Berhubungan dengan meriam... nih, satu contoh alat berat yang menggunakan meriam yang bisa dibawa kemana-mana tanpa menghawatirkan mati saat perang. Dan alat itu adalah Tank Baja.
Apa itu tank baja?
Kendaraan Tank lapis baja beroda rantai baja di rancang khusus untuk selain memperkuat pertahanan di medan pertempuran juga mampu melintasi area terjal dan becek dengan santai.
(Diatas adalah model pertama yang di buat sedemikian rupa oleh manusia, digunakan kurang lebih untuk menjadi benteng berjalan yang digunakan saat perang)
Perang melawan Tank lebih sulit di taklukkan kecuali dengan senjata memadai.
Nah bagaimana awal mula insipasi Tank di ciptakan?
98 Tahun silam, Tank prototip dengan julukan Little Willie di ciptakan disebuah pabrik di Inggris. Saat itu Little Willie merupakan awal kendaraan Tank lapis baja pertama di dunia.
Tentu, produksi awal pada zaman dahulu sangat jauh dari kata semporna, Namun seiring berjalannya waktu, kendaraan beroda baja saat ini terus di sempurnakan hingga saat ini.
Dan kemampuan Tank pertama didunia ini beratnya hingga 14 ton dan kecepatan maksimal tank tersebut tidak sampai 4 km per jam, Atau setara dengan jalan kaki santai.
Menurut The History Channel, kendaraan itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan perang militer Inggris semasa Perang Dunia Pertama. Demi menembus pertahanan Jerman yang membentuk parit-parit terjal, pejabat militer Inggris bernama Ernest Swinton dan William Hankey menggagas suatu kendaraan lapis baja yang digerakkan roda rantai.
Kedua pejabat itu berharap kendaraan ciptaan mereka mampu menerjang pertahanan musuh dan kebal dengan berondongan peluru. Maka, mereka berhasil membujuk Menteri Angkatan Laut Inggris, Winston Churchill, agar pemerintah mendanai proyek pembuatan tank.
Demi mengecoh intelijen musuh, pejabat Inggris membuat seakan-akan proyek kendaraan lapis baja itu adalah pembuatan kendaraan tangki air (water tank). Itulah sebabnya kendaraan tersebut hingga kini dikenal dengan sebutan tank.
KAMU SEDANG MEMBACA
Seputar World War "The Mechanic War"
Ficção Históricaanda ingat perang dunia? perang dengan alat-alat berat yang hebat dan besar ataupun ringan, membuat saya ingin memberi tahukan alat-alat tersebut. Mulai dari : senapan, meriam, tank baja, pesawat tempur, sampai ke kapal perang, yang mengguncangkan...