"I can't live without you
Without you, what is my purpose?
Maybe i get separated from you
Then i will get separated from my self (the world)
Because you are the one
Now you are the only one
You are my world
My peace and my pain
You alone are my love..."
"Cinta yang tergila-gila mengawali perselingkuhan"ujar sebuah buku yang berjudul Romantic Intelligence. Aku hanya terdiam dan memikirkan kata-kata dibuku tersebut. Dan terus melanjutkan bacaanku sampai pada suatu titik jawaban dari buku tersebut.
"Cinta yang tergila-gila dalam galaksi cinta jangka hidupnya sangat pendek dan gairahnya sangat kuat di mana dia tidak bisa mendukung dirinya dan membakar habis dengan cepat. Jangka hidup yang pendek ini adalah alasan bagi orang berbalik menjadi pecandu cinta. Ketika biokimia cinta yang memabukan habis, mereka merindukan obat bius yang lain sehingga mereka melompat ke dalam hubungan lain, dan begitu seterusnya."lanjut buku itu.Aku semakin menundukkan kepalaku dan tak terasa air mataku menetes seperti gumpalan yang sudah tidak bisa terbendung dan terus berfikir apakah selama ini aku telah mengalami cinta yang tergila-gila dan membuatku terlihat bodoh dan berimajinasi tinggi akan sosok ideal yang sebenarnya aku buat sendiri dalam pikiranku.
Aku semakin menyelusuri lembaran demi lembaran buku itu sampai setiap lembaran seakan menamparku akan kebodohanku selama ini. Cinta macam apakah yang pernah aku alami????beribu pertanyaan menggantung didepan mataku dan seketika aku hanya mampu menangkupkan kedua tanganku menutup wajahku.
"satu-satunya bagian dari kita yang jujur 100 persen adalah emosi kita"ujar buku itu lagi.
Selama ini aku mengenyampingkan perasaanku dan terus berfikir hanya perasaanku saja, padahal sebenarnya aku tidak jujur dengan perasaanku. Semua bisa dirasakan tapi aku masih mengelak dan menyangkal sampai semua diperlihatkan jelas, walaupun seharusnya aku sudah tahu sejak awal. Tapi aku masih merasakan sakit dan sakit hingga harus meneteskan air mataku untuk seseorang yang memang tidak pantas untukku.
"Didalam banyak legenda, kekuatan cinta bisa mengubah seorang pria atau wanita menjadi seekor binatang buas atau sebatang pohon, seekor katak menjadi pangeran tampan, dan sebuah patung pualam tak bernyawa menjadi seorang wanita hidup" ujar buku itu lagi menceritakan kekuatan cinta.
Awal yang indah ketika bertemu dengannya dan aku mulai membentuk mimpi-mimpi yang paling dalam hingga menjadi sebuah emosi-emosi yang berbelit dan menjadi rumit untuk dijelaskan. Dan apakah itu hanya cinta yang tergila-gila?????
"Cinta tergila-gila seperti koktail yang mencampurkan emosi-emosi lain untuk menghasilkan sebuah emosi yang hebat, kental, dan kuat. Seperti ketakutan, kemarahan, kegembiraan, dan kesedihan yang memberikan efek memusingkan dan mendalam" ujar buku itu.
Ya, semua perasaan itu bercampur aduk ketakutan akan kehilangan, kemarahan jika ada sesuatu yang salah, kegembiraan ketika mendengar kata-kata romantis yang menggugah hati sampai sebuah kekecewaan yang akhirnya menimbulkan kesedihan dan penyesalan dan aku masih menyalahkan diri sendiri dan tetap mengelak dan bertahan. Apakah ini kebodohanku sebagai perempuan????apakah aku terlalu terhanyut dengan perasaanku?????
