Baba, Naura, Umma, kakek, dan nenek berjalan mengikuti pemandu, Riyan. Riyan sudah layaknya dosen. Yang menjelaskan dengan cermat, sehingga dapat dipahami oleh siapapun.
Mereka berenam pun berhenti di depan lukisan Ka'bah.
"Yang berwarna hitam berbentuk kubus ini, bernama Ka'bah. Yang dijadikan patokan arah kiblat umat islam adalah ka'bah. Letaknya di Arab Saudi. Ka'bah terletak di tengah-tengah Masjidil Haram. Ka'bah yang membangun adalah Nabi Ismail as. yang Allah turunkan wahyu kepada beliau. Ini lah yang ditawwafi umat islam ketika Haji atau Umrah," jelas Riyan sambil menunjuk-nunjuk bagiannya.
"Dan ini, ini adalah kaligrafi yang bertuliskan kata "Allah" menggunakan tulisan Arab. Seperti yang kita tahu, Allah adalah Dzat yang menguasai alam semesta ini. Seperti malaikat, nabi, presiden, raja, kepala desa, orang biasa semua yang menciptakan adalah Allah. Seperti kita juga. Allah hanya ada satu, tapi Allah mempunyai 99 nama terbaik yang disebutkan dalam al-Qur'an yang disebut Asmaaul Husna," jelas dia ketika mereka tiba di depan kaligrafi.
"Ini adalah al-Qur'an. Kitab suci kita, umat islam. Rasulullah saw. menerima wahyu pertamanya yaitu surah al-Alaq ayat 1-5. "Iqra',iqra'" karena Rasulullah takut dengan malaikat Jibril, Rasulullah pulang dengan keadaan demam karena takut. Dan Dia kembali lagi ke Goa. Namanya Goa Hira."
***
"Alhamdulillah, hari ini panas. Baba capek rasanya jalan terus," ucap baba sambil merobohkan dirinya di sofa.
"Tapi Naura punya banyak wawasan," sahut umma
"Iya, orang tadi kalau jelasin langsung paham. Nenek saja udah pintar sekarang," canda nenek sambil membuatkan naura susu di botol.
"Tidur gih, anak baba." "He em" Naura angguk-angguk.
"Um, gimana kalau kita ikutkan Naura di QGC itu? In syaa Allah Naura hafal. Baba akan bimbing hafalan Naura secara pelan-pelan. Lagi pula, saat QGC itu dimulai, bertepatan dengan ulang tahun Naura. Bagaimana menurut Umma?"
"Kalau itu Umma setuju, tapi umma gak mau membebani Naura. Naura kan masih kecil. Pikiran dia masih di main, main, dan main. Tapi kalau baba bisa merubah Naura, sanggup, ya umma mau. Tapi minta pendapat dulu sama Naura. Walaupun dia masih umur 3 tahun, kita juga harus tau pemikiran Naura yang polos itu." Jawab Umma.
KAMU SEDANG MEMBACA
Who is My God?
Teen FictionTuhan. Itulah yang sering dipertanyakan oleh Naura sejak ia diculik, dan dibesarkan oleh penculik. Apa daya Naura, yang dari lahir dididik tentang kebenaran dan keberadaan Tuhan, kemudian dibesarkan oleh seseorang yang telah menculiknya dengan penu...