Hallo semua!
Sesuai janji, kali ini aku akan memberikan jawaban yang benar dari soal-soal di part sebelumnya ya...
Silahkan kalian simak,
1. Wildan ___ a baker five years ago.
Jawaban yang benar adalah (b. Was)
Karena kejadiannya sudah lima tahun berlalu (five years ago).
Jadi Wildan adalah seorang pembuat roti lima tahun yang lalu.
Wildan kan (he) jadi pakai was.2. Syifa ___ English every day.
Jawaban yang benar (d. Studies)
Karena kalimat ini merupakan sebuah kebiasaan, dibuktikan dengan keterangan waktu (everyday)
Jadi ini menggunakan simple present tense.
Berhubung Syifa adalah (She) jadi kata kerja tambahkan 's/es' menjadi "Studies"3. They are ____ football.
Jawaban yang benar (c. Playing)
Karena di sini merupakan keterangan kejadian yang sedang terjadi. Jadi tambahkan -ing.
Karena subjek (They) jadi kan menggunakan (are) nah kata kerjanya tinggal tambahkan -ing.
Menjadi "Playing"4. Which is the correct sentence?
Jawaban yang benar adalah (a)
MENGAPA?
Mari kita analisa satu persatu ya...
a. Yesica is an artist.
(Ini benar karena Yesica itu subjek (She) jadi bertemu (is) dan ditambah sebuah profesi yaitu seorang seniman atau (an artist).
Ingat ya (an artist) bukan (a artist) karena (artist) cara bacanya vocal 'a' jadi menggunakan article 'an' bukan 'a'b. I was shopping now.
(Ini salah karena ini menyatakan kejadian yang sedang terjadi di masa lalu namun ada keterangan 'now')c. My mom cook in the kitchen.
(Ini juga salah karena subjeknya (My mom) seharusnya kata kerja ditambah dengan 's/es' namun di sini tidak ada penambahan 's/es' jadi salah. Yang benar itu:
(My mom cooks in the kitchen)d. I have one brothers.
(Ini juga salah karena keterangannya hanya mempunyai satu saudara laki-laki namun di sini ada penambahan 's/es' yang menyatakan jamak/banyak. Padahal satu itu tunggal jadi tidak memerlukan 's/es'
Jadi kalimat yang benar:
(I have one brother)5. How to read 05.50 pm?
Kalau yang ini ada dua jawaban ya.
Pertama,
"Ten to six pm" (Pukul enam kurang sepuluh menit sore)
Atau
Kedua,
"Five fifty pm" (Pukul lima lewat lima puluh sore)
Jangan menggunakan past karena itu hanya untuk menit ke 1-30 saja.
Singkat ya jawabannya hehe...Ok deh, terimakasih untuk kalian yang sudah ikut belajar serta menjawab, semoga kalian bisa paham dan semakin menambah ilmu.
Jika kalian bingung silahkan baca lagi part-part sebelumnya dan bacalah dari sumber lain atau tanyalah dari orang yang berkompeten di sekitar kamu...
Oh iya, Happy Kartini's Day.
Untuk kalian perempuan Indonesia...
Jadilah wanita yang cerdas, menginspirasi, tegar, mandiri, kuat dan semangat!Sabtu, 21 April 2018
KAMU SEDANG MEMBACA
ALL ABOUT ENGLISH
RandomHallo semua!!! Apakah kalian tertarik dengan bahasa Inggris? Apakah kalian kesulitan dalam berbahasa Inggris? Atau mungkin kalian penasaran dengan ilmu bahasa Inggris? Jika iya, mari bergabung di karya sederhanaku ini. Terima kasih atas perhatiannya...