"Gejala cinta tergila-gila: 1. Merasakan hasrat dan keinginan yang kuat untuk bisa bersama dengan orang itu? 2. Mengalami sindrom kebahagiaan dan penderitaan atau suasana hati yang berubah-ubah bergantung pada tanggapan orang itu? 3. Mempunyai lamunan yang cemerlang tentang orang itu? 4. Terus-menerus takut ditinggalkan dan ditolak oleh orang itu? 5. Menjadi terlalu perasa pada tanggapan-tanggapan orang itu? 6. Merasa kehilangan ketika anda jauh dari orang tersebut? 7. Merasa terobsesi dan memiliki pikiran terus-menerus yang mengganggu mengenai orang itu? 8. Merasa tidak utuh dan kesepian ketika orang tersebut jauh? 9. Terus-menerus perlu diyakinkan olehnya? 10. Memusatkan seluruh perhatian padanya dan mengubah hidup untuk menyesuaikan diri dengannya?" ujar buku itu menjelaskan.
Aku lagi-lagi tertunduk dan menyelami setiap pertanyaan dan aku tahu jawabannya. Selama ini aku mengalami cinta yang tergila-gila, aku hanya harus jujur dengan diriku sendiri dan mulai menjadi pribadi yang cerdas dalam cinta.
"Sebuah hubungan yang langgeng, atau cinta yang utuh, berkembang dari cinta membara. Cinta yang bagaikan sungai-sungai tenang yang mengalir dalam, bukan perasaan tergila-gila yang bergejolak dan mengalir deras karena dangkal. Cinta yang langgeng menyertakan atau menggunakan lebih banyak aspek diri sendiri dibandingkan jenis cinta yang lain (perasaan kita akan kehidupan, seksualitas, tubuh kita dan lainnya). Konsep diri kita yang kita miliki adalah nilai- nilai utama yang memberi tenaga bagai keberadaan kita"ujar buku itu seolah membantu mencari jawaban untukku dan aku mengerti sekarang.
Aku hanya harus berusaha jujur pada diriku sendiri dan berusaha melihat semua dan membuka mata bahwa ini bukan karena kesalahanku dia pergi dengan yang lain. Karena seharusnya kita harus melihat seseorang itu lebih dekat dan ketika kita merasakan bahwa ada sesuatu yang salah sebaiknya berhenti dan berani berkata "tidak" dan berhenti selalu menjawab "ya" dan mulai tidak lagi menyalahkan diri sendiri tentang hal- ha yang telah terjadi. Hanya butuh keberanian untuk memulai kebahagiaan yang seutuhnya.
"Memilki kesadaran yang kuat berarti jujur dan bisa dipercaya bagi orang lain, diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Tidak berpura-pura, tidak bersandiwara, tetapi hanya menjadi diri sendiri. Kondisi ini sangat kuat dan menarik, memberi tenaga dan mendorong kecerdasan dalam hubungan cinta serta membawa arti baru bagi pengalaman cinta." Lagi-lagi buku itu mulai menjawabnya.
Tetapi apa yang harus aku lakukan ketika perasaan itu tiba-tiba saja datang???dan sepertinya aku harus terus melanjutkan bacaanku....
"Cinta selalu melukai. Tak peduli betapa baiknya hubungan, tak peduli berapa lama cinta bertahan, cinta selalu melukai karena kita adalah manusia dan tidak hidup selamanya. Cinta juga melukai jika seorang kekasih meninggalkan, mengkhianati, atau hanya memanfaatkan"ujar buku itu pada lembaran ke-160.
Fakta tentang cinta memang seperti itu, aku yang sudah lama dengannya pun harus melihat semua dari sisi lain tentang hubungan itu. Banyak kenangan yang sulit untuk dihapuskan dan hal itu yang lagi-lagi yang selalu membuat ku jadi terluka.
"Satu-satunya cara menghapus luka dan kepiluan dari kehidupan cinta adalah dengan mengubah cara kita melihat dunia dan diri sendiri. Melihat berbagai hal dengan cara berbeda, atau lebih tepatnya mengubah penafsiran tentang kehidupan yang kita pahami sekarang dan jangan mengambil penyelesaian masalah dalam kondisi emosional"ujar buku itu.
Semuanya butuh waktu dan aku yakin lambat laun aku akan melupakan semuanya dan semua akan baik-baik saja, All Izz Well ^_^....really nice book....ROMANTIC INTELLIGENCE.....
Thanks udah dibaca semoga bermanfaat ya hihihi😍
KAMU SEDANG MEMBACA
SHORT STORİES 🌷
Short StoryCerita menarik untuk sang pemimpi. Karena hidup punya banyak cerita.😘 🌷