa sih?”
Cewe 1 : “kamu namanya Nanda ya tadi?”
Gw : “iya”
Cewe 1 : “gitu-gitu kucing juga makhluk hidup kali Nda, butuh makan”
Gw : “tapi ga nyolong”
Cewe 1 : “mau kasih makan ga?”
Gw : “........”
Cewe 1 : “eeeh riska udah keluar...”
Gw : “bentar, kalo lo siapa? Katanya kita 1 sekolahan”
Riska: “Lisaaaaaaaaaaaaa.... ayooooo udah mau magribbbbb nih”
Lisa : “yuk nda.. itu namaku udah disebut ”
Ternyata namanya Lisa.
Gw liat dia lari ke keluar pagar, rambut hitam panjangnya tertiup angin..
Dia cantik dan juga..
Penyayang..
L
I
S
A
Gw iseng ukir nama nya di tanah tempat gw berdiri sekarang, seperti nya ga ada salahnya gw berangkat sekolah lagi besok
...................
.........
...
Kembali ke diri gw di ayunan masa kini, berdiri ditempat gw ukir nama itu.
Sudah jam segini, waktunya ketempat lain.. ketempat orangtua gw berada dan masa kecil gw dibesarkan.. HOME.
(NB: setelah itu gw tau, Lisa itu penyayang kucing, makanya dia ga tegaan liat kucing)
KAMU SEDANG MEMBACA
Have I Told You Lately That I Love You
RomanceTerkadang lawan bicara kita tidak tau bahwa dirinya tengah dicintai... Kenalin dulu, gw Nanda, tinggi gw 170, rambut ga pernah pendek pasti panjang, kata orang kalo rambut gw panjang dan dikuncir gw dibilang cantik. Eya gw Cowo! gw Cantik! dan gw N...